Pulau Lemukutan

Pulau Lemukutan Dari A Sampai Z

Pulau Lemukutan adalah sebuah pulau yang terletak di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Pulau Lemukutan merupakan sebuah desa yang bernama Desa Lemukutan. Desa Lemukutan memiliki banyak tanjung dan teluk  seperti Teluk Besar, Teluk Cina, Tanjung Maro, Tanjung Meruhum, Melanau Barat, Melanau Timur, Teluk Palembang, Tanjung Panjang, Tanjung Surau yang terdiri dari banyak dusun/kampung.

Peta Pulau Lemukutan

Menurut informasi yang kami dapatkan dari penduduk setempat ada beberapa nama dusun di Pulau Lemukutan seperti Dusun Batu Barat, Dusun Melanau Timur, Dusun Melanau Barat, Dusun Temiang (informasi lengkap lihat video di bawah).

Bang Adolf (panggilan akrab) penduduk setempat bercerita kepada kami tentang Pulau Lemukutan

Dulu Pulau Lemukutan hanyalah sebuah desa dengan sebagian besar mata pencaharian penduduk adalah petani dan nelayan.

Bagan

Namun kini pulau cantik ini terkenal dengan wisata bahari dan keindahan bawah lautnya sehingga sebagian penduduk membangun penginapan dan fasilitas lainnya untuk pengunjung.

Cara Pergi ke Pulau Lemukutan

Kali ini aku dan teman-teman Blogger Singkawang berkesempatan untuk mengeksplore Pulau Lemukutan.  Meskipun secara geografis pulau ini letaknya di kawasan Kabupaten Bengkayang tapi jarak tempuh dari Kota Singkawang cukup dekat. Dari kota Singkawang kami menuju pelabuhan Teluk Suak menggunakan sepeda motor waktu tempuh sekitar 40 menit. Untuk menyimpan kendaraan di Teluk Suak ada sebuah warung yang menyediakan tempat penitipan  kendaraan. Kemudian kami naik kapal motor menuju pulau dengan waktu tempuh sekitar satu jam tergantung cuaca dan ombak. Jika laut sedang tenang perjalanan ditempuh sekitar satu jam dan sebaliknya jika ombak besar maka kapal motor berjalan agak lambat sehingga waktu tempuh lebih lama. Biaya naik kapal motor Rp 25.000/orang.

View Pulau Lemukutan dari atas kapal motor

Tiba di dermaga, kami disambut oleh pemandangan pulau yang hijau, air laut yang berwarna hijau kebiru-biruan, ikan-ikan yang tampak jelas dipermukaan, penduduk setempat yang ramah semuanya seakan mengatakan “Selamat datang di pulau kami, Pulau Lemukutan”.

Dermaga Melanau Pulau Lemukutan

Dermaga Melanau Pulau Lemukutan

Aku dan teman-teman Blogger Singkawang menginap di salah satu tempat penginapan di Melanau Timur yang memiliki view pantai ketika kita membuka pintu kamar yaitu “Penginapan Melanau Permai“.

Penginapan tampak depan

View dari depan kamar salah satu penginapan di Melanau Timur

Pusat Desa di Pulau Lemukutan

Dusun Melanau Timur merupakan pusat pemerintahan di Desa Lemukutan atau istilahnya pusat desa. Di sini terdapat kantor desa, balai pertemuan desa, sekolah SD dan SMP jadi satu, tempat ibadah,  puskesmas, PLN, pos keamanan dan ketertiban desa.

Kantor Desa Pulau Lemukutan

Balai Pertemuan Desa Pulau Lemukutan

SD-SMP Satap Pulau Lemukutan

Salah satu tempat ibadah di Melanau Timur

Salah satu tempat ibadah di Melanau Barat

Puskesmas Pembantu Pulau Lemukutan Desa Pulau Lemukutan

PLN Pulau Lemukutan

Pos Kemananan Pulau Lemukutan

Objek Wisata di Pulau Lemukutan

Berkunjung ke Pulau Lemukutan merupakan sebuah paket lengkap liburan bagi teman-teman yang menginginkan ketenangan dari kesibukan sehari-hari. Suasana alam yang masih asri, penduduk setempat yang ramah, dan yang terpenting adalah wisata bahari di Pulau Lemukutan. Snorkling adalah salah satu kegiatan yang paling banyak dilakukan oleh pengunjung termasuk aku dan teman-teman.

Untuk melihat pemandangan bawah laut kita tidak harus menyelam ke bagian laut yang dalam karena di pesisir pantainya juga kita bisa melihat karang dan ikan Nemo.. iya ikan Nemo.

Mungkin ini ikan Teri

Karang di bawah laut Pulau Lemukutan

 

Salah satu jenis kerang di bawah laut

ikan nemo di pulau lemukutan

Ikan Nemo yang kami temukan di pesisir pantai yang dangkal

indahnya pulau lemukutan

Menyelam tanpa life jacket

Mencari ikan yang cantik-cantik

Selain wisata bahari ada satu lagi wisata yang masih jarang dikunjungi yaitu wisata sejarah Tanjung Meruhum. Menurut cerita masyarakat setempat konon katanya batu karang datar di sini adalah tempat parkir kereta kencana Kerajaan Sambas.

