surat izin keluar masuk kota singkawang
Singkawang

Cara Mengurus Surat Izin Keluar Masuk Non Mudik di Kota Singkawang

Pemerintah telah memperketat aturan syarat perjalanan sebelum dan sesudah larangan mudik Lebaran 6-17 Mei 2021. Hal ini diberlakukan dalam rangka menindaklanjuti Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 13 Tahun 2021 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah. Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Keputusan Wali Kota Nomor 500/141/EKSDA-B Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro di Kota Singkawang. Bukan tanpa alasan pemerintah menetapkan larangan mudik Lebaran mulai 6-17 Mei 2021 bagi seluruh masyarakat. Agar menekan angka kasus penularan virus corona penyebab pandemi Covid-19 di Indonesia. Namun, tetap ada pengecualian yang diberikan bagi angkutan logistik dan masyarakat yang hendak melakukan perjalanan dengan alasan kepentingan sangat mendesak. Masyarakat masih boleh melakukan perjalanan ke luar daerah. Syarat perjalanan sebelum larangan mudik Lebaran 2021 adalah harus membawa Surat Izin Keluar Masuk di Kota Singkawang (SIKM).

Terkait peraturan pemerintah larangan mudik Lebaran 2021 yang berlaku, Wali Kota Singkawang menetapkan Keputusan Wali Kota tentang Tata Cara Penerbitan Surat Izin Keluar Masuk di Kota Singkawang. SIKM di Kota Singkawang diberikan kepada masyarakat yang melakukan perjalanan untuk kepentingan non mudik. Surat ini diberikan paling lama 2 hari sejak persyaratan dinyatakan lengkap dan berlaku selama masa peniadaan mudik dari tanggal 6 Mei 2021 sampai dengan 17 Mei 2021.

Cara Mengurus Surat Izin Keluar Masuk Singkawang

1. Pemohon mengajukan permohonan Surat Izin Keluar Masuk ke Kelurahan dengan membawa persyaratan sebagai berikut :

– KTP pemohon
– Surat pengantar dari RT yang diketahui oleh RW yang memuat :
Nama Lengkap, NIK, alamat domisili, tujuan melakukan perjalanan dan Surat keterangan sehat dari fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit, Puskesmas, Puskesmas Pembantu atau Klinik dan atau surat pernyataan bermaterai dalam keadaan sehat dari pemohon.

2. Verifikasi dokumen kelengkapan permohonan di Kelurahan
– Aparatur di Kelurahan memverifikasi kelengkapan persyaratan yang disampaikan pemohon

3. Penerbitan Surat Izin Keluar Masuk
– Kalau semua persyaratan dinyatakan sesuai dan lengkap, Lurah menerbitkan Surat Izin Keluar Masuk.

sikm di kota singkawang

Bentuk surat izin keluar masuk

Petunjuk Pengisian SIKM di Kota Singkawang

1. Nama diisi sesuai KTP
2. NIK diisi sesuai KTP
3. Jenis Kelamin diisi sesuai KTP
4. Agama diisi sesuai KTP
5. Pekerjaan diisi sesuai pekerjaan saat permohonan diajukan
6. Alamat Domisili diisi sesuai dengan tempat tinggal saat permohonan diajukan
7. Nomor Telp/HP diisi dengan nomor telepon/HP yang aktif
8. Alamat Tujuan diisi dengan alamat tempat tujuan
9. Keperluan diisi dengan keperluan melakukan perjalanan. Khusus untuk pelaku perjalanan transportasi layanan logistik atau wisata, diisi dengan keperluan layanan logistik atau wisata.
10. Tanggal Perjalanan diisi dengan tanggal keberangkatan
11. Lama perjalanan diisi dengan lamanya perjalanan terhitung sejak tanggal keberangkatan sampai dengan tanggal kembali
12. Jumlah tanggungan diisi dengan jumlah pelaku perjalanan yang menjadi tanggung jawab pemegang Surat Izin Keluar Masuk
13. Jenis Permohonan diisi dengan sekali pergi/pulang pergi/harian yang diikuti dengan tanggal berakhirnya masa berlaku Surat Izin Keluar Masuk.

Sebagai informasi tambahan, per tanggal 2 Mei 2021 Kategori Resiko Kenaikan Kasus Covid-19 di Kota Singkawnag berada di Zona Kuning yang artinya Zona Resiko Rendah. Mari kita saling mengingatkan untuk tetap disiplin dan patuh menjalankan protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak serta menghindari kerumunan dan keramaian.

kategori resiko covid singkawang

Sumber : KEPUTUSAN WALI KOTA SINGKAWANG NOMOR 400/166/SETDA.KESRA—B TAHUN 2021 TENTANG TATA CARA PENERBITAN SURAT IZIN KELUAR MASUK DI KOTA SINGKAWANG

KOMINFO SINGKAWANG

Semoga informasi yang saya bagikan ini bermanfaat bagi kita semua. Silakan di share 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Banner