siaran tv digital inilah manfaatnya
Info Menarik

Beralih ke Siaran TV Digital, Inilah Manfaatnya Untuk Masyarakat

Go digital!. Ungkapan ini seringkali saya dengar, saya baca, bahkan saya ucapkan di berbagai kesempatan. Contohnya usaha aneka souvenir teman saya yang sudah go digital. Bukan sekedar kata-kata keren, go digital memiliki makna yang dalam tergantung bagaimana setiap individu mengartikannya. Singkatnya, go digital dapat berarti pengalihan dari sistem yang sebelumnya dilakukan secara manual atau luar jaringan menjadi dalam jaringan yang terhubung ke jaringan internet. Usaha aneka souvenir teman saya yang sebelumnya menjual produknya di toko kini sudah bisa dibeli secara online baik di website pribadinya atau melalui platform e-commerce. Ya, tak bisa dipungkiri saat ini kita berada pada era serba digital. Hampir semua orang tak bisa lepas dari perangkat elektronik. Seperti smartphone, komputer, laptop, mesin, TV, dan lain sebagainya. Memang hidup di era digital sangat membantu masyarakat, semua jadi mudah dan cepat. Saat ini, Indonesia mulai memasuki era siaran TV Digital. Sudah siapkah kita menyambutnya? Apa saja manfaatnya untuk masyarakat?. Untuk itu aku menuliskannya di artikel ini.

Apa Itu Siaran TV Digital

Tak kenal maka tak sayang, baiknya kita kenalan dulu yuk apa itu siaran TV Digital.

Siaran TV Digital menggunakan modulasi sinyal digital dan sistem kompresi akan menghadirkan kualitas gambar yang lebih bersih, suara yang lebih jernih dan canggih teknologinya bagi masyarakat Indonesia.

Sistem siaran televisi digital merupakan perkembangan yang sangat pesat di dunia penyiaran dimana terdapat peningkatan kapasitas layanan melalui efisiensi pemanfaatan spektrum frekuensi radio.

Sistem penyiaran televisi digital bukan hanya mampu menyalurkan data gambar dan suara tetapi juga memiliki kemampuan multifungsi dan multimedia seperti layanan interaktif dan bahkan informasi peringatan dini bencana.

Saat ini 5 daerah tahap pertama migrasi TV Digital yaitu :
1. Aceh
– Kabupaten Aceh Besar
– Kota Banda Aceh

2. Kepulauan Riau
– Kabupaten Bintan
– Kabupaten Karimun
– Kota Batam
– Kota Tanjung Pinang

3. Kalimantan Utara
– Kabupaten Bulungan
– Kota Tarakan
– Kabupaten Nunukan

4. Kalimantan Timur
– Kabubaten Kutai Kartanegara
– Kota Samarinda
– Kota Bontang

5. Banten
– Kabupaten Serang
– Kota Cilegon
– Kotga Serang

Karena masih dalam tahap peralihan, masyarakat tetap bisa untuk menonton siaran televisi analog namun sangat dianjurkan untuk mulai merubah tangkapan sinyal antena di rumah dari siaran analog ke digital.

Tema besar yang ingin diangkat dalam komunikasi ini adalah keuntungan berpindah ke siaran TV Digital. Muncul lah slogan yang menggambarkan 3 manfaat terbesar bagi masyarakat yaitu : Bersih, Jernih, Canggih.

Bagaimana Cara Menonton TV Digital

1. Download Aplikasi sinyalTVDigital

2. Diperlukan antena rumah biasa, yaitu antena UHF baik berupa antena luar rumah (outdoor) atau antena dalam rumah (indoor) yang juga biasa digunakan untuk menangkap siaran televisi analog.

3. Pastikan bahwa televisi di rumah sudah dilengkapi dengan penerima siaran televisi digital DVBT2

4. Jika televisi di rumah hanya bisa menerima siaran televisi analog, maka yang perlu dipasang dekoder set top box. Set Top Box akan membantu sinyal televisi digital yang ditangkap oleh antena untuk dapat ditampilkan meski televisi dirumah adalah televisi untuk siaran analog.

5. Setelah perangkat televisi tersambung, pilih opsi Pengaturan/Setting kemudian pilih auto scan untuk memindai program-program siaran televisi digital di sekitarmu.

Jadi TV Digital itu tidak berbayar ya. Jika masih menggunakan TV analog cukup membeli perangkat yang dibutuhkan yaitu set top box atau decorder.

Set Top Box atau decoder itu adalah perangkat yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital ke dalam format analog agar dapat ditampilkan ke layar televisi analog.

