menjaga kesehatan mental agar tetap bahagia
Curahan Hati

Cara Menjaga Kesehatan Mental Agar Tetap Bahagia di Tengah Pandemi

Hai kita semua, yang tetap tabah menghadapi badai pandemi virus Corona yang sudah setahun setengah melanda Indonesia. Apa kabar? Semoga kita selalu dalam keadaan sehat fisik dan mental ya. Dampak pandemi membuat banyak orang mengalami kehilangan anggota keluarga karena terpapar Covid-19, anak-anak menjadi yatim piatu karena orang tuanya meninggal akibat paparan virus, jutaan orang kehilangan pekerjaan. Saya juga kehilangan orang-orang baik yang saya kenal baik. Terkadang saya berpikir apa yang terjadi akhir-akhir ini seperti mimpi tapi inilah kenyataan pahit yang harus saya terima. Saya bersedih secukupnya dan kembali lagi ke kehidupan nyata. Virus Corona dengan varian baru yang semakin menyebar tidak hanya mengancam kesehatan fisik tapi juga mental seseorang. Stres, frustasi, bosan, bingung biasanya dirasakan masyarakat karena melihat ketidakpastian kapan berakhirnya pandemi ini. Perasaan negatif itu dapat mengganggu sistem imun tubuh yang sangat dibutuhkan disaat pandemi seperti sekarang. Oleh karena itu, penting untuk menjaga emosi negatif selama pandemi. Jadi kali ini saya mau bagikan cara menjaga kesehatan mental dan tetap bahagia di tengah pandemi yang sudah saya rangkum dari berbagai sumber terpercaya. Selamat membaca ๐Ÿ™‚

Menjaga kesehatan mental dan fisik adalah sama-sama penting. Untuk menjaga kesehatan mental dan tetap bahagia di tengah pandemi kita bisa lakukan beberapa hal di bawah ini :

1. Istirahat yang cukup, makan yang cukup dan sehat, olahraga sederhana

Istirahat yang cukup dapat memulihkan diri dan mengembalikan cadangan energi. Terapkan juga pola makan sehat untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Ditambah dengan olahraga sederhana yang dilakukan secara rutin untuk menghilangkan rasa stres. Olahraga sederhana seperti push-up, sit up, yoga, jumping jack, atau lompat tali bisa dilakukan sendiri di rumah.

Konsumsi makanan sehat
Photo by Ella Olsson from Pexels

2. Bernapaslah dengan baik

Untuk menghadapi stres sehari-hari cara sederhana nya adalah bernapas dengan pelan dan tenang. Bernapas dengan baik dapat membantu tubuh lebih tenang dan kembali fokus. Seorang Psikolog dari aplikasi konseling Riliv, Prita Yulia Maharani menjelaskan bahwa meditasi pernapasan bermanfaat untuk kesehatan mental. Apa itu Riliv? Riliv adalah aplikasi konseling psikologi di Indonesia. Selain untuk mengatasi masalah pribadi dengan Psikolog, Riliv juga menyediakan layanan meditasi Hening yang bisa membantu menjaga kebahagiaan dan produktivitas sehari-hari. Teman-teman bisa download aplikasi Riliv di Playstore.

cara menjaga kesehatan fisik dan mental

3. Pola Asuh yang Sehat

Anak-anak dan remaja yang saat ini lebih sering di rumah sering mengalami bosan, cemas dan merasa terkurung. Kenalkan anak pada konten kreatif yang menyenangkan. Memberi pengalihan ini sangat dibutuhkan supaya mereka terhibur dan terhindar dari stres.

Photo by Anastasia Shuraeva from Pexels

4. Bijak menyikapi informasi

Begitu banyak informasi tentang pandemi yang didapat dari berbagai media sosial. Terlalu sering mengikuti berita-berita tersebut dapat membuat cemas atau tertekan. Pilihlah informasi yang akurat dan batasi diri menerima informasi yang berhubungan dengan pandemi supaya kesehatan mental tetap terjaga. Jangan lupa untuk saring before sharing ya.

5. Beradaptasi dengan Kondisi Pandemi

Sampai dengan artikel ini ditulis belum ada perkiraan akurat tentang kapan pandemi virus Corona akan berakhir. Pandemi terus menyebar hidup pun terus berjalan. Maka, yang harus kita lakukan adalah penerimaan. Menerima bahwa kondisi saat ini bukanlah kondisi normal seperti dulu sebelum pandemi. Kita harus beradaptasi, melakukan penyesuaian diri sesuai dengan keadaan lingkungan. Seperti tetap menerapkan protokol kesehatan 5 M. Mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Saya jadi teringat dialog salah satu film kartun begini kira-kira percakapan mereka โ€ Hidup tidak selalu adil sayang. Kita semua melewati masa sulit beberapa kali. Yang penting adalah percaya bahwa segalanya pasti berubah. Tapi selagi menunggu kita harus bisa menikmatinya sebisa mungkin.โ€ relate banget ya dengan keadaan saat ini. Kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan mental agar tetap bahagia di tengah pandemi sangat penting. Jadi, jika teman-teman mengalami stres, pengen curhat tapi sungkan mau cerita ke orang lain langsung aja download aplikasi Riliv. Tunggu Apa lagi? rasakan kembali tidur nyenyak, hari-hari lebih tenang, dan tuntaskan segala permasalahan dengan aplikasi meditasi dan konseling online Riliv.

Instagram: @riliv
Twitter: @riliv_app
Website: http://riliv.co
E-mail: info@riliv.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Banner