wisata di palembang
Charming Palembang

Ini 10 Destinasi Wisata Palembang yang Menarik Untuk Kamu Singgahi

Aku tanpa pempek, hanyalah remahan kemplang” ucap salah satu temanku. Karena setiap hari dia selalu makan pempek. Sudah bisa ditebak dong darimana temanku itu berasal. Yaps, kotanya Wong Kito Galo. Kota Palembang menyimpan sejuta pesona yang menawan. Selalu asik untuk diulik. I am deeply thankful and blessed for the famtrip Musi and Beyond 2019 Charming Palembang beberapa waktu yang lalu. Bersama teman-teman Blogger Nusantara kita berkeliling di Bumi Sriwijaya. Jika kamu sedang berada di Pelambang atau berencana berkunjung ke kota pempek. Ini 10 Destinasi Wisata Palembang yang Menarik Untuk Kamu Singgahi.

Sejarah Kota Palembang

Sedikit sejarah Kota Palembang merupakan salah satu kota tertua di Indonesia yang didirikan oleh Dapunta Hyang pada 16 Juni tahun 683 M (605 Saka) berdasarkan Prasasti Kedukan Bukit bertulis huruf Pallawa dan berbahasa Melayu kuno. Pada zaman Kerajaan Sriwijaya, Palembang pernah menjadi pusat kerajaan juga sebagai pusat perdagangan antar negara melalui Laut Cina dan Selat Malaka.

Selain itu, Kota Pelambang pernah menjadi pusat agama Budha. Dengan adanya Prasasti Dewapaladewa yang ditemukan di Napalanda (India) menyatakan bahwa Raja Sriwijaya Balaputradewa berasal dari Swarnadwipa dan membuat sebuah Biara. Pembangunan Candi Borobudur tidak terlepas dari bantuan raja-raja Sriwijaya. Peninggalan sejarah masa ini salah satunya Situs Kerajaan Sriwijaya dan Bukit Siguntang yang menjadi destinasi wisata Palembang.

Seru yah mengenal sejarah tentang Kota Palembang. Okeh, langsung aja ke destinasi wisata palembang :

1. Jembatan Ampera

Pertama kali mendengar nama Kota Palembang apa yang kamu bayangkan? Jembatan Ampera? perfect!. Oleh karena itu, jembatan Amanat Penderitaan Rakyat ini saya tulis di poin nomor 1. Informasi dari mbah Wikipedia jembatan Ampera memiliki panjang 1.177 meter dan lebar 22 meter. Panjang memang, jalan kaki menyusuri jembatan ini lumayan buat kaki pengen direndam air hangat. Pegel guys.

Jembatan yang identik dengan warna merah ini dibangun pada bulan April 1962, kalau dihitung sekarang sudah 57 tahun. Lebih tua dari umur bapak saya ternyata. Masih panjang kisah tentang jembatan Ampera ini sodara-sodara, nanti kalau sudah selesai aku titipkan linknya di sini. kita lanjut destinasi yang kedua ya.

Capture by : @primadhitya

2. Tugu Ikan Belido

Masih bertema ikon Kota Palembang nih, destinasi wisata palembang yang menarik dan wajib kamu kunjungi adalah Tugu Ikan Belido. Tingginya mencapai 12 meter dan lebar 22 meter, tugu ini disebut-sebut mirip seperti tugu Singa Merlion di Singapura. Hmm.. menurut teman-teman gimana?

Kenapa Ikan Belido? Nah, ternyata si ikan yang bentuknya lucu dan unik ini sangat banyak memberi manfaat bagi masyarakat Palembang. Karena dulunya, ikan belido merupakan bahan baku utama dalam pembuatan makanan khas Palembang seperti pempek, kemplang, dan krupuk. Tapi sekarang, karena ikan belido sudah langka bahan utamanya diganti dengan ikan lain seperti ikan tenggiri dan ikan gabus.

tugu ikan belido wisata palembang

Capture by : @dicapriadi

3. Benteng Kuto Besak

Letaknya tak jauh dari tugu ikan belido. Benteng Kuto Besak merupakan sebuah bangunan keraton dan menjadi pusat Kesultanan Palembang yang dibangun pada tahun 1780.

Benteng Koto Besak merupakan tempat wisata bersejarah di Palembang, Sumatera Selatan.

wisata sejarah palembang

4. Bukit Siguntang (Bukit Seguntang)

Okeh, sekarang kita beralih ke wisata sejarah di Palembang. Kota Palembang terkenal sebagai salah satu kota tua di Indonesia. Dahulunya, sebuah kerajaan jaya yang bernama Sriwijaya berada di kota ini. Peninggalannya pun masih banyak tersebar di seluruh kota dan sekitarnya.

