Al-Quran Al-Akbar Wisata Religi Al-Quran Raksasa
Charming Palembang

Bayt Al-Quran Al-Akbar, Wisata Religi Al-Quran Raksasa di Palembang

Pernahkah kamu membayangkan melihat dan menyentuh kitab suci yang super besar. Jika pernah, kalau begitu mimpi kita jadi kenyataan. Berawal dari mimpi Bapak H. Kgs Syofwatillah Mohzaib sebagai pelopor pembuatan Al-Quran raksasa yang terbesar di dunia ini. Pada suatu malam beliau bermimpi diperintahkan untuk membuat ukiran ayat-ayat suci Al-Quran yang lebih besar. Lalu muncullah ide untuk membuat Al-Quran Al-Akbar. Tempat ini diberi nama Bayt Al-Quran Al-Akbar, Wisata Religi Al-Quran Raksasa di Palembang. Bayt Al-Quran Al-Akbar artinya dalam bahasa Indonesia yaitu rumah bagi Al-Quran Besar. Al-Quran Al-Akbar ini merupakan salah satu destinasi wisata religi di Palembang. letaknya di Jalan Moh. Amin, Gandus, Kota Palembang.

Aku berkesempatan mengunjungi Bayt Al-Quran Al-Akbar bersama teman-teman Blogger dan media dalam rangka famtrip Musi and Beyond 2019 di Palembang beberapa hari yang lalu. Sungguh menakjubkan, Al-Quran Al-Akbar terdiri dari 315 lembar papan ukiran ayat-ayat suci Al-Quran yang bisa dibolak balik. Al-Quran Raksasa Al-Akbar terbagi menjadi 630 halaman, setiap halaman memiliki tinggi 177 cm, lebar 140 cm dan ketebalan 2,5 cm. Termasuk sampul tebal keseluruhannya mencapai 9 meter. Al-Quran Al-Akbar ini telah dinobatkan sebagai Al-Quran Raksasa terbesar di dunia.

sejarah mushaf al quran di palembang

Capture by : @sandiyanto

Terdapat 30 juz ayat suci Al-Quran yang berhasil dipahat atau diukir dalam lembaran kayu tembesu dan menghabiskan 40 meter kubik kayu dengan biaya tidak kurang dari 2 miliar rupiah. Seperti apa sejarah pembuatan Al-Quran raksasa ini?

Sejarah Pembuatan Al-Quran Raksasa

Bayt Al-Quran Al-Akbar Palembang ini memiliki sejarah yang panjang. Sang penggagas Bapak H. Kgs Syofwatillah Mohzaib yang juga merupakan seorang pengukir kaligrafi mewujudkan mimpinya untuk membuat Al-Quran Raksasa. Ayat suci Al-Quran diukir di atas lembaran kayu tembesu. Pemilihan kayu jenis ini karena tahan lama dan anti rayap. Kayu ini banyak terdapat di daerah Palembang dan Jambi. Para pengukir khusus didatangkan dari Jawa dan Palembang. Mereka juga melakukan ritual khusus seperti berpuasa sebelum mengukir ayat-ayat suci Al-Quran. Sumber pendanaan pembuatan Al-Quran Raksasa ini berasal dari sumbangan para donatur. Pengerjaannya pun memakan waktu yang cukup lama hingga 7 tahun yang dimulai sejak tahun 2002 dan selesai pada tahun 2009. Ini dikarenakan jeda waktu pengerjaan menunggu adanya stok kayu tembesu dan sumbangan dari donatur. Bayt Al-Quran Al-Akbar diresmikan pada 30 Januari 2012.

sejarah alquran palembang

Warna dasar merah tua dipilih sesuai dengan warna khas songket Palembang, sedangkan huruf ayat suci Al-Quran yang terukir timbul dicat dengan warna emas. Mengapa harus warna kuning emas? Warna kuning emas artinya warna khas Palembang di masa kesultanan Plembang.

jam buka Museum Al-Quran Palembang

Capture by : @sandiyanto

Harga Tiket Masuk Al-Quran Al-Akbar

Tiket masuk Al-Quran Al-Akbar untuk dewasa Rp 20.000 sedangkan untuk anak-anak Rp 15.000. Diharapkan apabila pengunjung ingin masuk ke dalam rumah Al-Quran diwajibkan menggunakan pakaian tertutup. Aku sendiri menggunakan kain penutup kepala pengganti hijab. Jika teman-teman sudah terlanjur tidak menggunakan pakaian tertutup tenang, di Bayt Al-Quran Al-Akbar telah disediakan kain dan sarung untuk dipinjamkan kepada wisatawan. Pertama kali masuk ke dalam Rumah Al-Quran kami disambut dengan minuman kopi khas Palembang.

kopi asli al-quran al-akbar

Setelah ngopi bersama, guide lokal menjelaskan tentang Bayt Al-Quran Al-Akbar kepada setiap wisatawan yang berkunjung. Terdapat beberapa titik pemajangan Al-Quran, pertama di lantai dasar, kemudian lantai dua. Pada lantai dasar Al-Quran dibuat tinggi menjulang ke atas yang terdiri dari lima lantai. Setiap lembaran Al-Quran bisa diputar sehingga kita bisa melihat ayat-ayat suci dikedua sisinya. Wisatawan juga diperbolehkan untuk mengambil gambar dan video untuk mengabadikan momen ketika berada di Rumah Al-Quran besar ini.

harga tiket masuk alquran al akbar palembang

Rombongan tim famtrip Musi and Beyond 2019 Palembang

Tuhan menggenggam semua doa, lalu dilepaskan-Nya satu persatu di waktu yang tepat

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Al-Qur’an Al-Akbar Official (@alquranalakbar_official) on

#charmingpalembang
#palembangtourism

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner