Info Menarik

Ini 7 Poin Klarifikasi Kebijakan Privasi WhatsApp Terbaru

Beberapa hari yang lalu di grup WhatsApp dikagetkan dengan skrinsut sebuah pop-up yang muncul di layar HP. Notifikasi pop-up ini berisi informasi tentang kebijakan privasi WhatsApp yang baru. Aturan WhatsApp yang baru ini memberi pilihan untuk mengklik tombol Agree yang artinya setuju atau Not Now yang artinya Nanti. Karena ragu, kebanyakan teman-teman di grup WA memilih button Not Now. Kebijakan WhatsApp terbaru ini akan berlaku efektif mulai 8 Februari 2021. Meski begitu banyak pengguna mulai was-was apa saja kebijakan baru WhatsApp. Khususnya kebijakan baru WhatsApp tentang berbagi data dengan Facebook. Ini menimbulkan banyak tanda tanya pengguna WhatsApp termasuk aku sendiri. Menanggapi hal tersebut, WhatsApp pun memberikan klarifikasi.

kebijakan baru whatsapp 2021

Klarifikasi Kebijakan Privasi WhatsApp

Menurut WhatsApp aturan baru ini hanya mencakup perubahan yang berhubungan dengan berkirim pesan ke akun bisnis, yang sifatnya opsional di WhatsApp. Jadi perubahan aturan ini tidak akan pengaruh ke pesan-pesan pribadi yang dikirim kepada teman atau keluarga dalam cara apa pun. WhatsApp menjelaskan bahwa dalam perubahan aturan privasi yang baru ini masih menggunakan sistem enkripsi secara end-to-end.

selengkapnya di : https://www.whatsapp.com/legal/updates/privacy-policy

Ini 7 poin penting klarifikasi WhatsApp :

1. WhatsApp maupun Facebook tidak dapat melihat pesan pribadi atau mendengarkan panggilan kamu
Baik WhatsApp maupun Facebook tidak dapat membaca pesan atau mendengarkan panggilan yang pengguna lakukan di WhatsApp dengan teman, keluarga, atau rekan kerja. Ini maksudnya apa pun yang pengguna bagikan hanya diketahui oleh user dan penerima pesan atau lawan bicara. Bahwa dalam perubahan aturan privasi yang baru ini masih menggunakan sistem enkripsi secara end-to-end.

2. WhatsApp tidak menyimpan catatan siapa saja yang berkirim pesan atau melakukan panggilan
WhatsApp maupun Facebook tidak dapat mengakses percakapan pribadi pengguna. Hal ini juga berlaku untuk riwayat panggilan telepon di aplikasi.

3. WhatsApp maupun Facebook tidak dapat melihat lokasi yang Anda bagikan
Ketika pengguna membagikan lokasi dengan seseorang di WhatsApp, lokasi tersebut dilindungi oleh enkripsi end-to-end. Ini berarti tidak ada seorang pun yang dapat melihat lokasi kamu, kecuali pengguna yang kamu bagikan lokasi tersebut.

4. WhatsApp tidak membagikan daftar kontak pengguna dengan Facebook
Saat kita memberikan WhatsApp izin untuk bisa meng-akses ke daftar kontak, WhatsApp hanya akan mengakses nomor telepon dari buku alamat telepon agar berkirim pesan menjadi cepat dan reliabel. WhatsApp mengklaim tidak membagikan daftar kontak pengguna dengan aplikasi lain yang ditawarkan oleh Facebook.

5. Grup WhatsApp tetap bersifat privat
WhatsApp menggunakan keanggotaan grup untuk menyampaikan pesan dan melindungi layanan-nya dari spam dan penyalahgunaan. WhatsApp juga menginformasikan tidak membagikan data ini dengan Facebook untuk tujuan periklanan. Chat privat ini terenkripsi secara end-to-end sehingga kami tidak dapat melihat isi percakapan.

