Pengetahuan

5 Jenis Contoh Hewan Vertebrata yang Memiliki Tulang Belakang

Contoh hewan vertebrata diklasifikasikan menjadi lima kelompok, yaitu mamalia, reptil, amfibi, aves (unggas) dan pisces (ikan). Vertebrata adalah subfilum dari chordata yang mencakup semua hewan yang memiliki tulang belakang yang tersusun dari vertebrata, vertebrata ini adalah spesies terbesar berbagai macam negara. Pada hakikatnya, hewan vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang, sebaliknya invertebrata atau avertebrata merupakan hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Tulang belakang tersebut berfungsi untuk menopang tubuh, melindungi sumsum tulang belakang dan menghubungkannya dengan sistem saraf.

Contoh Hewan Vertebrata

Jika kamu penasaran hewan apa saja sih hewa yang memiliki tulang belakang, selengkapnya lima jenis contoh hewan vertebrata.

1. Mamalia
mamalia
Hewan mamalia adalah hewan yang berkembang biak dengan cara beranak dan termasuk hewan vertebrata yang memiliki ciri terdapat kelenjar susu pada tubuhnya, sehingga disebut sebagai hewan menyusui. Hewan Mamalia memiliki bulu pada tubuhnya, berkembang biak dengan cara melahirkan (vivipar), bernapas dengan paru-paru dan berdarah panas dalam arti suhu tubuhnya lebih stabil.

Berikut ini hewan yang dikategorikan sebagai mamalia yang memiliki tulang belakang yaitu sebagai berikut:
– Kucing
– Anjing
– Kelinci
– Sapi
– Monyet
– Harimau
– Gajah
– Jerapah
– kanguru
– dan lain sebagainya

2. Reptil
reptil hewan vertebrata

Indozone– Reptil merupakan hewan vertebrata berdarah dingin dan memiliki sisik atau tempurung yang menutupi tubuhnya. Reptil berasal dari bahasa latin yaitu “reptans” yang artinya melata. Hewan melata ini mempunyai kulit bersisik yang terbuat dari zat tanduk (keratin).

Ciri-ciri hewan reptil lainnya yakni bernapas dengan paru-paru, memiliki empat tungkai untuk bergerak dan berdarah dingin karena suhu tubuhnya mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan.
Berikut ini contoh reptil yang digolongkan sebagai hewan vertebrata yang memiliki tulang belakang:

– Kadal
– Buaya
– Kura-kura
– Ular
– Komodo

3. Amfibi

Amfibi atau amfibi (amphibia), umumnya didefinisikan sebagai hewan bertulang belakang yang bisa hidup di dua alam, yakni di air dan di daratan. Amfibi merupakan satu-satunya hewan vertebrata yang mengalami metamorfosis lengkap, mulai dari telur, lalu larva yang bernapas dengan paru-paru, kemudian bertransisi menjadi pupa atau nimfa, hingga berubah menjadi imago yaitu versi dewasa yang bernapas dengan paru-paru.

Ciri-ciri hewan amfibi di antaranya yaitu berdarah dingin, kulitnya berpori dan berlendir, kaki berselaput dan bernapas menggunakan kombinasi paru-paru, kulit dan insang.
Adapun contoh amfibi yang termasuk dalam kategori hewan vertebrata yaitu:
– Katak
– Kodok
– Sesilia (cacing besar)
– Salamander

4. Aves (Unggas)
unggas hewan vertebrata

Aves atau unggas dalam bahasa inggris disebut poultry adalah jenis hewan ternak kelompok burung yang dimanfaatkan untuk daging dan telur atau bulunya. Aves atau unggas merupakan contoh hewan vertebrata yang memiliki bulu dan sayap yang dapat digunakan untuk terbang, meski begitu tidak semua aves dapat terbang. Aves bernapas dengan paru-paru, dan dilengkapi dengan cakar pada kakinya yang dapat dipakai untuk berjalan, bertengger, atau berburu mangsa.

Ciri-ciri aves lainnya yaitu mempunyai paruh namun tidak bergigi, berkembang biak dengan cara bertelur, memiliki bulu pada tubuhnya, dan berdarah panas.
Beberapa contoh aves yang memiliki tulang belakang adalah sebagai berikut:
– Burung
– Bebek
– Angsa
– Ayam
– Penguin

5. Pisces (Ikan)
ikan hewan vertebrata

Ikan merupakan segala jenis organisme yang seluruh atau sebagian dari siklus hidupnya berada di dalam lingkungan perairan. Hewan vertebrata atau bertulang belakang lainnya yaitu pisces atau ikan yang termasuk dalam kategori poikiloterm atau berdarah dingin karena suhu tubuhnya disesuaikan dengan lingkungan. Ikan hidup di perairan sehingga bernapas menggunakan insang dan mempunyai sirip untuk menentukan arah gerak di dalam air serta dilengkapi gurat sisi untuk mengetahui tekanan air.

Ikan menjadi contoh hewan vertebrata yang memiliki spesies paling banyak, bahkan lebih dari 27.000 di seluruh dunia.
Berikut ini contoh jenis-jenis ikan yang memiliki tulang belakang, yaitu:
– Hiu
– Paus
– Tenggiri
– Gurami
– Tongkol
– Lele
– Bawal dan
– Nila

Uraian diatas merupakan penjelasan dan contoh hewan vertebrata yang memiliki tulang belakang. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Banner