pilih mencukur atau waxing rambut?
Info Menarik

Pilih Mencukur atau Waxing Rambut?, Ketahui Beberapa Hal Penting Ini

Sebelum membuat kamu ragu untuk melakukan waxing rambut ini beberapa hal penting yang harus diketahui. Tak bisa dipungkiri adanya rambut halus atau kita sering menyebutnya bulu halus terkadang mengganggu penampilan. Tumbuhnya rambut halus ini dapat mengurangi rasa percaya diri terutama bagi kita kaum wanita. Untuk menghilangkannya banyak wanita melakukan perawatan dalam rangka usaha menghasilkan kulit yang mulus bebas bulu halus. Beragam cara dilakukan mulai dari mencukur seperti biasa, menggunakan krim penghilang bulu, hingga mencoba waxing rambut. Apa itu waxing?. Nah, pilih mencukur atau waxing rambut? ketahui beberapa hal penting ini ya.

Apa Itu Waxing

Waxing berasal dari kata “wax” yang artinya lilin. Cara ini dilakukan dengan mencabut bulu menggunakan cairan lilin yang dipadatkan dari rambut sampai ke akar kemudian dicabut secara bersamaan. Perbedaan antara waxing dan mencukur adalah rambut tumbuh lebih lama daripada mencukur. Jarak pertumbuhan rambut setelah waxing antara 2-8 minggu. Berbeda dengan mencukur yang tumbuh setelah beberapa hari. Hampir semua area tubuh dapat di-waxing seperti kaki, tangan, ketiak, alis, rambut halus di wajah, dada, punggung dan area sensitif.

apa itu waxing rambut

Waxing rambut area ketiak
Source : freepik.com

Jenis-jenis Waxing

Soft Wax
– Jenis ini terbuat dari parafin atau lelehan lilin dan beeswax yang kelihatan bentuknya mirip seperti madu
– Metode ini dikenal dengan strip wax diawali dengan memanaskan cairan wax lalu dioleskan ke bagian tubuh yang tumbuh rambut lalu dibiarkan mengering
– Lalu, cairan yang mengering itu dilapisi strip sebagai alat untuk mencabut rambut berlawanan dari arah tumbuhnya secara bersamaan.

Hard Wax
– Metode ini dikenal sebagai stripless wax yaitu tidak menggunakan strip
– Cairan wax yang sudah mengering bisa langsung dicabut secara bersamaan dengan tercabutnya rambut dari kulit
– Tidak seperti soft wax, penggunaan hard wax tidak akan menyebabkan kulit ikut tercabut.

Sugar Wax
– Jenis ini cocok untuk kulit sensitif dan berminyak
– Tekstur yang lengket karena terbuat dari bahan-bahan yang alami terdiri dari gula, madu, jus lemon, dan air yang dihangatkan.

Fruit Wax
– Metode ini maksudnya lebih menggunakan ekstrak buah beri sebagai bahan utamanya
– Kandungan antioksidan yang tinggi membuatnya cocok untuk kita yang memiliki kulit sensitif
– Harganya relatif lebih mahal, tapi setidaknya resiko permukaan kulit ikut tertarik dapat dihindari.

Chocolate Wax
– Chocolate wax mengandung minyak yang sifatnya dapat melembabkan kulit
– Jenis ini juga dipercaya mampu memperlambat proses penuaan dan memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Kelebihan dan Kekurangan Waxing Rambut

Sejak lama kita sudah mengenal metode mencukur untuk menghilangkan rambut yang tidak diinginkan. Masih banyak orang melakukan kegiatan mencukur karena tergolong mudah, singkat, praktis dan tidak perlu tenaga terapis khusus. Bagaimana dengan waxing rambut? simak dulu kelebihan dan kekurangannya di bawah ini :

Kelebihan waxing rambut :
1. Proses mengilangkan rambut halus lebih cepat
Menghilangkan rambut dengan waxing cenderung lebih cepat dan praktis dibanding dengan mencukur. Metode waxing yang efektif untuk menghilangkan sejumlah besar rambut di area tubuh tertentu dalam sekali tarik. Meski prosesnya cepat, tapi proses pertumbuhan rambut jauh lebih lama dan cenderung lebih aman dari mata pisau cukur.

2. Rambut tumbuh lebih lambat
Menghilangkan rambut halus dengan cara waxing cenderung membuat rambut akan tumbuh lebih lambat. Ini dikarenakan waxing mengangkat bulu hingga ke akar.

3. Membuat kulit jadi lebih cerah
Dengan melakukan waxing rambut secara teratur sel-sel kulit mati yang menumpuk pada kulit akan ikut terangkat bersama dengan rambut halus di kulit. Ini akan membuat bagian kulit seperti ketiak dan area kewanitaan menjadi lebih lembut dan cerah.

Kekurangan waxing :
1. Rasa sakit bagi pemula
Ketika prosedur waxing dilakukan mulai dari pengolesan, pencabutan, hingga pembersihan akan memberikan rasa sakit khususnya bagi yang pertama kali melakukan waxing.

2. Kemungkinan iritasi kulit
Waxing bisa dilakukan satu bulan sekali yang artinya dapat mengurangi kemungkinan iritasi kulit. Namun, tidak menutup kemungkinan juga iritasi kulit yang terjadi pada awal prosedur waxing dilakukan. Dikarenakan reaksi pada kulit masing-masing orang berbeda.

3. Perlu waktu untuk recovery
Setelah proses waxing selesai biasanya terapis akan menginformasikan hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Misalnya, tidak menggunakan deodoran selama 24 jam untuk area ketiak setelah di waxing.

Kesimpulan

Nah, sekarang udah tahu kan apa itu waxing rambut. Sekarang tinggal kamu memilih dengan cara apa menghilangkan rambut halus yang tidak diinginkan di tubuh kamu. Apalagi di bagian ketiak yang paling bikin gak nyaman kalau rambut tumbuh berlebihan. Untuk mengatasi kulit ketiak yang kehitaman kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti lemon, lidah buaya atau cuka apel. Pilihan lainnya, kamu bisa menggunakan deodoran yang dapat membantu mencerahkan kulit keti seperti Rexona Advance Whitening Roll On yang memiliki kandungan minyak biji bunga matahari yang akan mencerahkan kulit ketiak dalam 7 (tujuh) hari. Ini adalah produk andalanku untuk mengatasi masalah bau tak sedap dan kehitaman di kulit ketiak. Jangan lupa gunakan jasa profesional untuk melakukan waxing ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Banner