cap go meh di singkawang
Pasti ke Singkawang

Pertama Kali Nonton Cap Go Meh Singkawang? Ini Tips Pentingnya

Cap Go Meh Singkawang, atau dikenal dengan perayaan hari kelima belas Tahun Baru Imlek di Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Festival Cap Go Meh Singkawang bahkan sudah masuk dalam Top 100 Calender of Event (CoE) Kementerian Pariwisata. Tepatnya pada perayaan Cap Go Meh di Singkawang 2019 yang digelar tanggal 3 Februari hingga 20 Februari 2019 lalu. Salah satu keunikan dari festival Cap Go Meh adalah atraksi Tatung. Mereka ada yang duduk saja dengan tatapan kosong, dengan kakinya menginjak bilah pedang yang sangat tajam diletakkan di tandu. Ada juga Tatung yang melalukan atraksi ekstrem seperti berdiri di atas tandu sambil menginjak tombak, menusukkan pedang ke pipi, lengan dan perut, menancapkan besi tajam menembus kedua pipinya. Cukup..cukup.. tidak usah dibayangkan. Penasaran? Nonton aja langsung di Singkawang ya. Buat yang Pertama Kali Nonton Cap Go Meh Singkawang? Ini Tips Pentingnya.

Tatung Cap Go Meh Singkawang Berbagai Etnis

Meskipun festival Cap Go Meh di Singkawang merupakan perayaan hari raya umat Tionghoa di Singkawang para Tatung ini hadir dari berbagai etnis. Seperti etnis Tionghoa sendiri, Dayak, dan Melayu. Pada festival Cap Go Meh Singkawang 2019 lalu, pawai diikuti 1060 orang Tatung (orang sebagai media untuk dirasuki roh leluhur). Ada peningkatan dibandingkan festival Cap Go Meh Singkawang 2018 sebanyak 1038 orang. Wah, banyak ya.. Mau menonton atraksi ini, tentu butuh tips khusus. Kali ini aku bagikan beberapa tips penting menonton pawai Tatung di Cap Go Meh Singkawang 2020 nanti.

Tips Penting Nonton Atraksi Pawai Tatung

1. Pahami Dahulu Makna Ritual Tatung
Sebelum Tatung melakukan atraksi turun ke jalan mereka akan melakukan ritual tertentu yang disebut dengan prosesi ritual tolak bala. Biasanya prosesi ini dilakukan satu hari sebelum pawai. Buat teman-teman yang pertama kali nonton festival ini aku rekomendasikan untuk melihat prosesi ini untuk memahami makna ritual Tatung. Satu hari sebelum dilaksanakannya pawai, biasanya para Tatung akan berkeliling di jalan-jalan utama Kota Singkawang untuk melakukan ritual tolak bala.

tradisi cuci jalan tatung

2. Gunakan OOTD yang Simpel
Perayaan Festival Cap Go Meh di Singkawang menarik perhatian seluruh dunia. Karena itu pada saat perayaan puncak festival yaitu pawai Tatung Kota Singkawang bagaikan lautan manusia. Lengkap dengan cuaca yang cukup hot alias panas. Gunakanlah OOTD yang simpel agar teman-teman tetap merasa nyaman menonton Tatung. Aku kasih rekomendasi 7 Produk untuk Tampil Simpel bagi Wanita khususnya. Tapi kaum pria juga bisa menyesuaikan kok.

3. Nonton dengan Tenang
Pada saat menonton pawai Tatung duduklah dengan tenang. Tentunya jika teman-teman sudah memiliki tiket untuk menonton pawai Tatung di lokasi yang sudah ditentukan. Bagaimana kalau tidak memiliki tiket? Tenang, teman-teman bisa menonton di rute Cap Go Meh Singkawang 2020 yang sudah diatur panitia. Untuk pertama kali melihat atraksi Tatung biasanya teman-teman akan kaget, tapi tetaplah tenang. Para Tatung tidak akan mengganggu penonton.

cap go meh singkawang 2020

4. Menjaga Jarak dengan Tatung
Pada saat melakukan atraksi para Tatung terkadang melakukan adegan berbahaya. Seperti yang saya tuliskan di awal tadi. Tetaplah jaga jarak teman-teman. Tidak jarang para Tatung melakukan atraksi adegan berbahaya. Mereka akan memakai senjata tajam. Panitia CGM Singkawang umumnya menyediakan batas khusus antara penonton dengan Tatung, carilah bagian atau sudut yang aman agar teman-teman terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.

perayaan cap go meh di singkawang

5. Mentaati peraturan yang ada
Ini part yang paling penting. Mentaati peraturan yang berlaku sudah menjadi kewajiban kita dimanapun tempatnya. Peraturan dibuat oleh panitia penyelenggara agar atraksi pawai Tatung berjalan dengan baik. Demi keamanan dan keselamatan kita semua.

Usahakan agar tidak terlalu berlebihan saat mengambil foto dan atau video. Tidak jarang demi mendapatkan angle tertentu penonton bisa menutupi penonton lain dengan kamera atau smartphonenya. Cobalah sekiranya mengambil foto dan video yang tidak menutupi penonton lainnya. Jika memiliki kamera yang dapat menangkap gambar dengan kualitas tinggi jarak jauh, teman-teman bisa membawanya untuk mengabadikan momen.

Sebagai contoh, jika sedang menyaksikan atraksi saat Tatung menusukkan pedang ke bagian tubuhnya. Teman-teman diharapkan menjauh dari Tatung tersebut. Jangan dengan spontan berdiri untuk mengambil foto, namun cukup duduk di tempat atau pergi ke tempat yang tidak menghalangi penonton lainnya.

Sekian tips dari aku buat kamu yang Pertama Kali Nonton Cap Go Meh di Singkawang. Catat jadwal Cap Go Meh Singkawang 2020 yakni 8 Februari 2020 di Singkawang, Kalimantan Barat. Sampai ketemu ya.

Paket Tour Cap Go Meh Singkawang :
Amazing Singkawang
Hubungi kami
call/WA : 0896 6666 4100

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner