solusi absensi
Info Menarik

Meningkatkan Kedisiplinan dengan Software Absensi Solution

Budaya kerja di kalangan karyawan sebagai sumber daya manusia adalah hal yang krusial. Budaya kerja yang akan menentukan bagaimana output hasil kinerja karyawan. Semakin bagus budaya kerjanya, maka semakin berkualitas hasil kinerja. Penentu baik buruknya budaya kerja di perusahaan adalah kedisiplinan. Banyak metode digunakan HRD untuk meningkatkan kedisiplinan budaya kerja. Salah satunya dengan menjaga kedisiplinan karyawan melalui software absensi solution.

Mengapa Kedisiplinan dalam Kehadiran Penting?

Setiap harinya karyawan bekerja dan mencatatkan kehadiran mereka. Karyawan yang selalu datang tepat waktu menandakan jika ia sungguh-sungguh dan niat dalam bekerja terlepas dari posisi dan jabatannya di perusahaan. Sementara karyawan yang sering terlambat atau bolos kerja menandakan bahwa ia tidak menikmati waktu bekerja dan memiliki tingkat kepuasan kinerja yang rendah. Karyawan yang kurang disiplin dapat mempengaruhi karyawan lain menjadi tidak disiplin juga. Sebaliknya, karyawan yang disiplin dapat memotivasi karyawan lain untuk lebih disiplin dan giat bekerja.

Jika kedisiplinan terbentuk dalam perusahaan sedari ini, maka kedisiplinan ini akan membantu pondasi budaya perusahaan yang harmonis. Artinya, dengan kedisiplinan semua koordinasi dan komunikasi dalam perusahaan bisa jauh lebih lancar dibandingkan dengan lingkungan kerja yang tidak disiplin. Contohnya, ada seorang karyawan yang datang terlambat dan hal itu menyebabkan ia tidak ikut meeting pagi. Padahal karyawan itu adalah orang yang bertanggung jawab atas suatu proyek divisi. Tentu hal ini akan mengganggu operasional divisi tersebut.

Cara Software Absensi Solution Meningkatkan Kedisiplinan

Memantau kehadiran setiap harinya tidaklah mudah. Data kehadiran karyawan yang tertulis terkadang dimanipulasi karena sistem keamanan yang longgar. Akibatnya, sulit untuk mencari tahu karyawan mana yang disiplin dan tidak. Namun, berkat software absensi solution, semua data kehadiran dapat dipantau jauh lebih mudah. Cara kerjanya cukup sederhana. Karyawan akan mencatatkan kehadiran mereka melalui software absensi solution. Lalu, data kehadiran akan disimpan oleh sistem dan diterima saat itu juga oleh HRD. Terlihat jelas jam kehadiran karyawan hingga ke menitnya. Sehingga HRD dapat menentukan apakah karyawan tersebut dihitung datang tepat waktu atau diluar batas toleransi keterlambatan.

HRD juga dapat membandingkan data kehadiran karyawan apakah karyawan tersebut pernah datang terlambat atau tidak. Dengan begitu HRD dapat memperkirakan jika karyawan tersebut berkembang dengan baik atau justru mengalami penurunan motivasi kerja. Karena tersimpan dalam sistem, data kehadiran yang masuk dapat disusun otomatis menjadi laporan kehadiran. Di mana laporan kehadiran akan sangat berguna untuk penilaian kinerja tahunan. Dengan data kehadiran yang akurat, maka penilaian kinerja tahunan pun menjadi tepat sasaran.

Kedisiplinan adalah awal dari lingkungan kerja yang kondusif. Dengan lingkungan yang kondusif, karyawan dapat lebih produktif dan termotivasi dalam bekerja sehari-hari. Itulah penjelasan singkat mengenai bagaimana software absensi solution dapat meningkatkan kedisiplinan karyawan sebagai sumber daya manusia dalam perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Banner