kuliner singkawang
Kuliner Singkawang

10 Kuliner Singkawang Yang Bikin Kangen

Singkawang adalah kota kedua setelah Pontianak. Selain tempat wisata, mengunjungi Kota Singkawang kurang lengkap kalau tidak mencicipi kulinernya. Kuliner Singkawang yang khas dengan cita rasa unik yang berbeda dari kota-kota lainnya di Indonesia. Mulai dari kue-kue, camilan, aneka macam bubur, bakso, dan berbagai macam olahan mie. Menurut lidah aku nih, 10 Kuliner Singkawang khas bikin kangen ini wajib kamu coba jika berkunjung ke Singkawang.

Camilan Khas Kuliner Singkawang

1. Choi Pan (Chai Kwe)
Choi Pan atau Chai Kwe terbuat dari tepung beras yang diisi dengan berbagai varian isi seperti bengkuang, ubi jalar dan kucai. Kalau teman-teman tidak terlalu lapar boleh mencoba camilan yang satu ini. Bentuknya yang kecil cukup untuk sekali hap saja. Choi Pan paling enak dinikmati selagi hangat dilengkapi dengan saus cabe.

choipan kuliner singkawang

satu loyang choi pan berbagai varian isi

FYI, di Singkawang ada dua tempat biasanya aku memesan Choi Pan. Pertama di Sakkok dan yang kedua di kawasan Rumah Keluarga Tjhia.

2. Rujak Singkawang

Buat kamu pecinta rujak harus banget nyobain Rujak Singkawang. Sajian rujak berisi irisan timun, bengkuang, pepaya, nanas, mangga muda dengan bumbu kacang yang ditaburi serbuk udang ebi.

rujak singkawang kuliner singkawang

rujak khas kuliner singkawang

Olahan Mie Khas Singkawang

3. Bakmi Kering atau Mie Kering
Bakmi Kering, sepertinya kita sudah tahu ya kita akan menyantap mie tanpa kuah. Tapi sebenarnya tidak, hanya saja penyajian bakmi dan kuah kaldunya yang dipisah. Kita bisa mencampurkan mie dan kuahnya atau makan mie sambil menghirup kuah yang telah ditaburi bumbu seperti cabe, lada, kecap dan tidak lupa jeruk sambal. Di Singkawang sendiri ada dua macam jenis bakmi kering ada yang halal dan non halal. Untuk menyantap bakmi kering yang halal teman-teman bisa mampir di Bakmi Kering Haji Aman.

bakmi ayam dengan kuah terpisah

bakmi ayam kuliner singkawang

bakmi ayam dengan kuah

bakmi kering kuliner singkawang

bakmi kering non halal

4. Kwetiau Goreng
Kwe tiaw atau mie tiaw adalah sejenis mie yang tidak terlalu panjang, terbuat dari tepung beras dan teksturnya kenyal. Pengolahannya bisa digoreng atau berkuah tergantung selera. Ini dia seporsi Kwetiau Goreng Asuk di Jln. Yos Soedarso Singkawang.

kwetiau goreng kuliner singkawang

Bakso Khas Singkawang

5. Bakso Sapi Singkawang
Yang membedakan Bakso Sapi Singkawang dengan bakso biasanya adalah toppingnya. Racikan Bakso Sapi Singkawang berisi mie kuning, kwetiau, bakso, daging sapi, tahu singkawang yang diisi daging sapi dan lemak sapi. Tempat menjual Bakso Sapi di Singkawang yang sudah dikenal adalah Bakso 68 Singkawang. Karena aku orangnya suka eksplor rasa jadi aku mencoba di tempat lain dan rasanya tidak kalah yaitu di Bakso Sapi 91 Singkawang.

kuliner singkawang bakso sapi

Semangkuk Bakso Sapi 91 Singkawang lengkap dengan sambal jahe

bakso sapi singkawang

Bubur Khas Singkawang

6. Bubur Gunting
Kalau dengar namanya agak serem ya tapi justru sebaliknya, camilan yang satu ini imut-imut. Bubur Gunting khas Singkawang terbuat dari roti goreng atau cakwe yang dipotong kecil-kecil menggunakan gunting. Aku sendiri suka melihat penjualnya meracik semangkuk bubur gunting yang kupesan. Bubur gunting disajikan dengan kuah kental kacang hijau yang sudah dikupas kulitnya.

bubur gunting kuliner singkawang

7. Bubur Tahu
Bisa membayangkan gak, gimana rasanya tahu dijadikan bubur? yay or nay? eitss… tunggu dulu teman-teman bukan itu yang aku maksud. Bubur tahu khas Singkawang terbuat dari kembang tahu yang disiram dengan rebusan jahe yang hangat dan manis. Ingin sarapan lembut dan hangat, cobain deh Bubur Tahu khas Singkawang.

bubur tahu kuliner singkawang

8. Bubur Sapi

Bubur Sapi sama seperti bubur pada umumnya. Bubur nasi yang lembut dengan topping kacang goreng, teri goreng, lobak, bawang goreng, daun seledri, emping dilengkapi dengan potongan kecil daging sapi kemudian disiram kuah kaldu. Hmm.. sudah kebayang kan lezatnya :). Bubur Pekong adalah salah satu bubur sapi yang terkenal di Singkawang.

bubur sapi kuliner singkawang

9. Bubur Babi

Bubur kali ini non halal ya teman-teman, seperti namanya Bubur Babi. Tekstur buburnya juga berbeda dari bubur biasanya. Bubur Babi bentuknya mirip seperti nasi yang hampir matang jadi tidak selembut bubur nasi. Ada daging babi, krupuk, sayuran ditambah telur setengah matang menjadi topping khas Bubur Babi.

bubur babi kuliner singkawang

10. Bubur Pedas (Bubbor Paddas)

Okey, kali ini jangan terkecoh dengan nama makanan yang satu ini. Bubur Paddas tidaklah sepedas yang kita bayangkan. Hidangan bubur tradisional khas Melayu terbuat dari bubur nasi yang dicampur berbagai macam sayuran seperti kangkung, pakis, ubi jalar, wortel, ikan teri, kacang goreng dan bawang goreng.

bubur pedas kuliner singkawang

Nah, itu tadi 10 Kuliner Singkawang yang harus kamu coba ketika berkunjung di Singkawang.

This Post Has 2 Comments

  1. Ahmad Suharyadi Reply

    seddeepp pastinya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner