pulau sawi kabupaten ketapang
Ketapang

Cerita Haru Biru Pengibaran Bendera Merah Putih di Pulau Sawi Ketapang

Ketapang – Seluruh rakyat Indonesia memperingati HUT kemerdekaan Republik Indonesia setiap tanggal 17 Agustus. Tak terkecuali aku. Tapi, momen 17 Agustus tahun ini sedikit berbeda. Kalau biasanya aku mengikuti upacara di Singkawang, kali ini aku melipir ke Ketapang. Ada apakah gerangan di sana? Masih dengan tema HUT RI ke-74 “Menuju Indonesia Unggul” ini aku share cerita haru biru Pengibaran Bendera Merah Putih di Pulau Sawi Ketapang.

erita Haru Biru Pengibaran Bendera Merah Putih di Pulau Sawi Ketapang

pagi yang hangat di Pulau Sawi

Kamis, 15 Agustus 2019

Perjalanan 15 jam Singkawang-Ketapang

The power of dadakan selalu terdepan dalam memberikan cerita perjalanan. Beberapa saat yang lalu aku merencanakan jalan-jalan ke Ketapang yang kemudian akhirnya batal. Kini dengan persiapan yang super singkat cuss berangkat.

Sebuah pesan singkat WhatsApp dari Bang Setra mengabarkan bahwa posisinya lagi di Pontianak. Bang Setra mengajakku untuk ikut trip ke Pulau Sawi dalam rangka pengibaran Bendera Merah Putih bersama teman-teman diver dari Pontianak. Akupun mengajak Prima sang travelmate. Setelah selesai prepare, jam 3 subuh kami meluncur menuju Pontianak.

Tiba di Pontianak sekitar jam setengah 8 pagi Aku, Prima dan Bang Setra sarapan pagi sekaligus meet up dengan Kak Hani. Perut sudah terisi, Prima pun udah ngopi lalu kita melanjutkan perjalanan menuju Ketapang.

“Sudah siap? perjalanan akan kita tempuh sekitar 10 jam” kata Bang Setra “Yess! siap” jawab kami berdua kompak. Dalam perjalanan Bang Setra banyak sharing kepada kami tentang personal development yang ditekuninya saat ini. Konsultan iya, guide iya, diver iya, serba bisa dia lama-lama aku kasih julukan Setra Bisa. Hehe..

Ke-absurd-an pun dimulai, supaya gak ngantuk kita setel musik berbagai genre mulai dari pop, rock, dangdut, sampai remix. Masih ngantuk juga, aku main tebak-tebakan aneh yang jawabannya juga aneh hehee.. yang penting kedua travelmate di depanku bisa ketawa. Antara kesel sama terhibur mereka..

Jumat, 16 Agustus 2019

Sepedaan keliling Ketapang Bersama DPC HPI Ketapang

Hari kedua, sore hari Aku dan Prima diajak keliling Ketapang sambil sepedaan. Trip sepedaan ini dipimpin oleh Bang Razy dari DPC HPI Ketapang dan teman-teman. Menariknya, mereka tergabung di komunitas yang aktif melakukan olahraga sepedaan setiap minggunya. Seru yah!.

Beberapa spot yang kami kunjungi seperti Jembatan Kuning, Keraton Matan, Sungai Pawan, dan Tugu Perdamaian. Malam harinya kami jadi anak gahol Ketapang, nyantai di kafe alias ngopi. Merasakan nuansa malam di Ketapang.  Ada cerita air payau sebenarnya, tapi aku skip aja deh, japri aja ya 😀

city tour ketapang

Sabtu, 17 Agustus 2019

Pengibaran Bendera Merah Putih di Pulau Sawi Ketapang

Pagi-pagi sekali rombongan dari Pontianak sudah tiba di Ketapang. Kami berkumpul di rumah Bang Setra untuk beristirahat sebelum berangkat ke Pulau Sawi.

Pulau Sawi terletak di Desa Sei (sungai) Tengar, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Bengkayang. Dari Ketapang ke Desa Sungai Tengar sekitar 2 jam perjalanan menggunakan mobil atau sekitar 80 kilometer. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan motor air nelayan menyeberangi lautan sekitar 45 menit.

ceria di pulau sawi ketapang

Trip ke Pulau Sawi Ketapang bersama #JelajahKetapang

Kondisi jalan ke Pulau Sawi masih butuh perhatian. Sebentar mulus, sebentar rusak. Tapi dibawa hepi aja, melewati jalan yang sulit bisa jadi asik. Sama seperti kehidupan, kadang bahagia kadang ada duka. Tssahh…

Selama di Pulau Sawi kami dilayani sangat baik oleh tim Jelajah Ketapang. Makan nasi goreng, ikan goreng, gulai ikan asin dan sambal enak hasil karya diver Bang Edi, belajar nyelam, snorkling, dan dapat foto-foto bagus.

makan ikan di pulau sawi

View this post on Instagram

A post shared by Blogger Singkawang (@bloggersingkawang) on

Pengibaran Bendera Merah Putih dimulai, satu persatu para diver memasang perlengkapan diving. Kemudian terjun ke laut. Sekitar 30 menit kami menunggu di atas kapal motor. Setelah pengibaran selesai semuanya ikut turun ke air. Ada yang snorkling, ada yang berenang.

pengibaran bendera merah putih di pulau sawi ketapang

Sunset dan Sunrise di Pulau Sawi

Dua hal yang membuatku terpukau di pulau ini adalah sunset dan sunrise nya yang istimewa. Terlihat sempurna. Aku rasa di sinilah aku melihat sunset dan sunrise terbaik di Kalimantan Barat.

sunset di pulau sawi

Sunset di Pulau Sawi

sunrise di pulau sawi

Sunrise yang hangat di Pulau Sawi

Aku benar-benar takjub memandang keindahan Pulau Sawi. Jernihnya air dengan pasir pantai yang putih bersih. Begitu juga dengan hamparan batu karang yang cantik-cantik seakan tersenyum kepada wisatawan yang berkunjung ke sana. Berbagai jenis ikan berenang kesana-kemari. Menari-nari. Akankah aku kembali lagi ke Pulau Sawi? Yaps, pasti.

pengibaran bendera merah putih di pulau sawi

#bloggersingkawang

This Post Has 4 Comments

1. Siti Mustiani Reply

Wah, sungguh semangat kemerdekaan versi Multi. Asik sekali di Pulau Sawi, suatu saat pengen bisa kesana juga 😊

2. ZEEVORTE Reply

Dengan kemerdekaan Indonesia dan para pahlawan kita, akhirnya kita bisa mengibarkan bendera merah putih di pulau sawi..

3. ZEEVORTE Reply

Dengan kemerdekaan Indonesia dan para pahlawan kita, akhirnya kita bisa mengibarkan bendera merah putih di pulau sawi, Ketapang..