Sebuah bukit dengan ketinggian 29-30 meter ini dianggap sakral oleh masyarakat setempat. Di Bukit Siguntang atau Bukit Seguntang ini terdapat makam-makam para bangsawan zaman dahulu yang dianggap orang yang penting sebagai pendiri Kota Palembang.

wisata palembang bukit siguntang

5. Museum Al-Qur’an Al-Akbar

Untuk wisata religi, teman-teman wajib mengunjungi Museum Al-Qur’an Al-Akbar. Al-Qur’an raksasa yang terbuat dari kayu tembesu ini terdiri dari 630 halaman dengan lembar ukuran halamannya 177 x 140 x 2,5 cm. Artikel lengkap tentang Al-Qur’an raksasa ada di sini.

Ini 10 Destinasi Wisata di Palembang yang Wajib Kamu Datangi

Capture by : @sandiyanto

6. Masjid Cheng Ho Palembang

Masjid Cheng Hoo Palembang bernama Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo Sriwijaya Palembang. Masjid Cheng Ho Palembang dibangun dengan latar belakang untuk menjaga hubungan baik antara masyarakat keturunan Tionghoa dengan masyarakat Palembang pada umumnya. Masjid yang bernuansa warna merah muda dan ungu ini juga sebagai tempat untuk memperdalam ajaran agama Islam dan memperkenalkannya kepada masyarakat luas.

wisata palembang masjid cheng ho

7. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB II)

Masih dengan wisata sejarah di Palembang, jika teman-teman ingin tahu tentang kisah kejayaan Palembang di masa kesultanan, museum Museum Sultan Mahmud Badaruddin II atau biasa disingkat menjadi Museum SMB II inilah tempatnya.

Bangunan unik bercat putih ini dibangun antara tahun 1821 hingga 1824, sekitar 198 tahun yang lalu. Sayang sekali, saat mengunjungi tempat ini aku datang pada malam hari jadi hanya bisa berfoto di bagian depan museum.

sultan mahmud badaruddin II

Capture by : @dicapriadi

8. Kampung Arab Al-Munawar

Desa wisata Kampung Arab Al-Munawar memiliki keunikan tersendiri. Namanya saja Kampung Arab, masyarakat yang mendiami kampung ini merupakan keturunan arab. Nama kampung Al-Munawar ini berasal dari nama tokoh yang disegani bernama Habib Abdurrahman Al Munawar.

9. Kampung Kapitan

Kampung Kapitan berlokasi di tepi sungai Musi bernama daerah Tuju Ulu. Dahulu kala, tempat ini menjadi rumah tinggal pertama kali warga Tionghoa pada masa penjajahan Belanda. Di kawasan ini terdapat tiga rumah perwira. Tempat ini menjadi sebuah kawasan cagar budaya di Kota Palembang.

wisata ke palembang

Capture by : @sandiyanto

10. Pulau Kemaro

Siapa yang tidak kenal dengan kisah Tan Bun An dan Siti Fatimah yang melegenda. Kisah cinta sejati yang rela berkorban demi orang yang dicintainya. Nah, keberadaan pulau ini tidak lepas dari cerita tersebut. Untuk menuju Pulau Kemaro pengunjung menggunakan kapal motor yang disebut ketek. Jaraknya kurang lebih 10 km dari pusat Kota Palembang. Pada perayaan Cap Go Meh, pulau ini ramai dikunjungi wisatawan.

Sebenarnya masih banyak destinasi wisata Palembang yang lain, mungkin next aku akan kembali lagi ke kota pempek ini. Sementara, ini 10 destinasi wisata Palembang yang menarik untuk kamu singgahi. Punya pengalaman seru di salah satu destinasi di atas? drop komen di bawah ya.

This Post Has 4 Comments

  1. Siti Mustiani Reply

    Belum pernah ke Palembang sih, tapi saya gak nyangka Palembang punya wisata menarik seperti ini pantas saja banyak yang ingin datang kesini

  2. Mamazi Reply

    Tulisan kamu membuat saya jadi ngiler pengen ke palembang, setahuku di palembeng cuma kuliner empek2nya aja yang menggiurkan, rupanya destinasi wisatanya oke punya juga. semoga ada rejeki deh bisa ke palembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Banner