Cara Memilih Set Top Box (STB) yang Tepat

Set Top Box sudah tersedia baik di toko offline maupun online. Sebagai jaminan bahwa STB yang dipilih dapat digunakan adalah yang ada tulisan DVB-T2. Pada kemasannya cari tulisan Siap Digital, Tanda Siap Digital. Jika ada tulisan itu sudah pasti aman begitu penjelasan dari Direktur Penyiaran, Direktorat Jenderal PPI, Kementerian Kominfo, Geryantika Kurnia dalam sosialisasi TV digital yang diselenggarakan secara daring.

tv digital itu apa

DVB-T2
(Digital Video Broadcasting – Terrestrial Second Generation)
DVB-T2 merupakan jenis sinyal digital yang dibaca dan diterjemahkan Set Top Box (STB) atau perangkat penerima TV Digital DVB-T2. Sesuai ketetapan, Indonesia memakai sinyal digital DVB-T2 dalam penyiaran.
foto : instagram.com/siarandigitalindonesia

Jika teman-teman membeli STB melalui online pilih yang ada sertifikasi dari Kominfo. Berikut ini merek STB yang bersertifikat Kominfo. Nexmedia (NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD), Polytron (PDV 600T2), Ichiko (8000HD), Akari (ADS-2230, ADS-168 dan ADS-210), Venus (Brio), Tanaka (T2), Matrix (Apple), Evercoss (STB1).

Perangkat televisi yang sudah mendukung siaran digital di Indonesia dapat di cek di : https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/perangkat-televisi

Manfaat Migrasi Televisi Digital Untuk Masyarakat

Beralih ke siaran TV Digital inilah manfaatnya untuk masyarakat. Migrasi siaran TV Analog ke TV Digital masih berlangsung hingga pada tanggal 2 November 2022 mendatang. Apa saja manfaat dari siaran TV Digital ini?

Dalam dialog interaktif di salah satu stasiun TV swasta pada tanggal 17 Agustus 2021 lalu, Dirjen SDPPI dan Plt. Dirjen PPI Kementerian Komunikasi dan Informatika Dr. Ismail menjelaskan ada 2 manfaat atau keuntungan yang bisa dinikmati masyarakat menjadi penonton siaran TV Digital :

1. Kualitas gambar yang sangat jelas, suara jernih, dan teknologi canggih.
2. Banyaknya program siaran yang lebih berkualitas dan bermutu buat masyarakat

Selain itu, dapat membuka lapangan kerja baru di bidang industri pertelevisian. Mengapa? karena peralihan siaran ke TV Digital mendorong pertumbuhan industri kreatif di masyarakat. Migrasi TV Digital berpotensi menambah keragaman kepemilikan lembaga penyiaran, juga menyerap tenaga kerja kreatif. Misalnya bidang pembuatan konten siaran.

Agung Suprio, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat mengatakan bahwa siaran TV digital akan berpeluang terjadinya diversifikasi konten dan munculnya stasiun televisi baru.

Satu lagi kelebihan siaran Tv Digital yang ramah untuk anak-anak yaitu fitur Electronic Program Guide (EPG).

EPG dapat membantu mengontrol, menyeleksi dan memilih tayangan apa saja yang akan ditonton anggota keluarga.

Apni Jaya Putra, Anggota Pokja Komunikasi Publik Gugus Tugas Migrasi TV Digital mengatakan setidaknya ada 87 juta anak di Indonesia yang menonton televisi. Jadi fitur ini bisa dimanfaatkan oleh orang tua dalam mengawasi membimbing anak saat menonton televisi.

Kesimpulan

Proses pengalihan TV Analog ke TV Digital dilakukan secara bertahap. Penghentian siaran TV Analog secara nasional dilakukan pada 2 November 2022. Perlu diingat bahwa TV Digital ini bukanlah televisi streaming, paket data, bukan televisi berbayar, bukan pula televisi yang harus membeli parabola.

TV Digital tetap menggunakan antena UHF yaitu antena yang biasa dipakai TV Analog.

Nantinya keragaman konten sangat mungkin terjadi. Semoga semakin banyak program siaran, saluran yang ramah untuk anak, edukatif dan menghibur.

Siap dukung dan sambut TV Digital?

Referensi :
https://kominfo.go.id/content/detail/756/tentang-tv-digital/0/tv_digital
https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/pemirsa-televisi
https://siarandigital.kominfo.go.id/#faq
https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/perangkat-televisi
https://siarandigital.kominfo.go.id/berita/tv-digital-cara-mengurangi-kiamat-internet
https://siarandigital.kominfo.go.id/berita/sejumlah-manfaat-beralih-ke-tv-digital
instagram.com/siarandigitalindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Banner