IKBS Singkawang dan Sepak Terjangnya Selama 2 Tahun

IKBS SingkawangIKBS singkatan dari Inspirasi Kreativitas Biak Singkawang dari Kota Singkawang dan sekitarnya merupakan sebuah komunitas anak muda kreatif di Singkawang. Komunitas ini juga terbuka untuk seluruh pemuda/i di Kota Singkawang tanpa memandang perbedaan SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan).

Mengenal IKBS Singkawang

Inspirasi Kreativitas Biak Singkawang berdiri pada tanggal 1 Agustus 2015, dan sebentar lagi usia komunitas IKBS menginjak usia dua tahun. Tujuan IKBS dibentuk adalah untuk membangun dan mengembangkan pola komunikasi pemuda-pemudi Kota Singkawang melalui inspirasi dan kreativitas dibidang sosial budaya yang mampu memberikan solusi hasil pemikiran-pemikiran dan ikut serta dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat.

ikbs singkawang flashback
Logo IKBS yang baru

Logo IKBS Singkawang tidaklah hanya sebuah logo, namun memiliki arti seperti :

Tulisan Inspirasi Kreativitas Biak Singkawang, sebagai Identitas Organisasi.
Est dan 2015, Mununjukan tahun berdiri nya IKBS.
Lambang orang, Menunjukan generasi muda penuh semangat.
Lambang lingkaran, Menunjukan satu pemikiran, satu tindakan.
Warna Jingga, Menggambarkan kreativitas.
Warna Hitam, Menunjukan keterpihakan yg jelas pada isu sosial budaya.

Struktur Organisasi

Dari data terbaru yang saya dapatkan dari sumber berikut Struktur Organisai IKBS Singkawang :

Ketua : Ahmad Maulana
Ketua Umum yang bertugas untuk mengkoordinir semua departemen, sehingga semua program yang telah disepakati bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Sekretaris : Pritha
Untuk menjalankan atau mengoperasikan organisasi secara efisien dan sistematis untuk mencapai tujuan tertentu diperlukan seorang sekretaris.

Bendahara : Nazira Dayana
Segala pembiayaan organisasi dalam menjalankan program-programnya bersandar kepada kreativitas dan kemampuan anggota. Karena itu dibutuhkan sumber daya yang mampu mengelola keuangan organisasi yaitu seorang bendahara.

Kepala Departemen Organisasi : Roy Marendra
Departemen Organisasi mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan sumber daya manusia yang meliputi perencanaan kebutuhan, pengembangan sistem manajemen sumber daya manusia, perencanaan dan pelaksanaan pengembangan potensi dan kapasitas anggota sehingga dapat memajukan organisasi baik secara kuantitas dan kualitas.

Kepala Dep. Komunikasi Informasi : Wira Anugrah
Departemen Komunikasi dan Informasi berfungsi untuk menjalin hubungan interaksi anggota IKBS dalam membentuk dan membina hubungan antar lembaga pemerintahan, lembaga sosial, organisasi pemuda atau yang lainnya dalam tatanan komunikasi.

Kepala Dep. Pendidikan dan Propaganda : Icki
Pendidikan dan propaganda yang dimaksud adalah upaya meningkatkan dan menggali potensi anggota untuk membangun kesadaran anggota baik secara teori dan praktek agar dapat menjalankan roda kerja organisasi melalui kegiatan-kegiatan yang bersandarkan ilmu pengetahuan guna menciptakan anggota yang peduli dengan masalah sosial.

Kepala Dep. Pengabdian Kepada Masyarakat : Muhtadi
Pada bidang ini bertugas melaksanakan kegiatan – kegiatan yang mampu mengabdikan diri dan hasil dari pendidikan anggota serta menganalisis setiap permasalah sosial budaya yang dihadapai oleh masyarakat Kota Singkawang.

Kepala Dep. Kerohanian : Yie Albina
Pada departemen ini berperan dalam upaya peningkatan keimanan dan ketaqwaan anggota IKBS kepada sang pencipta dan dibentuk dalam kegiatan-kegiatan keagamaan.

Kegiatan yang telah dilakukan

Hampir menginjak usia dua tahun IKBS Singkawang telah banyak melakukan kegiatan positif dan bermanfaat untuk masyarakat Kota Singkawang. Saya sendiri telah mengenal IKBS sejak tahun 2015, namun saat itu belum ada rasa percaya diri untuk ikut bergabung di komunitas kreatif ini. Kemudian saya kembali dipertemukan dengan kegiatan IKBS dimana saya dan teman-teman yang tergabung dalam Blogger Singkawang juga komunitas lainnya pada acara penggalangan dana untuk adik WIDI.

Berikut kegiatan IKBS yang sangat menginspirasi saya dan semoga menjadi inspirasi juga bagi teman-teman khususnya anak muda kreatif di Singkawang.

