pekan gawai dayak kalimantan barat 2017
Wisata Budaya

Gawai Dayak Kalimantan Barat di Kota Pontianak

Gawai Dayak Kalbar – Untuk pertama kalinya aku mengunjungi salah satu acara budaya di Kalbar yaitu Pekan Gawai Dayak Kalimantan Barat 2017 di Kota Pontianak. Seperti  halnya Festival Cap Go Meh di Singkawang, Pekan Gawai Dayak digelar meriah dan  sarat budaya. Aku bersama salah satu sahabat Travel Blogger Siti Mustiani mengunjungi pembukaan acara ini pada Hari Sabtu, 20 Mei 2017 di Rumah Radakng, Pontianak.

Pengertian Gawai Dayak

Gawai Dayak adalah sebuah hari perayaan yang diadakan rutin  setiap tahunnya karena merupakan wujud rasa syukur setelah masa panen. Yang menampilkan berbagai bentuk budaya tradisional seperti upacara adat, tari-tarian, berbagai macam lomba, dan pameran kerajinan yang juga bernuansa tradisional.

pekan gawai dayak kalimantan barat 2017

Rumah Radakng

pekan_gawai_dayak_kalimantan_barat_2017_rumah_radangk

Rumah Radakng, Pontianak

Setibanya kami di Rumah Radakng sudah ramai dipenuhi pengunjung dan peserta karnaval yang akan turun ke jalan. Meskipun acara sudah dimulai, kami masih sempat mendengarkan Bapak Gubernur Kalimantan Barat Drs. Cornelis M.H. menyampaikan kata sambutannya. Dalam  sambutannya Gubernur Kalimantan Barat berharap agar acara Pekan Gawai Dayak yang ke-32 kalinya ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Beliau juga mengucapkan salam :

“Adil Ka’ Talino, Bacuramin Ka’ Saruga, Basengat Ka’ Jubata”

Dan menjelaskan arti dari salam tersebut. Adil artinya Bersikap Adil, Ka’ Talino artinya kepada sesama manusia. Bacuramin artinya bercermin, Ka’ Saruga artinya ke Surga. Basengat artinya bernapas atau hidup Ka’ Jubata artinya kepada Tuhan.

pekan_gawai_dayak_kalimantan_barat_2017_kata_sambutan_gubernur_kalbar

Kata sambutan dari Gubernur Kalimantan Barat

Budaya Tradisional di Pekan Gawai Dayak Kalimantan Barat ke 32

Setelah itu, kami berkeliling Rumah Radakng yang merupakan rumah adat suku Dayak di Pontianak. Para peserta karnaval dengan kostum yang didominasi warna merah karena menggunakan pakaian adat dan atribut suku Dayak memenuhi lantai dua Rumah Radakng. Semuanya unik dan indah membuat aku kagum dan bangga akan keberagaman budaya Indonesia.

pekan_gawai_dayak_kalimantan_barat_2017_peserta_karnaval

para peserta karnaval Pekan Gawai Dayak sedang bersiap

Acara Pekan Gawai Dayak Kalimantan Barat ini digelar selama tujuh hari dimulai Tanggal 20 hingga 27 Mei 2017.

pekan gawai dayak kalbar 2017

melihat lebih dekat

Setiap harinya selalu ada suguhan acara menarik yang telah disiapkan panitia penyelenggara. Rasanya aku ingin mengikuti acaranya sampai selesai tapi karena keterbatasan waktu aku hanya bisa mengunjungi acara ini pada saat pembukaan saja.

pekan_gawai_dayak_kalimantan_barat_2017_peserta_karnaval2

cantik-cantiknya mereka 🙂

Seperti biasa naluri ke-narsis-an  ku pun muncul haha.. belum lengkap kalau belum foto bareng  peserta karnaval. Dengan modal senyum juga pede aku dan Siti berhasil mengabadikan momen bersama mereka dan inilah hasil narsis kami hehe..

pekan gawai dayak kalimantan barat 2017

foto bersama peserta karnaval dengan pakaian adat

pekan gawai dayak kalbar 2017

momen langka

Pekan Gawai Dayak Kalimantan Barat 2017

so awesome..

kita berdua juga harus selfie dong hihii 🙂

Tidak hanya karnaval dan sederet acara lainnya, Pekan Gawai Dayak ini juga diisi dengan pameran berupa barang-barang khas budaya Dayak seperti kerajinan tangan dan kreatifitas lainnya dari masing masing kota dan kabupaten di Kalimantan Barat. Masing-masing stand memamerkan produk hasil kerajinan tangan mereka. Banyak barang barang unik dan cantik yang dipamerkan. Harganya pun beragam untuk gelang berkisar antara Rp 20.000 – Rp 50.000, untuk gantungan kunci Rp 15.000 – Rp 25.000. Aku dan Siti tertarik dengan ikat kepala dengan motif tradisional seperti biasa warna favoritku hijau aku memilih warna hijau dan Siti warna merah muda.

pameran pekan gawai dayak kalbar 2017

Stand Tenun Ikat Dayak Sintang

kain tradisional pekan gawai dayak kalbar 2017

kainnya lembut dan cantik

Ikat kepala seperti ini harganya berkisar Rp 35.000 – Rp 70.000 tergantung motifnya.

pameran pekan gawai dayak kalbar 2017

Berbagai macam gelang dengan khas manik manik

pameran pekan gawai dayak kalbar 2017

Aneka gantungan kunci

pameran pekan gawai dayak kalbar 2017

Aneka kalung etnik

pameran pekan gawai dayak kalbar 2017

Nuansa manik manik yang berwarna warni

pameran pekan gawai dayak kalbar 2017

Aneka tas

pameran pekan gawai dayak kalbar 2017

Anyaman

pameran pekan gawai dayak kalbar 2017

Gelang gelang

Dan masih banyak lagi pernak pernik kerajinan tangan khas tradisional di pameran Gawai Dayak Kalimantan Barat. Ayo teman-teman,  mumpung masih ada waktu kunjungi Pekan Gawai Dayak Kalimantan Barat ke 32 di Rumah Radakng Pontianak. Cerita lainnya baca di blognya Siti Mustiani ya di sitimustiani.com.

Vlog menyusul 😀
Selamat berkunjung.
Salam muter-muter
Share dan like kalau kamu senang dengan tulisan ini.
#BloggerSingkawang

Terima kasih.

Maps

This Post Has 4 Comments

  1. Dwi Wahyudi Reply

    Masih belum sempat datang, tapi ga papa karena lewat tulisan ini udah bisa tahu bagaimana kondisi di lokasinya. Thanks udah sharing ya Kak…

    • multishan Reply

      Mampirlah Abang.. Kalau ke acara2nya Multi dak datang. Tapi datang ke pembukaanya aja udah puas kok hehe.. Sama sama Bang..

  2. Putri Reply

    Makasi share nya ya.. mau tanya dunk kalau mau beli gelang kaki yang kerincing untuk dipakai tari dimana ya? Dipakainya hanya satu kaki atau dua kaki ya? terima kasih infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner