USB OTG SanDisk
Info Menarik

Kiat Bijaksana Mengelola Penyimpanan Data di Smartphone dengan USB OTG SanDisk

Masih hangat di ingatan kemarin terakhir kalinya aku menggenggam smartphone kesayangan. Hadiah ulang tahunku. Dari siapa? Dari diriku sendiri hehe. Hasil pundi-pundi receh yang aku kumpulkan untuk membelinya setahun yang lalu. Masih terbilang baru memang. Saat ini ia terbaring lemah di sebuah pusat service smartphone. Mengapa? inilah alasanku menuliskan artikel ini. Kiat bijaksana mengelola penyimpanan data di smartphone dengan USB OTG SanDisk. Kisah ini ada hubungannya dengan penyimpanan data di smartphone kesayanganku.

Smartphone Error Karena Kepenuhan Data

Ketika di hape muncul notifikasi peringatan bahwa kapasitas memori smartphone sudah penuh apa yang akan kamu lakukan?. Buru-buru hapus cache dan aplikasi yang dirasa kurang penting. Masih muncul notifikasi juga, ambil kabel data lalu memindahkan data ke laptop atau hardisk. Iya kalau selalu bawa laptop. Kalau tidak?. Terkadang dibiarin aja [berharap notifnya hilang sendiri]. Langkah terakhir itulah yang tidak patut dicontoh. Membiarkan smartphone dalam keadaan kepenuhan seperti itu dapat membuat hape error hingga kita kehilangan data. Itu yang terjadi pada smartphone kesayanganku sodara-sodara. Hiks..

Dampak Kehilangan Data

Survei Kaspersky pernah menyebutkan 53 persen wanita sangat menyayangi foto dan video di smartphone mereka. Bahkan, 56 persen mengatakan foto dan video lebih penting dari smartphone itu sendiri. Bisa dibayangkan bagaimana reaksi wanita ketika mengetahui data-data di hapenya hilang. Reaksiku? aku sampai nangis bro and sis. Sedih karena tidak sempat menyelamatkan data-data itu sebelum smartphoneku mati. Termasuk foto dan video momen yang #DibuangSayang.

Belum lagi chat-chat penting di Whatsapp yang belum sempat di backup. Menderita rasanya. Seperti sakit dalam tapi tak berdarah. Jangan sampai deh teman-teman pembaca mengalaminya. Rajin-rajin backup data secara berkala. Penting bagi kita untuk mengetahui manajemen data dengan baik seperti hasil survey dari Western Digital di bawah ini :

Hasil Survey Western Digital: Konsumen Indonesia Hadapi Masalah Kehilangan Data Penting dan Keterbatasan Memori pada Smartphone

Indonesia Consumer Mobile Habit and Data Management Survey oleh Western Digital

Jakarta, 8 Juli 2019 – Menurut survei oleh DEKA yang dikomisikan oleh Western Digital Corp. berjudul Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey, 67% orang Indonesia pernah kehilangan data di smartphone mereka, yang berujung pada perasaaan kesal. Lebih dari 80% responden survey telah menyadari pentingnya melakukan back-up data. Namun, hanya sepertiga dari mereka yang melakukan back-up secara teratur selama sebulan sekali. Riset ini melibatkan 1.120 responden dari 6 kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Medan, dan Makassar.

Ini menunjukkan betapa pentingnya melakukan back-up data secara teratur. Apalagi pada bulan September 2018 yang lalu, tingkat penetrasi smartphone di Indonesia telah mencapai 27,4%. Angka ini setara dengan kira-kira 73 juta pengguna smartphone di Indonesia. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah pengguna smartphone terbanyak keenam di dunia.

#SanDiskAPAC USB OTG SanDisk, Solusi Terbaik Mengurangi Resiko Kehilangan Data

Aku selalu menggunakan smartphone untuk mengambil gambar dan merekam video. Semenjak kejadian itu, aku jadi sering melakukan pencegahan untuk mengurangi resiko kehilangan data. Salah satunya dengan backup data. Pilihanku USB OTG SanDisk sebagai salah satu solusi terbaik dalam melakukan backup memori. Jadi sewaktu-waktu aku ingin menggunakannya tinggal colokin aja. Lebih simple.

USB OTG SanDisk

Kiat Bijaksana Mengelola Penyimpanan Data di Smartphone dengan USB OTG SanDisk

Melihat foto atau video langsung dari USB OTG SanDisk tanpa harus di copy dulu

Tujuan Dari Backup Data

Backup data merupakan proses membuat data cadangan dengan cara menyalin kembali atau membuat arsip data baik komputer atau smartpone agar data tersebut dapat digunakan kembali serta menghindari terjadinya kerusakan atau kehilangan. Adapun tujuan utamanya adalah untuk mengembalikan data apabila data tersebut hilang, baik karena terhapus atau karena rusak. Tujuan kedua adalah untuk mengembalikan data ke titik tertentu pada masa lalu. Karena fungsinya, proses backup mengharuskan pengguna menggandakan data, yang akhirnya menghabiskan kapasitas media penyimpanan. Seperti apa backup data dengan USB OTG SanDisk?

Langkah-langkah Dalam Backup Data di Smartphone

Untuk membantu pengguna mengelola dan mem-backup data dengan mudah dan cepat, Western Digital menawarkan solusi lengkap mobile storage dengan brand SanDisk, yaitu SanDisk Dual Drive dan iXpand® Flash Drives. Untuk membantu konsumen mengelola foto dan video berharga mereka, Western Digital menawarkan solusi dan tips berikut untuk pengguna smartphone di Indonesia. Berikut Kiat Bijaksana Mengelola Penyimpanan Data di Smartphone dengan USB OTG SanDisk :

1. Bebaskan Memori Penyimpanan di Smartphone

Kerap kali konsumen mengalami kekurangan memori di smartphone mereka, sehingga harus menghapus file untuk menambah kapasitas yang luang. Solusi mobile storage SanDisk dirancang untuk membantu pengguna dengan mudah membebaskan memori smartphone, dimana pun dan kapan pun. Pengguna hanya perlu menyambungkan smartphone mereka dengan USB OTG SanDisk Dual Drive (Android) atau iXpand Flash Drive (iPhone) untuk memindahkan foto dan video dan membebaskan memori pada smartphone mereka. Perangkat ini juga merupakan solusi baik untuk mereka yang berencana berganti smartphone, karena mereka dapat dengan mudah memindahkan data dari smartphone lama ke yang baru!

2. Plug and Play yang Praktis

Survei menunjukkan bahwa sebagian besar pengguna smartphone tidak melakukan back-up secara teratur. Padahal, proses back-up sebenarnya bukanlah sesuatu yang rumit atau makan waktu. Aplikasi mobile SanDisk Memory Zone dan iXpand Drive dapat mem-back up foto dan video dengan cepat dan memindahkannya ke komputer atau smartphone lain jika dibutuhkan. Pengguna bahkan dapat mengatur agar aplikasi melakukan back-up secara otomatis untuk file-file penting setiap kali USB OTG dihubungkan dengan smartphone. Sungguh praktis!

3. Lakukan Back-up untuk Konten Media Sosial

Selain menyimpan dan melindungi data di smartphone, aplikasi SanDisk Memory Zone dan iXpand Drive App juga dapat menyimpan dan mem-back up berbagai konten dari media sosial, seperti foto dan video, ke USB OTG SanDisk Dual Drive atau iXpand Flash Drive. Dengan begitu, pengguna tidak akan kehilangan konten-konten penting dari akun media sosial mereka, termasuk semua foto yang di-tag oleh orang-orang terdekat.

4. Upgrade Smartphone untuk Menambah Kapasitas

Survei dari Western Digital menemukan bahwa konsumen menggunakan smartphone mereka untuk berbagai hal, seperti mengambil foto dan bermain game. Saat ini, tren dan minat terhadap mobile gaming dan fotografi terus meningkat dan peningkatan ini tentu harus diikuti dengan melakukan upgrade kapabilitas penyimpanan di smartphone. Kartu memori SanDisk Extreme® microSD™ dengan spesifikasi A23 akan memberikan kenyamanan dan kemulusan bagi pengguna saat bermain mobile game dengan kapasitas penyimpanan lebih besar serta proses pemuatan aplikasi yang lebih cepat.

mengelola penyimpanan data di smartphone dengan usb otg sandisk

Akhirnya aku upgrade smartphone dengan kapasitas yang lebih besar serta tambahan memori penyimpanan kartu memori SanDisk Extreme® microSD™. Si imut USB OTG SanDisk 32 GB sebagai pasangan smartphoneku. Dari tadi bingung nih kak, OTG itu apa sih? OTG kepanjangan dari On The Go. Bisa dibeli di Official Store SanDisk di Shopee

Kesimpulan :
Belajar dari kehilangan. Biasanya setelah kita kehilangan, barulah kita sadar arti kenangan. Tenang, ada USB OTG SanDisk sebagai pasangan sempurna smartphone kita. Rajin-rajin backup data secara berkala. Backup data dengan USB OTG SanDisk. Itu tadi Kiat Bijaksana Mengelola Penyimpanan Data di Smartphone dengan USB OTG SanDisk. Semoga bermanfaat bagi kita semua mengatasi masalah penyimpanan data di smartphone.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Sandisk Blog Competition.
#DibuangSayang #SanDiskAPAC #USBOTGSANDISK

This Post Has 10 Comments

  1. Siti Mustiani Reply

    Wah OTG SanDisk nya keren, warna biru. Benda kecil nan bermanfaat ini memang cocok dibawa kemana-mana apalagi untuk dibawa saat Traveling. *btwe hp nya keliatan masih baru ya 🤭

    • Multi Siahaan Reply

      Aku tau, kamu pasti suka warna biru kan Ti hehe.. USB OTG SanDisk memang bermanfaat sekali. Si imut sang penolong. Hahaa.. akhirnya beli hape baru

  2. Wiwin | Pratiwanggini.net Reply

    Saya setuju dengan quotenya. ‘Kan ga asyik ya terkenang-kenang sesuatu yang telah hilang 🙂 . Selanjutnya bener-bener harus menjadi kenangan yang tersimpan rapi lewat USB OTG SanDisk.

  3. jalanjalankitadotcom Reply

    terkenang-kenang sesuatu yang telah hilang? sakit dan nyesek kak. makanya sekarang bawa2 terus usb otg sandiksnya. biar bisa langsung backup data nya

    • Multi Siahaan Reply

      betul, gak enak banget kalau udah kehilangan.. bawaannya pengen nangis hehee.. tapi sekarang gak sedih lagi, karena ada USB OTG Sandisk sang penolong

  4. ungayossydotcom Reply

    Bener banget ini kak. belajar banget dari yang namanya kehilangan. gk enak banget sama yang namanya ngilang2. mending dapet nah kalo gk bisa didapetin lagi gimana hayo. datanya maksudnya heheh
    untung ada usb otg sandisk ya

  5. Ariesadhar Reply

    (((belajar dari kehilangan))))

    pelajaran paling penting dari post ini 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner