kopi jujur
Info Menarik

Mengulik Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

Beberapa waktu yang lalu aku jalan-jalan mengunjungi temanku, Setra. Dia menyambutku dengan bahagia. “Aku mau tunjukin ke kamu tempat ngopi yang udah kayak surat kabar?” Kata Setra kepadaku. “Tempat ngopi seperti surat kabar?” tanyaku bingung. “Iya, semua yang duduk di sana ngopi sambil berbincang-bincang berbagai macam topik. Persis surat kabar”. “Apa aja diceritain, curhat jujur pokoknya. Jadi kalau mau cari informasi ter-update tentang kota ini ngopi aja disitu.” sambungnya lagi. Aku tersenyum, seraya mengingat bagaimana lingkungan pertemanan di kotaku sendiri yang akrab dengan budaya ngopi. Ya, kini kebiasaan kongkow kalau di sini bilangnya nyantai kurang lengkap jika tidak ditemani secangkir kopi. Selain menikmati rasa kopi yang nikmat, kegiatan ngumpul ini bisa juga sebagai ajang curhat dan cerita. Karena apa? Karena kopi itu jujur. Seperti kopi jujur, kopi asli tanpa campuran essen.

kopi jujur

Secangkir kopi untuk mengawali hari

Mengenal Budaya Ngopi

Dulu, setiap pagi aku melihat Bapak meminum kopi. Untuk penyemangat katanya. Sekarang aku melihat teman-teman di sekitarku gemar minum kopi. Sehari bisa tiga kali, bahkan ada yang lebih. Guna memunculkan ide-ide baru katanya.

Kutemui bermacam-macam alasan orang rajin minum kopi. Kalau aku sendiri?sama kayak Bapak, biar tambah semangat. Biaya ngopi bisa dibilang tidak murah. Kisaran harga kopi mulai dari Rp 6.000 – Rp 50.000 per-cangkirnya. Apasih kandungan kopi? mengapa orang-orang begitu menyukainya?

Mengulik Tentang Kopi

Menurutku kopi adalah minuman sejuta umat. Minuman berwarna hitam ini sangat terkenal dimana-mana. Baik orang tua atau anak muda senang minum kopi. Lalu sebenarnya apa itu kopi?

Minuman kopi berasal dari biji kopi. Biji kopi adalah biji dari tumbuhan kopi yang merupakan salah satu tanaman perkebunan. Pohon kopi menghasilkan buah yang disebut ceri kopi berwarna merah ketika matang dan siap panen. Jadi, kalau teman-teman melihat biji kopi berwarna hitam itu adalah biji kopi yang sudah disangrai ya.

anatomi buah kopi jujur

Struktur anatomi buah kopi
Source : ncausa.org

Keterangan :

  • Pericarp adalah bagian terluar dari buah kopi ceri, bagian ini mempunyai tiga lapisan yaitu Eksocarp (kulit), Mesocarp (lendir) dan Endocarp (perkamen).
  • Exocarp dapat juga disebut kulit yang melapisi bagian lapisan terluar dari buah biji kopi.
  • Mesocarp kadang disebut juga mucilage yaitu anggota berbentuk daging buah biji kopi berbentuk lendir.
  • Endocarp atau perkamen merupakan lapisan terdalam kulit kopi dan sebagai penutup yang menyelimuti biji kopi.
biji kopi jujur tanpa essen

Biji Kopi
Image by S. Hermann & F. Richter from Pixabay

Jenis-jenis Kopi

Setelah mengulik tentang kopi, aku menemukan ada banyak sekali jenis kopi. Supaya artikel ini gak terlalu panjang, di sini aku ambil dua jenis kopi yang paling umum tersedia.

1. Kopi Arabica (Coffee Arabica)
Kopi Arabika dipercaya berasal dari daerah Etiopia. Punya rasa yang asam dan relatif kental. Biji kopi arabika mengeluarkan aroma segar seperti buah blueberry, saat belum disangrai. Ketika sudah disangrai, kopi arabika mengeluarkan aroma wangi mulai dari bunga, buah hingga kacang-kacangan. Jumlah kafeinnya cenderung rendah. Kopi arabika juga dikatakan nyaman di lambung.

Bentuk Biji Kopi : memiliki bentuk biji sedikit memanjang dan agak pipih.
Daerah tumbuh : tumbuhnya tanaman kopi arabika adalah pada ketinggian 750-1500 dpl dengan suhu 15-18 derajat celcius.
Rasa dan aroma : punya varian aroma dan rasa yang sangat variatif. Kandungan gula cukup tinggi pada kopi arabika menjadikan kopi ini terasa manis dan asam. Rasa dan aroma yang bervariasi ini membuat kopi arabika disarankan untuk dinikmati tanpa tambahan gula, original aja.
Kandungan Kafein : memiliki kandungan kafein di kisaran 0,9-1,4 persen.

2. Kopi Robusta (Coffee Cannephora)
Kopi Robusta mengandung kafein yang cukup tinggi. Kafein yang pol ini membuat kopi robusta memiliki rasa yang agak pahit.

Bentuk Biji Kopi : bentuknya agak membulat dan terlihat padat. Tekstur biji Kopi Robusta lebih kasar jika dibandingkan biji Kopi Arabica.
Daerah Tumbuh : Tumbuh di ketinggian 400 sampai 1000 di bawah permukaan laut dengan suhu sekitar 18-24 derajat celcius.
Rasa dan Aroma : Rasanya lebih pahit, dengan tekstur lebih kasar.
Kandungan Kafein : Kafein pada kopi robusta ada di kisaran 1,8-4 persen.

Mengolah Kopi Mulai Dari Tanaman Hingga Menjadi Secangkir Kopi

Secangkir kopi yang biasanya kita nikmati itu memiliki proses yang sangat panjang. Mulai dari menanam, panen, pengolahan, hingga penyajian. Hanya kopi dengan kualitas terbaik yang tersaji di cangkir kita.

Umumnya, ada dua cara pengolahan buah kopi menjadi biji kopi. Proses kering dan proses basah namanya. Penting nih, buah kopi yang sudah dipanen harus segera diolah untuk mencegah terjadinya pembusukan buah.

Setelah kopi diproses baik dengan cara basah atau cara kering, dilanjutkan proses pengeringan. Lalu penggilingan, untuk menghilangkan lapisan perkamen (endocarp) dari kopi yang diproses dengan cara basah. Sedangkan yang diproses dengan cara kering, menghilangkan seluruh kulit kering exocarp, mesocarp dan endocarp dari kopi.

Kemudian biji kopi siap di roasting. Diproses inilah warna yang tadinya putih kehijau-hijauan menjadi cokelat. Selanjutnya proses penggilingan biji kopi sesuai selera. Seberapa kasar atau halus kopi digiling tergantung pada metode pembuatannya. Setelah itu kopi siap diseduh.

Nah, sekarang udah tahu kan bagaimana proses kopi mulai dari menanam sampai siap diminum. Hanya biji kopi pilihan yang didistribusikan dan siap dinikmati. Salah satunya kopi yang tersedia di Kopi Blockchain.

Apa itu Kopi Blockchain?

Memahami Kopi Blockchain

Bagi sebagian orang, nama Kopi Blockchainterdengar asing, belum familiar di telinga. Kopi Blockchain (KOPI) ​​adalah sistem digitalisasi komoditas kopi yang menggunakan teknologi blockchain pada Platform Ethereum. Hmm… makin bingung ya. Okeh, aku sederhanakan lagi.

Definisi Blockchain

KOPI BLOCKCHAIN terdiri dari dua kata kopi dan blockchain. Apa itu blockchain?. Blockchain merupakan sealur catatan data yang diatur oleh sekelompok komputer yang tidak dimiliki oleh satu entitas. Nah, masing-masing data ini atau disebut juga blok diamankan dan dipersatukan satu sama lain menggunakan tatanan kriptografi.

Kalau masih bingung tonton video ini deh :

Cara Kerja Blockchain

Ada tiga pilar teknologi blockchain yang membuatnya diakui di kalangan luas.

1. Desentralisasi

Melalui jaringan desentralisasi misalnya kamu ingin melakukan transaksi dengan pembeli, maka kamu dapat melakukannya secara langsung tanpa pihak ketiga.

2. Transparansi
Maksudnya adalah identitas seseorang dapat disembunyikan melalui kriptografi yang kompleks dan hanya diwakili oleh alamat publik mereka. Sebagai contoh kamu ingin melihat kembali transaksi seseorang. Kamu tidak akan lagi melihat “Ani mengirim 2 BTC”, tetapi kamu melihat “1NF1jhsGHjUccc8blFYTmvnT1TbuCr8NZJ mengirim 2 BTC”

Ini yang dinamakan transaksi Ethereum.

3. Tidak dapat diubah
Artinya setiap sesuatu dimasukkan ke dalam blockchain itu tidak dapat dirusak.

Ini karena fungsi hash kriptografis yang ada pada blockchain.

Lalu, bagaimana penerapannya bagi petani kopi jujur?

Penerapan Teknologi Blockchain Bagi Petani Kopi Jujur

Kuncinya adalah blockchain mampu menggantikan semua proses dan model bisnis yang membutuhkan biaya-biaya kecil untuk transaksi. Dapat dikatakan juga hanya transaksi antara dua belah pihak.

Contoh : sebuah perusahaan kopi mengambil biaya Rp 10.000 untuk setiap transaksi pembelian kopi di perusahaan mereka. Dengan teknologi blockchain ini, proses transaksi ini menjadi tanpa biaya atau gratis. Blockchain dapat memotong biaya perantara untuk proses transaksi.

Cara melakukan penukaran KOPI BLOCKCHAIN (KOPI)?
Kamu bisa menggunakan kartu debit, kartu kredit, atau bisa juga dengan penyelesaian Instan melalui transaksi menggunakan ETH melalui Exhange Cryptocurrency untuk dapat ditukar dengan KOPI BLOCKCHAIN (KOPI)

Kamu bisa mendapatkan Kopi Blockchain di :
1. Aplikasi Digital KOPI di Android/website

2. Aplikasi Platform Etherium di Android

3. Melalui penjual yang ditunjuk oleh manajer Situs

Pada sistem ini berisi data informasi untuk mengecek kualitas biji kopi dan ketersediaan kopi. Kopi Blockchain ​​akan memfasilitasi transparansi dan keandalan atau disebut kopi jujur.

KOPI dapat ditukar dengan kopi Robusta melalui The BENCOOLEN Coffee. Dari sistem ini memberikan harga kopi robusta secara transparan. Sehingga petani akan mendapat manfaat lebih baik dimana harga jual disesuaikan dengan kualitas kopi yang dihasilkannya. Tentu saja ini akan berdampak dalam meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia mulai dari provinsi Bengkulu yang membentang melalui Sumatera dan seluruh Indonesia.

Apa keuntungan menyimpan Kopi Blockchain (KOPI) ?

  • Memudahkan untuk berdagang kopi robusta
  • Memberikan diskon harga untuk pembeli kopi
  • Mengurangi biaya inventori untuk pengusaha kopi
  • Memudahkan  melacak untuk membeli kopi

Kopi Selalu Jujur

Kamu pecinta kopi jujur? Sudah pernah dengar BENCOOLEN Coffee?. Kopi jujur yang mempertahankan keaslian dan kemurniannya. No Essen.

The BENCOOLEN Coffee

Bencoolen Coffee merupakan nama brand kopi Bengkulu yang terus digaungkan oleh Bapak Gubernur Rohidin Mersyah. Brand Bencoolen Coffee berhasil membawa pulang penghargaan internasional Kopi Internasional AVPA (Agency for the Valorization of the Agricultural Products) – Prancis.

timeline kopi blockchain

Bencoolen Coffee di Kopi Blockchain

Kopi Jujur

Kata Jujur dalam Kopi Jujur memiliki makna kopi asli tanpa campuran essen, atau campuran lain. Gubernur Rohidin memberikan istilah Kopi Jujur untuk kopi Bengkulu. Menurut salah satu pegiat kopi Bengkulu, Rika Kurnia Ningsih, Gubernur Rohidin sudah berkomitmen atas tumbuh kembangnya pelaku kopi premium di Bengkulu.

“Istilah gubernur itu, kopi jujur. Kopi jujur itu kopi tanpa campuran apapun dan dikelola secara baik sesuai standar khususnya pasca panen,”

Pada Kejuaraan Kopi Internasional Agency for the Valorization of the Agricultural Products atau disingkat AVPA – Perancis. Kopi Bengkulu berhasil mendapatkan penghargaan internasional tersebut yaitu Bencoolen Rejang Lebong, Bermani Coffee Rejang Lebong, dan Bencoolen Kepahiang. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Presiden AVPA, Philippe Juglar, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Serpong, Tangerang pada 16 Oktober 2019 silam.

Mengetahui Definisi Essen

Ada berbagai macam jenis essen, di sini saya persempit mengulas tentang essen kopi. Essen kopi merupakan bentuk kopi pekat yang dibuat dengan cara merendam ampas dalam air mendidih, lalu disaring. Karena essen kopi memiliki rasa yang lebih kuat daripada kopi yang diseduh. Metode ini menghasilkan berbagai jenis minuman kopi dan berguna untuk berbagai jenis makanan seperti es krim, susu, kue, muffin, milkshake, dan makanan lain yang membutuhkan citarasa kopi.

Ciri-ciri Kopi Dengan Campuran Essen

Essen biasanya tersedia dalam dua jenis yakni : essen kopi arabika dan robusta. Kedua essen ini dibuat dari kopi lokal Indonesia. Perlu kita ketahui, essen ini tidak mengandung kafein sama sekali. Bayangkan kalau kopi dicampur Essen, aromanya memang kuat tapi tentu ini mengurangi rasa kopi asli itu sendiri.

Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

Seperti yang dikatakan Gubernur Bengkulu Bapak Rohidin, Kopi Jujur menghadirkan kopi asli tanpa campuran essen. Ini akan membuat rasa kopi lebih nikmat. Bencoolen Coffee yang telah memenangkan kompetisi kopi internasional membuktikannya.

Kopi Jujur Lawan Corona

Saat ini kita menghadapi masa-masa sulit di tengah wabah COVID-19. Kopi Jujur mengajak seluruh komunitas kopi, barista di Indonesia, pengusaha, influencer millenial, blogger, youtuber, selebgram, public figur serta seluruh masyarakat luas. Mari kita dukung Kopi jujur dalam Aksi Satu Juta cup KOPI JUJUR Gratis. 

Aksi ini juga menyasar pengemudi ojek, supir taksi serta buruh lepas di kawasan Jakarta.

Caranya mudah, cukup bantu share, like, support penyebarluasan informasi kegiatan. Informasi kegiatan selengkapnya di website Kopi Jujur.

Aksi Satu Juta cup KOPI JUJUR Gratis

Aksi ini akan dilakukan selama 2 bulan terhitung dari tanggal 30 Maret 2020 sampai dengan 30 Mei 2020.

Bencoolen coffee turut memberikan dukungan awal 10.000 cup Kopi Jujur berupa Kopi Tubruk 100% Fine Robusta Asli, Kopi Filter, Kopi Jahe, Tenaga Barista dan peralatan kopi lengkap untuk 8 rumah sakit rujukan di Jakarta. Namun, tidak hanya di rumah sakit. Kopi Jujur juga memberikan kopi, roti, dan masker kepada pengemudi ojek online, supir taksi serta buruh lepas di beberapa titik kawasan Jakarta.

Dukungan lain dibutuhkan saat ini menuju 1 juta cup Kopi Jujur yaitu Tenaga Barista Pejuang, Peralatan Kopi, pendukung lainnya seperti kopi, gula sachet, hot paper cup, stirer, tenaga, roti, masker dan kendaraan untuk logistik, serta sembako.

Jika kamu tertarik menjadi relawan dalam Aksi Satu Juta cup KOPI JUJUR Gratis. Caranya buka website kopijujur.id lalu klik “Daftar” kemudian isi data lengkap.

