Gong Perdamaian Nusantara di Singkawang (GPN)

Gong Perdamaian Nusantara di Singkawang – Pernahkah kamu mendengar tentang gong perdamaian? Ya, ada Gong Perdamaian Dunia (World Peace Gong) dan Gong Perdamaian Nusantara. Kali ini aku ingin menceritakan sedikit sebuah gong yang istimewa yang ada di kotaku tercinta Singkawang yaitu Gong Perdamaian Nusantara.

Apa itu Gong Perdamaian?

Menurut Wikipedia : Gong Perdamaian Dunia adalah sebuah gong yang merupakan sebagai simbol perdamaian dunia. Gong Perdamaian Dunia telah ditempatkan di beberapa daerah yaitu Bali, Ambon, Palu, dll. Tujuan Gong Perdamaian Dunia adalah supaya tidak ada lagi perang, konflik sara, terorisme, dll. Museum Gong Perdamaian Dunia terdapat di Jepara tepatnya di Desa Plajan, Museum ini diresmikan oleh Mentri PU.

Gong Perdamaian Nusantara di Indonesia

Semboyan Bhineka Tunggal Ika mengajarkan kita bahwa sebenarnya perbedaan itu indah, perbedaan agama, suku, budaya, hingga pemikiran bukanlah  hambatan bagi kita, tetapi bisa menjadi alat pemersatu bangsa. Gong Perdamaian Nusantara juga sebagai simbol perdamaian bangsa Indonesia. Menurut beberapa sumber, berikut nama-nama kota di Indonesia yang terdapat Gong Perdamaian Dunia dan Gong Perdamaian Nusantara.

Gong Perdamaian Dunia di Plajan, Jepara, Jawa Tengah
Gong Perdamaian Dunia di Ciamis, Jawa Barat
Gong Perdamaian Dunia di Ambon, Maluku
Gong Perdamaian Dunia di Blitar, Jawa Timur

Gong Perdamaian Nusantara di Yogyakarta
Gong Perdamaian Nusantara di Kupang, Nusa Tenggara Timur
Gong Perdamaian Nusantara di Singkawang, Kalimantan Barat
Gong Perdamaian Nusantara di Palu, Sulawesi Tengah

Karakteristik Gong Perdamaian Nusantara

Kalau teman-teman memperhatikan lebih dekat ada beberapa  karakteristik Gong Perdamaian Nusantara seperti berikut :

gong perdamaian nusantara di singkawang dan ini karakteristiknya
Gong Perdamaian Nusantara

Pada Bagian lapisan lingkaran Terluar GPN menampilkan logo Kota dan Kabupaten di seluruh Indonesia, menggambarkan dukungan gerakan perdamaian seluruh masyakarat Indonesia.

logo kota singkawang di gong perdamaian nusantara
Logo Kota Singkawang di Gong Perdamaian Nusantara di Singkawang

Pada bagian lapisan Tengah menampilkan logo 33 Provinsi di Indonesia.

logo provinsi kalbar di gong perdamaian nusantara
Logo Provinsi Kalimantan Barat di Gong Perdamaian Nusantara di Singkawang

Pada bagian lapisan Dalam terdapat tulisan “GONG PERDAMAIAN NUSANTARA”, yang merupakan simbol perdamaian masyarakat Indonesia dan tulisan “SARANA PERSAUDARAAN DAN PEMERSATU BANGSA” .Juga terdapat gambar bunga di kiri dan kanan.

tulisan gong perdamaian nusantara
Tulisan “GONG PERDAMAIAN NUSANTARA, SARANA PERSAUDARAAN DAN PEMERSATU BANGSA”

Pada bagian lapisan Inti terdapat lima simbol Agama yang diakui di Indonesia yaitu Islam, Kristen, Katolik, Buddha, Hindu dan Konghuchu.

Pada bagian lapisan Terdepan yaitu bagian yang menonjol keluar terdapat gambar pulau di Indonesia sebagai simbol wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Gambar Pulau di Indonesia di Gong Perdamaian Nusantara

Gong Perdamaian Nusantara di Singkawang

Gong Perdamaian Nusantara di Singkawang terletak di kawasan Kantor Walikota Singkawang, Jalan Firdaus No.1 Singkawang. Teman-teman bisa mengunjungi gong ini dengan tidak dikenakan biaya apapun tentunya minta ijin dulu dengan security  yang menjaga Kantor Walikota Singkawang ya..

Penyerahan Simbol perdamaian ini oleh Presiden Komite Perdamaian Dunia, Djuyoto Suntani kepada Wali Kota Singkawang, Hasan Karman, Selasa (19/6/2012) di Kawasan Gong Perdamaian Dunia, Gunung Muria, Desa Plajan, Pakis Aji, Jepara, Jawa Tengah.
(sumber : http://pontianak.tribunnews.com/2012/06/19/hk-terima-langsung-gong-perdamaian-nusantara)

gong perdamaian nusantara di singkawang
Berdiri dengan perasaan damai di samping Gong Perdamaian Nusantara di Singkawang

Gong Perdamaian Nusantara sebagai simbol semangat perdamaian dalam kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) . Di Kota Singkawang memiliki keragaman suku dan budaya yang hidup berdampingan dengan damai. Jika teman-teman berkunjung ke Singkawang teman-teman tidak hanya disuguhkan dengan objek wisata yang ada di Singkawang, tetapi juga beragamnya wisata budaya seperti Festival Cap Go Meh Singkawang, Pekan Gawai Dayak (Naik Dango), Festival Seni Budaya Melayu dan lain-lain.

gong perdamaian nusantara
Gong Perdamaian Nusantara (GPN)

Aku udah ke sini, kamu kapan?

Selamat berkunjung.
Salam muter-muter
Share dan like kalau kamu senang dengan tulisan ini.
#BloggerSingkawang
#PastikeSingkawang

Terima kasih.

Leave a Reply