telapak tangan dan kaki berkeringat
Info Menarik

Caraku Mengatasi Telapak Tangan Berkeringat

Pertama kali merasakan telapak tangan berkeringat itu risih dan tidak nyaman. Seingatku aku mengalami telapak tangan yang mengeluarkan keringat tidak biasa sejak duduk di bangku Sekolah Dasar. Telapak tanganku jadi basah bahkan bisa membuat lembap buku tulisku semasa sekolah dulu. Aku merasa punya kelainan. Masih hangat dalam ingatanku ketika aku mau jabat tangan dengan orang lain mereka langsung menyeka telapak tangannya. Karena tanganku terlalu basah. Rasanya aku malu sekali. Lap tangan menjadi barang yang selalu ada di dalam tasku. Setiap kali tanganku berkeringat cepat-cepat kukeringkan dengan lap tangan. Telapak tangan berkeringat masih kualami hingga hari ini. Tapi tidak separah waktu kecil. Sekarang aku sudah paham cara mengontrolnya. Inilah caraku mengatasi telapak tangan berkeringat.

Diagnosa Telapak Tangan Berkeringat

Bertahun-tahun hidup dengan kondisi tangan yang tidak nyaman membuatku bertanya-tanya. Apa sebenarnya yang terjadi padaku. Kenapa telapak tanganku beda dari teman-temanku yang lain. Telapak tangan teman-temanku lembap normal tidak basah seperti tanganku. Kalau kata orangtua itu hal yang biasa mungkin aku sedang gugup atau kurang minum air putih. Bahkan ada beberapa orang yang mengatakan bisa saja aku terkena penyakit lemah jantung. Ah… nakut-nakuti saja pikirku.

cara mengatasi telapak tangan berkeringat

telapak tangan berkeringat
foto: freepik.com

Sampai akhirnya semasa kuliah aku memeriksakan diri ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter menjelaskan bahwa jantungku sehat. Aku hanya mengalami kelebihan kelenjar keringat yang menyebabkan telapak tangan berkeringat. Aku lega sekali walaupun masih bingung kenapa bisa kelenjar keringatku berlebihan?

Kelebihan kelenjar keringat atau Hiperhidrosis adalah hal yang wajar dan bukan masalah medis yang serius. Tapi tetap saja kondisi seperti ini cukup mengganggu dalam kehidupan sehari-hari.

Lalu bagaimana caraku mengatasinya :

Cara mengatasi telapak tangan berkeringat

Pertama-tema aku cari tahu dulu pemicu telapak tanganku berkeringat karena apa. Cukup lama aku meneliti dan menganalisa penyebebabnya supaya aku tahu cara mengatasinya. Kondisi telapak tangan yang berkeringat setiap orang pasti berbeda-beda. Kalau kondisi yang aku alami biasanya karena aku kurang minum, gugup, cemas, pertama kali ketemu orang yang belum dikenal, dan lain-lain.

Aku mengatasinya dengan cara minum air putih secara teratur. Seakan sebagai reminder, ketika tanganku mulai berkeringat itu artinya aku harus minum segelas air. Setelah minum air telapak tanganku mulai normal kembali. Meskipun aku sedang tidak haus ketika telapak tangan mengeluarkan keringat aku wajib minum air putih.

Aku belajar jadi pribadi yang lebih tenang, berusaha bahagia, tidak stres, menenangkan diri sebelum bertemu dengan orang baru, serta rajin mencuci tangan dengan sabun. Dengan sering mencuci tangan, tanganku jadi cenderung kering namun tetap lembap normal.

Cara sederhana ini bisa mengurangi keringat yang keluar dari telapak tanganku. Tak lupa aku selalu membawa lap tangan atau tisu untuk jaga-jaga kalau telapak tangan keluar keringat berlebih. Mungkin teman-teman pernah mengalaminya? bagaimana cara teman-teman mengatasinya?

Kesimpulan

Kini aku sudah terbiasa dengan “kelainan” yang kualami. Meskipun terkadang dapat mengganggu aktivitas apalagi ketika harus bertemu dengan orang baru, berjabat tangan atau melakukan kontak fisik dengan orang lain. Aku percaya apa yang terjadi padaku ada hikmahnya. Aku juga bersyukur kepada Tuhan masih diberikan kesehatan yang baik. Untuk teman-teman mungkin mengalami hal yang sama seperti aku. Bahagia selalu, tenangkan diri, periksakan diri ke dokter jika perlu. Itulah caraku mengatasi telapak tangan berkeringat secara alami. Semoga bermanfaat bagi teman-teman pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Banner