6. Pengguna dapat menyetel pesan menjadi pesan sementara
Sebagai privasi tambahan, pengguna bisa menyetel pesan sebagai pesan sementara yang akan hilang dari chat 7 hari setelah pesan dikirim.

7. Kamu dapat mengunduh datamu
Pengguna dapat mengunduh datanya sendiri. Dari dalam aplikasi, kamu dapat mengunduh dan melihat informasi apa yang WhatsApp miliki di akun kamu.

Caranya :
Meminta laporan
1. Buka Setelan WhatsApp > Akun > Minta info akun.
2. Klik Minta laporan. Layar akan diperbarui dan Permintaan terkirim akan ditampilkan.
Laporanmu akan tersedia dalam waktu tiga hari setelah tanggal permintaan. Saat menunggu laporan informasi, tanggal Akan tersedia pada dapat menjadi rujukan.

Catatan:
Setelah meminta laporan, kamu tidak dapat mengurungkan atau membatalkan permintaan laporan yang sedang diproses.
Jika kamu mengganti nomor telepon atau menghapus akun, laporan yang sedang diproses akan dibatalkan dan kamu perlu meminta laporan lagi.

Mengunduh dan mengekspor laporan
Nah, kalau laporan sudah tersedia untuk diunduh, kamu akan dapat notifikasi WhatsApp pada telepon yang menyatakan: โ€œLaporan info akun Anda sekarang tersediaโ€œ. Layar Minta info akun di WhatsApp akan memberi tahu berapa lama waktu yang kamu miliki untuk mengunduh laporan tersebut sebelum laporan dihapus dari server WhatsApp. Oleh karena laporan ini memuat informasi pribadi Anda, harap berhati-hati saat menyimpan, mengirim, atau mengunggahnya ke layanan lain.

1. Buka Setelan WhatsApp > Akun > Minta info akun.
2. Klik Unduh laporan. Sebuah file ZIP akan diunduh ke telepon kamu, yang menyertakan file HTML dan file JSON.
3. Setelah itu, klik Ekspor laporan > EKSPOR atau Ekspor Laporan. Laporan yang telah diunduh tidak dapat dilihat dari dalam WhatsApp.
4. Klik aplikasi eksternal yang ditampilkan di layar berbagi untuk mengekspor laporan tersebut. Misalnya, Anda dapat mengirim salinan laporan ke diri sendiri melalui email.

Setelah kamu selesai mengunduh laporan ke telepon, kamu akan memiliki opsi untuk menghapus salinannya secara permanen dari telepon dengan klik Hapus laporan > HAPUS atau Hapus Laporan di layar Minta info akun. Menghapus laporan tidak akan menghapus data akun WhatsApp apa pun.

Kesimpulan

Dalam kebijakan privasi WhatsApp terbaru, WhatsApp menyebutkan bahwa tidak ada perubahan tentang berbagi infrastruktur backend ini. Hanya saja, WhatsApp menegaskan bahwa pembaruan awal 2021 ini lebih menekankan pada WhatsApp Business. Ini artinya percakapan yang terjadi pada WhatsApp Business akan disimpan di server Facebook dan bisa digunakan untuk keperluan bisnis. Hmmโ€ฆ, tinggal kita memilih apakah ingin berinteraksi lewat akun bisnis atau tidak. Kalau masih ingin menggunakan akun bisnis hindari berhubungan dengan brand atau pihak tertentu yang menggunakan WhatsApp Business.

Jadi kamu pilih Setuju atau Nanti? Atau ganti?
Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih ๐Ÿ™‚

Sumber informasi :
โ€“ www.whatsapp.com/legal/updates/privacy-policy
โ€“ faq.whatsapp.com/general/security-and-privacy/answering-your-questions-about-whatsapps-privacy-policy
โ€“ faq.whatsapp.com/general/account-and-profile/how-to-request-your-account-information

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Banner