pilihan menu makan anak 1 tahun
Parenting

10 Pilihan Makanan Untuk Anak 1 Tahun

Ketika anak berusia 1 tahun, biasanya para Ibu mencoba banyak jenis makanan untuk sikecil. Jenis makanan yang variatif bisa saja menjadi solusi supaya anak-anak gak gampang bosan atau susah mau makan. Makanan untuk anak 1 tahun memang harus benar-benar diperhatikan kandungan gizi dan nutrisi nya. Hal ini penting untuk untuk mendukung pertumbuhan anak dengan makanan yang memenuhi kadar gizi yang seimbang. Sebagai orangtua terkadang frustasi juga menentukan pilihan makanan yang tidak konsisten dan nafsu makan yang berubah-ubah. Apa saja pilihan makanan untuk anak 1 tahun?. Supaya aku gak bingung lagi nanti ketika anakku sudah berusia 1 tahun aku menuliskan artikel ini.

Dari informasi berbagai sumber yang aku dapat, anak usia 1 tahun atau 12 bulan sudah bisa untuk mengunyah berbagai macam makanan padat. Makanan padat itu bisa diolah dari telur, nasi, brokoli, mie, roti, semangka, pisang, dan lainnya. Ini karena gigi anak usia 1 tahun sudah lebih banyak yang bisa memudahkannya untuk mengunyah makanan.

Selain ASI yang tetap diberikan sampai anak genap berusia 2 tahun, Ibu bisa memilih pilihan makanan untuk anak 1 tahun. Berikut ini 10 pilihan makanan untuk anak 1 tahun :

resep makanan anak 1 tahun susah makan

Menu makanan anak 1 tahun
source : freepik.com

1. Buah Pisang
Salah satu makanan yang cocok untuk anak 1 tahun adalah buah pisang. Buah berwarna putih kekuningan ini mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, kalium yang berfungsi menjaga keseimbangan cairan dan sinyal saraf dalam tubuh. Ada vitamin B6 yang dibutuhkan untuk menumbuhkan sel-sel baru, vitamin B6, dan lain-lain.

Buah pisang bisa dikonsumsi langsung sebagai buah segar, selain itu dapat diolah menjadi makanan yang lezat untuk anak-anak.

2. Buah Alpukat
Alpukat mengandung beragam vitamin seperti vitamin C, vitamin B, folat, vitamin E, dan vitamin K, serta aneka mineral, seperti magnesium, kalium, kalsium, zat besi, dan zinc. Buah alpukat juga mengandung lemak tidak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan vitamin A pada alpukat berfungsi untuk menjaga kesehatan mata.

Daging buah alpukat bertekstur lembut sangat cocok dijadikan bubur atau puree .

3. Jeruk, Stroberi, Blueberry
Buah jeruk dan buah-buahan jenis beri dikenal dengan kandungan Vitamin C-nya yang tinggi. Seperti kita tahu vitamin C berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas, membantu penyerapan zat besi dari makanan. Jeruk juga kaya akan serat, beta karoten dan banyak karotenoid lainnya. Rasa manis alami jeruk berasal dari kadar glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

4. Wortel
Wortel adalah sayuran yang bergizi tinggi yang terkenal akan vitamin A. Selain itu, masih banyak kandungan nutrisi lain pada wortel yang penting untuk perkembangan anak. Kandungan vitamin A, vitamin B7, dan vitamin K dalam wortel bisa menjaga kesehatan mata, melancarkan metabolisme tubuh, serta mengatur pembekuan darah. Serat pada wortel baik untuk pencernaan dan mencegah sembelit, luteolin yang dapat meningkatkan memori dan mencegah peradangan otak, serta vitamin K untuk memperkuat tulang dan gigi.

5. Telur
Telur menjadi pilihan yang baik untuk selingan memenuhi asupan protein hewani pengganti daging. Telur kaya akan asam amino esensial yang dibutuhkan anak usia 1 tahun untuk menunjang pertumbuhannya. Selain itu, telur mengandung lutein dan zeaxanthin yang sangat baik untuk kesehatan mata. Asam folat dan vitamin B12 menjaga kesehatan saraf. Cara mengolah telur pun mudah misalnya telur orak-arik, telur gulung sayur, omelet, dan menu lainnya.

6. Brokoli
Sayuran brokoli memiliki manfaat yang sangat banyak untuk bayi kecil Anda. Namun perlu diingat, saat ingin memberikan bayi MPASI brokoli, sebaiknya tunggu sampai bayi berusia 7 bulan atau lebih. Mengonsumsi brokoli bisa membantu meningkatkan sistem imun anak.

7. Tahu dan Tempe
Olahan kedelai seperti tahu dan tempe memiliki gizi yang tinggi dan baik untuk dijadikan makanan anak usia 1 tahun. Tahu dan tempe mengandung protein nabati, serat, kalsium, dan zat besi yang tinggi. Kandungan omega 6 pada tahu dan tempe penting dalam sistem kekebalan tubuh.

8. Ikan
Menu makanan si kecil berbahan dasar ikan merupakan salah satu makanan sehat. Kandungan omega 3, AHA, dan DHA yang tinggi dalam ikan dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan anak. Jenis-jenis ikan yang memiliki gizi tinggi: salmon, nila, tuna, kembung, lele, patin, teri, dan tongkol.

9. Daging Ayam
Anak-anak penting mengonsumsi daging ayam yang menjadi sumber protein hewani. Daging ayam mengandung triptophan yang berfungsi sebagai antidepresan. Kandungan fosfor untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Berilah anak daging yang dimasak matang, lembut, tidak mentah atau setengah matang, dan dipotong kecil-kecil. Vitamin B12 berfungsi menjaga perkembangan dan fungsi kulit, kesehatan mata,serta membantu metabolism karbohidrat, protein dan lemak untuk menghasilkan energi.

10. Roti, Oatmeal, dan Sereal
Pilihan makanan untuk anak 1 tahun lainnya adalah gandum utuh seperti roti, oatmeal, dan sereal. Kandungan serat pada gandum utuh menyehatkan dan melancarkan pencernaan. Kandungan selenium yang mencegah kerusakan sel, magnesium yang menjaga kekebalan tubuh, serta vitamin B1, B2, niasin, dan asam folat.

Itulah 10 pilihan makanan yang penuh gizi untuk anak 1 tahun. Makanan yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi untuk mendukung pertumbuhan si kecil. Pastikan untuk membeli bahan-bahan makanan yang segar untuk si kecil ya Bun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Banner