Mempawah Mangrove Park: Hutan Mangrove Yang Mempesona

Waktu kita masih duduk dibangku sekolah kita pasti pernah mendengar tentang tanaman yang mampu mencegah erosi dan abrasi pantai yaitu mangrove atau bakau yang biasa disebut Hutan Mangrove atau Hutan Bakau. Hutan Mangrove memiliki akar yang efisien dalam melindungi tanah di wilayah pesisir, sehingga dapat menjadi pelindung pengikisan tanah akibat air. Di Mempawah sendiri terdapat sebuah taman konservasi mangrove yaitu Mempawah Mangrove Park yang telah berubah menjadi tempat wisata alam dan edukasi yang menyegarkan.

mempawah mangrove park
Mempawah Mangrove Park

Sekilas tentang Mempawah Mangrove Park

Lokasi Mempawah Mangrove Park  terletak di Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat. Tepatnya di sebelah Taman Makam Pahlawan Mempawah. Jika teman-teman menggunakan kendaraan motor teman-teman bisa memarkirkan kendaraan tidak jauh dari lokasi taman, namun jika teman-teman menggunakan kendaraan mobil teman-teman bisa memarkirkan kendaraan di depan Taman Makam Pahlawan Mempawah dan selanjutnya berjalan kaki sedikit menuju Taman Hutan Mangrove. Dari Kota Singkawang waktu tempuh kurang lebih satu setengah jam perjalanan.

Pengunjung bisa mengelilingi Hutan Mangrove  Mempawah ini dengan berjalan kaki di jalan setapak yang terbuat dari kayu yang di cat warna warni cantik. Jika lelah berjalan kaki di taman ini juga disediakan fasilitas tempat duduk untuk bersantai menikmati segarnya hutan mangrove.

Jalan Setapak berwarna warni di Mempawah Mangrove Park

Di Mempawah Mangrove Park ini juga rutin mengadakan kegiatan penanaman pohon mangrove dan mengundang banyak volunteer  untuk ikut berpartisipasi menanam pohon mangrove. Teman-teman bisa baca di artikelku sebelumnya Keliling Mempawah Satu Hari Bersama Leppami Singkawang .

Jalur setapak Mempawah Mangrove Park

Mempawah Mangrove Park sangat cocok dikunjungi bersama keluarga, teman se-genk, sahabat atau komunitas. Udara yang segar, angin sepoi-sepoi, ditambah pemandangan pantai dan pulau-pulau terdekat akan membuat kita nyaman berada di taman ini. Selain itu kita juga bisa belajar banyak hal tentang pohon mangrove karena disetiap titik terdapat papan informasi dan keterangan tentang Mempawah Mangrove Park. Ohya, teman-teman juga bisa menyeberang ke pulau-pulau terdekat loh.. salah satunya Pulau Penibung dengan Rp 30.000 teman-teman bisa mengunjungi pulau.

Buat teman-teman penggemar sunset, di Hutan Mangrove Mempawah ini juga memiliki pemandangan sunset  yang eksotis tapi sayangnya aku belum pernah pergi ke tempat ini di sore hari. Teman-teman bisa lihat di blog temanku Siti Mustiani www.sitimustiani.com ada foto sunset cantik di Mempawah Mangrove Park di sana.

Fasilitas Wisata di Mempawah Mangrove Park

Mempawah Mangrove Park memiliki fasilitas yang lengkap sebagai tempat wisata bersama keluarga seperti Rumah Mangrove, Toilet, Tempat Pembibitan, Sunset Bridge dan lain-lain.

fasilitas mempawah mangrove park
Fasilitas Mempawah Mangrove Park
Papan Informasi Mempawah Mangrove Park
Salah satu spot instagramable yang hits di Mempawah Mangrove Park

Sebagai penyuka warna hijau dan alam aku senang berkunjung ke taman ini, bagaimana dengan teman-teman?

Selamat berkunjung.
Salam muter-muter
Share dan like kalau kamu senang dengan tulisan ini.
#BloggerSingkawang

1 Comment

  1. Raja Fajar

    July 14, 2017 at 1:19 am

    #mempawahmangrovepar
    #mempawahtourism
    #wonderfulmempawah

Leave a Reply