Aksi bagi-bagi masker tahun 2015
Seperti kita tahu Kota Singkawang pernah mengalami kabut asap yang mengakibatkan masyarakat sulit bernafas apabila tidak menggunakan masker. Komunitas IKBS turun ke jalan membagikan masker bagi masyarakat Kota Singkawang.
Dokumentasi :

ikbs singkawang flashback ulang tahun
Kabut asap di Kota Singkawang
ikbs singkawang kegiatan
#singkawangmelawanasap
ikbs pengumuman
Makasih ya Abang… sekarang aku bisa bernafas dengan lega

Peduli Hari Aids Sedunia
Memperingati Hari Aids Sedunia bulan Desember tahun 2015 yang lalu, bekerjasama dengan Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kota Singkawang menjadi kegiatan besar pertama Inspirasi Kreativitas Biak Singkawang.
Melalui kegiatan ini IKBS mulai belajar tampil di tengah masyarakat dan komunitas  yang ada di Kota Singkawang.
Dokumentasi :

ikbs singkawang
Memperingati Hari Aids Sedunia
Mengikuti Seminar
ikbs singkawang di hari aids sedunia
Kebersaman anggota IKBS Singkawang

Berbagi kebahagiaan dengan adik-adik Panti Asuhan Abigail
Oleh karena IKBS adalah organisasi pemuda yang tidak membedakan Agama dan suku.
Kami berkumpul sebagai perantara masyarakat untuk berbagi kasih dengan adik-adik Panti Asuhan Abigail Singkawang
Dokumentasi :

ikbs merayakan natal bersama
Tari-tarian

Tepat tanggal 3 Januari 2016 atas dukungan teman-teman yang sangat menginginkan Inspirasi Kreativitas Biak Singkawang tetap terus ada maka dilaksanakan konferensi 1 IKBS di kantor PKBI Singkawang yang dihadiri 27 anggota yang mana pada konferensi ini ditetapkan aturan, perubahan logo, dan penetapan struktur pimpinan selama 2 tahun kedepan. Sehingga IKBS tetapkan sebagai organisasi pemuda yang bergerak di bidang sosial budaya. Inspirasi artinya Ide sedangkan kreativitas artinya tindakan. Sehingga pimpinan akan membantu mengarahkan dan memimpin anggota untuk mewujudkan aspirasi yang telah disepakati selama kegiatan itu positif dan bermanfaat untuk masyarakat.
Dokumentasi :

ikbs singkawang dan sepak terjangnya
Perubahan Logo IKBS Singkawang

“Kita Peduli Kita Beraksi”
Dengan mengusung tema “Kita Peduli Kita Beraksi” Inspirasi Kreativitas Biak Singkawang ingin mengulang sukses kegiatan sebelumnya dengan konsep dan jenis kegiatan yang berbeda.
Dalam memperingati Hari Bumi Sedunia bekerjasama dengan WWF IKBS membuat beberapa rangkaian kegiatan yaitu Lomba Menggambar Mewarnai tingkat TK/PA.
Dokumentasi :

dan masih banyak kegiatan lainnya, teman-teman bisa melihat dokumentasi lain di akun sosial media facebook dan instagram IKBS Singkawang.

IKBS Ulang Tahun

Dalam beberapa hari lagi Inspirasi Kreatifitas Biak Singkawang berulang tahun yang kedua. Setiap tahunnya untuk menyambut hari ulang tahun komunitas ini mengadakan berbagai macam lomba dan kegiatan. Pada ulang tahun yang kedua ini, IKBS mengadakan lomba street photography  dengan tema “Singkawang Tangah Hari”

Aku dan teman-teman Blogger Singkawang ikut berpartisipasi mengikuti lomba ini dan salah satu foto yang kami ikutsertakan dalam lomba masuk dalam 10 besar terbaik. Wah..senangnya 😀

ikbs proposal
10 besar foto terbaik

Berikut kita flashback  poster ulang tahun pertama dan kedua IKBS Singkawang.

IKBS 1st Anniversary
IKBS 2nd Anniversary

dan ini adalah undangan terbuka untuk muda-mudi Kota Singkawang dalam rangka ulang tahun IKBS yang kedua.

Ulang tahun yang kedua kali ini IKBS Singkawang mengundang teman-teman untuk datang :
Hari/Tanggal : Jumat, 28 Juli 2017
Tempat : Warkop Atek 46 Singkawang
Waktu : 19.30 s/d selesai
Dimeriahkan oleh : Dimiuw, Jonathan Sape’, Legato, Peter Answer, TWP (The World Problem), B.O.B Crew, Altune, dan Understanding Acoustic.
Juga akan mengumumkan pemenang Street Photography Competition.

Maps :

Selamat ulang tahun Inspirasi Kreativitas Biak Singkawang, jaya selalu, jadi inspirasi kreativitas di Kota Singkawang. Mari bersama kita tumbuhkan semangat kreatif bagi teman-teman yang ada di kota kita tercinta ini. Salam kreatif dan salam muter-muter keliling Singkawang ya…

(Sumber Foto : Sosial media IKBS Singkawang dan koleksi pribadi)
(Sumber Data : IKBS Singkawang)

Selamat berkunjung.
Salam muter-muter
Share dan like kalau kamu senang dengan tulisan ini.
#BloggerSingkawang
#IKBSSingkawang
#BiakSingkawang

1 Comment

  1. Bosni

    July 29, 2017 at 2:41 pm

    Selamat dan sukses selalu.
    Pasti ke Singkawang

Leave a Reply