Donasi bisa dikirimkan ke :

REKENING DONASI :
Rekening BCA
a/n PT. Cybers Global Indonesia
No rekening : 5045113245
DONATUR PAKET PER 100 CUP SENILAI RP. 250.000 DAN KELIPATAN NYA
( HARAP MENCANTUMKAN NAMA DONATUR DAN NOMOR HANDPHONE PADA BERITA TRANSFER )
KONTAK PERSON: YULIANTI AGUSTINA
PHONE : 082377761888
EMAIL : BENCOOLENCOFFEE16@GMAIL.COM

atau melalui :

donasi #kopijujurlawancorona

https://benihbaik.com/campaign/aksisatujutacupkopijujurgratisuntuktenagamedis

donasi kopi jujur lawan covid-19

http://kitabisa.com/kopijujurlawancorona

Aktivitas Bersama Kopi Jujur

Pada tanggal 15 April 2020 lalu, Aksi 1 Juta Cup Kopi Jujur menyalurkan donasi berupa 125 cup kopi, 125 cup jahe merah gula aren serta roti 250 buah kepada staff Palang Merah Indonesia (PMI) serta pendonor di Kantor PMI Jakarta Pusat.

Kopi Jujur juga mengajak masyarakat Indonesia khususnya di wilayah Jakarta berpartisipasi dalam acara donasi darah untuk membantu Gerakan Donor Darah Palang Merah Indonesia yang dilaksanakan pada tanggal 20 April 2020 pukul 10.00 – 15.00 WIB di PMI Provinsi DKI Jakarta Jln Kramat Raya no 47 Jakarta Pusat.

Aktivitas lainnya, musisi dan pencipta lagu, Ferdy Tahier menciptakan Lagu Buka Hatimu Dunia. Kolaborasi bersama rekannya Lucky Widja sesama vokalis di Element Reunion. Mereka mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bernyanyi bersama dalam menyanyikan lagu tersebut untuk mendukung program Aksi 1 Juta Cup Kopi Jujur.

Ferdy Tahier bercerita tentang tema dari lagu ini adalah untuk membuka hati kita kepada sesama, salah satu penggalan lirik yaitu “Lihat mereka disana bekerja demi negara untuk keluarga dan Indonesia tak peduli lelah demi sesama”. Ini merupakan pesan agar kita senantiasa mengingat bahwa kita tidak sendiri dalam menghadapi wabah Covid 19.

aktivitas bersama kopi jujur

salah satu aktivitas bersama kopi jujur
source : kopijujur.id

Tujuan Aksi Satu Juta cup KOPI JUJUR Gratis

Tujuan aksi ini adalah mengajak seluruh komunitas kopi, barista di Indonesia, pengusaha, influencer millenial, blogger, youtuber, selebgram, public figur serta seluruh masyarakat luas. untuk mendukung aksi satu juta kopi gratis sebagai bentuk solidaritas dalam melawan wabah virus corona di Jakarta.

Bentuk atau Jenis Bantuan yang Didonasikan

Tenaga Barista Pejuang, Peralatan Kopi & pendukung lainnya seperti kopi, gula sachet , hot paper cup , stirer , tenaga dan kendaraan untuk logistik. Roti atau makanan berat lainnya. Masker untuk mencegah penularan penyebaran COVID 19. Serta donasi berupa uang atau bentuk lainnya untuk menunjang aksi ini.

kopi jujur

Video Kegiatan #kopijujurlawancorona

View this post on Instagram

Halo Sobat Kopi Jujur! Hari ini, kita menebar kebahagian loh, dimana ya? 🤔 . Dibanyak tempat! Ada posko PSBB, TNI di Rumah Sakit Wisma Atlet dan masyarakat terdampak seperti ojol, sopir dan PKL 😊 Disini kami memberikan support kepada berupa Masker, Kaos dan Roti untuk membantu stamina mereka ❤️ . Semoga tindakan baik kita dapat terus terlaksana ya! . Kalian juga dapat berdonasi dalam bentuk finansial ke Kopi Jujur ke ⬇️ 1.http://Kitabisa.com/kopijujurlawancorona 2. http://bit.ly/benihbaikkopijujur . Selain donasi, kalian juga bantu share, subscribe, like dan comment semua linimasa kami ⬇️ Twitter : kopi_jujur FB : Kopi Jujur Instagram : Kopi Jujur YouTube : Kopi Jujur . Kami percaya tidak ada perbuatan kecil yang sia-sia, Mari kita bangkit bersama! . #kopijujurlawancorona #kopijujur #aksibaik

A post shared by KOPI JUJUR (@kopijujur) on

View this post on Instagram

Halo Sobat Kopi Jujur! Hari ini, kita menebar kebahagian loh, dimana ya? 🤔 . Kami datang ke PMI Provinsi DKI Jakarta. Disini kami memberikan support kepada pendonor berupa Kopi + Gula Aren + Jahe, Roti dan Masker untuk membantu stamina bapak dan ibu pendonor darah kita. Masa begadang aja minum kopi, trus yang ini engga ? Hihihi ❤️ Semoga tindakan baik kita dapat terus terlaksana ya! . Kalian juga dapat berdonasi dalam bentuk finansial ke Kopi Jujur ke ⬇️ 1.http://Kitabisa.com/kopijujurlawancorona 2. http://bit.ly/benihbaikkopijujur . Selain donasi, kalian juga bantu share, subscribe, like dan comment semua linimasa kami ⬇️ Twitter : kopi_jujur FB : Kopi Jujur Instagram : Kopi Jujur YouTube : Kopi Jujur . Kami percaya tidak ada perbuatan kecil yang sia-sia, Mari kita bangkit bersama! . #kopijujurlawancorona #kopijujur #aksibaik

A post shared by KOPI JUJUR (@kopijujur) on

Kopi Lebih Jujur

Kopi selalu jujur. Setidaknya kopi lebih jujur dari ucapan mantan yang bilang berjanji setia.

Buat nemenin ngopi hari ini, aku sajikan quotes tentang kopi :

Barangkali, Tuhan menciptakan kopi di bumi ini, agar kita semua tidak sendirian dalam menikmati kepahitan. (Ilham Gunawan)

Pahit kopi maniskan hidupku (Iwan Esjepe)

Di dalam secangkir kopi yang nikmat, terdapat air putih yang sehat.(Iwan Esjepe)

Kesimpulan

Jadilah jujur seperti kopi. Meski pahit namun indah seperti aroma kopi jujur kopi asli tanpa campuran essen. Jadilah pemberi untuk mereka yang saat ini berjuang di garda terdepan melawan virus corona. Mari bersama #kopijujurlawancorona

Referensi :
www.blog.ruangguru.com/4-jenis-biji-kopi-terkenal-di-dunia
www.food.detik.com/info-kuliner/d-4229894/ini-5-perbedaan-kopi-arabika-dan-robusta-suka-yang-mana
www.progres.id/pemerintahan/bencoolen-coffee-raih-3-penghargaan.html
www.kopijujur.id/

This Post Has 10 Comments

  1. Catatan Charis Reply

    Kalau bicara yang jujur-jujur memang nikmat rasanya, walau terkadang di awal terasa pahit. Seperti kopi jujur memang terasa agak pahit, tetap rasanya enak. Apalagi kopi asli tanpa campuran essen. Sukses terus

  2. Rulfhi Alimudin Reply

    Kopi Nusantara emang terbaik

  3. Mengenal Bengkayang Reply

    Terimakasih kk atas informasi tentang kopi jujur. Kopi jujur sama ya kaya kejujuran hati, kalau kopi. Kopi jujur kopi asli tanpa campuran essen. Tapi kalau hati, tiada dusta diantara kita kayanya ya, hehehe

  4. johan cendono Reply

    owh jadi seperti itu ya ciri-ciri kopi dengan campuran essen

  5. Robby Jungjunan Reply

    Congrats kak multi, mantap bisa kokoh di puncak. Konten dan seo ny terbaik

  6. Arif SW Reply

    Sempet nyobain kopi jujur, beneran manteb sih. Saya yg bukan penikmat kopi, jadi doyan. Apa gara” pengaruh gk ada essen nya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Banner