jenis media iklan
Pengetahuan

Mengenal Jenis Media Iklan Untuk Promosi Bisnis

Mempunyai sebuah bisnis penting untuk melakukan ritual wajib yaitu promosi. Tujuannya untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada orang banyak dan sebagai pendukung bisnis agar berjalan dengan lancar. Dari melihat produk di media iklan orang akan kenal dengan produk kita, membeli, lalu menjadi pelanggan setia. Menurut Wikipedia iklan atau dalam bahasa Indonesia formalnya pariwara adalah segala bentuk pesan promosi benda seperti barang, jasa, produk jadi, dan ide yang disampaikan melalui media dengan biaya sponsor dan ditunjukan kepada sebagian besar masyarakat. Iklan berfungsi memberikan informasi mengenai produk yang dipasarkan, membangun citra positif dan menawarkan produk. Di bawah ini jenis media iklan yang bisa digunakan untuk promosi bisnis.

1. Iklan Media Cetak
Di dalam KBBI, iklan media cetak merupakan iklan yang menggunakan sarana media massa yang dicetak dan diterbitkan secara berkala. Contohnya poster, baliho, majalah, tabloid, iklan baris di surat kabar, spanduk, dan lain sebagainya.

jenis media iklan baliho

jenis media iklan baliho
source : freepik.com

2. Iklan Media Digital
adalah iklan yang ditayangkan pada media online seperti situs web, blog, platform streaming video. Iklan media digital memang sudah terbukti mampu meningkatkan brand awareness, penjualan barang dan jasa. Data dari survei yang pernah dilakukan We Are Social, pengguna aktif di media sosial yang berasal dari Indonesia di tahun 2020 telah mengalami peningkatan hingga 10 juta pengguna.

– Pencarian berbayar atau paid search
Kita bisa menggunakan jenis iklan ini dari layanan Google melalui Google Ads. Cara kerja Google dengan metode hasil pencarian dengan kata kunci tertentu. Ketika orang mencari kata kunci yang berhubungan dengan produk kita maka hasil pencarian di mesin pencari iklan akan muncul.

– Media sosial berbayar
Pemasaran dengan media sosial berbayar mampu menjangkau pelanggan dari kaum milenial yang suka menggunakan media sosial. Contoh iklan ini tersedia di media sosial seperti Instagram, Facebook, Tiktok dan lain sebagainya.

– Email marketing
Cara kerja beriklan lewat email adalah pengiriman pesan komersial seperti newsletter dan promosi via email. Menurut penelitian McKinsey and Company, email marketing 40 kali lebih efektif dibandingi media sosial seperti Facebook dan Twitter.

– Video Marketing
Jenis media iklan video online ini juga terkenal efektif. Konten yang ditampilkan di video marketing bisa berupa demo produk, video penjelasan produk, video produk, video tutorial, live stream, dan vlog.

3. Media elektronik
– Radio
Salah satu jenis media iklan yang sering digunakan sejak lama yaitu Radio. Iklan ini bisa kita dengarkan melalui suara di radio. Meskipun arus digitalisasi semakin deras radio tetap populer dan memiliki pendengar setia.

– TV
Iklan di televisi memiliki unsur suara dan gambar. Saat ini televisi masih menjadi media periklanan yang banyak digunakan di Indonesia. Kalau kita sering nonton TV beberapa kali kita pasti menemukan iklan komersial. Apalagi kalau acara yang ditonton bagus biasanya iklannya banyak hehe…

Membuat iklan yang baik adalah iklan yang menarik bagi siapapun yang pertama kali melihatnya. Selain itu, juga iklan membutuhkan informasi yang padat dan lengkap.

Meskipun jenis media iklan ada banyak jenisnya cukup gunakan sesuai keinginan dan budget kita. Paling penting adalah media iklan yang dipilih sesuai dengan fungsinya yaitu sebagai media komunikasi, pembawa cerita atau detail produk bisnis yang dijalani. Itulah penjelasan jenis media iklan beserta contohnya untuk mempromosikan bisnis kita. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Banner