Untuk menuju ke Tanjung Meruhum waktu tempuh sekitar 20 menit menggunakan sepeda motor dari Dusun Melanau Timur. Teman-teman bisa menyewa sepeda motor milik warga untuk berkeliling pulau. Di sepanjang jalan menuju Tanjung Meruhum tidak henti-hentinya mataku dimanjakan dengan pemandangan yang sangat indah.

Pantai yang masih alami

Jalan setapak yang dilalui

Plang Tanjung Meruhum

Ketika memasuki kawasan ini aku seakan dibawa ke suasana yang berbeda dari kampung lainnya di pulau ini. Semuanya masih sangat alami dan bersih. Dan yang paling menarik adalah ada bongkahan batu besar yang sebagian  berwarna hitam membentuk garis vertikal menyerupai permadani atau jalur jalan hmm.. aku jadi  bingung sekaligus takjub.

Lihat batu yang berwarna kehitaman membentuk garis vertikal

Batu berwarna hitam vertikal ini membentang cukup panjang

Karena ingin melihat pemandangan dari atas aku memberanikan diri untuk naik ke atas batu yang lebih tinggi.

Dari atas kita juga bisa menikmati pemandangan pulau yang sangat indah

Air lautnya yang sangat bersih dan jernih

Blue

Tidak lengkap rasanya kalau tidak melihat sunset , tidak perlu jauh-jauh karena dari Melanau Barat kita bisa menikmati sunset yang cantik.

Matahari yang hampir tenggelam

Salah satu spot foto di Pantai Melanau Barat

Kuliner di Pulau Lemukutan

Kalau teman-teman sudah sampai di pulau dan merasa lapar percayalah makan apa saja terasa enak hehe….. Makanan yang paling sering disajikan oleh masing-masing pemilik penginapan adalah ikan. Mulai dari ikan bakar, ikan goreng, ikan sambal goreng, dan berbagai macam olahan ikan lainnya. Untuk jenis ikan beragam ada ikan tuna, ikan gerongggong, ikan teri,ikan tongkol, ikan kakap merah, ikan kakatua, ikan singapur dan lain-lain.

Makan ikan bersama

Ohya, aku dan teman-teman Blogger Singkawang juga bertemu dengan Ari salah satu penduduk asli yang lahir dan besar di pulau ini. Ari melanjutkan kuliah di Kota Pontianak. Ari banyak cerita kepada kami tentang tanah kelahiran tercinta ini. Sayangnya pertemuan kami hari itu adalah hari terakhir aku dan teman-teman berada di pulau karena keesokan harinya kami harus kembali ke Singkawang sedangkan Ari masih menikmati liburannya di kampung halaman. Ari bercita-cita ingin memajukan desanya agar lebih dikenal oleh banyak orang… amiin.

Ngobrol santai bersama Ari anak pulau asli hehe..

Tour ke Pulau Lemukutan

Tips buat teman-teman yang ingin liburan ke Pulau Lemukutan :

  1. Berangkat sekitar jam 6 pagi karena kapal motor sudah ready di pagi hari
  2. Bawa obat-obatan pribadi apabila teman-teman mabuk laut
  3. Bawa powerbank karena listrik di pulau hanya menyala mulai dari jam 6 sore hingga jam 6 pagi.
  4. Bawa kamera action cam buat teman-teman yang ingin mengabadikan momen ketika snorkling
  5. Bawa uang cash secukupnya
  6. Bawa gitar, buku bacaan atau hiburan lainnya karena koneksi internet di pulau belum begitu baik.

Tetap jaga kelestarian alam, kebersihan, dan keindahan bawah laut Pulau Lemukutan. Ayo atur jadwal liburan ke pulau dan rasakan pengalaman serunya. Dan jangan lupa mampir ke Wisata Singkawang. dan Kuliner Singkawang tentunya.

Selamat berkunjung.
Salam muter-muter
Share dan like kalau kamu senang dengan tulisan ini.
#BloggerSingkawang
#Inimultidotcom

Terima kasih.

This Post Has 11 Comments

  1. Dwi Wahyudi Reply

    Mantap jiwa tulisannya, btw udah pake domain sendiri nih. Keren…

    • multishan Reply

      Waah.. Dikomen sama abg Blogger Borneo 😀 hehe.. Makasih bang. Iya nih supaya pendek namanya dan mudah diingat bang.

  2. Ari Reply

    Wis lengkapnye kak, dari A sampai Z hehehe. Rajin kk nulis ni…,artikelnye panjanggggggg.

    • multishan Reply

      Hahaa biar rajin juga Ari bacanya.. thanks infonya selama di Lemukutan ya Ri.

      • ari safriad Reply

        same-same kak…. , jangan jera’ ke lemukutan 😀

        • multishan Reply

          Mane bise nak jera’ Ri. yang ade salok nak main ke Lemukutan tolen 😀

  3. Bablofil Reply

    Thanks, great article.

  4. Lemukutan Tour Reply

    Pulau lemukutan emang ngangenin. Wisata alam nya masih asri. Serasa berada di desa wisata yang ada diluar kalimantan. Nice Post, Nice Share. perkenalkan saya adalah salah satu pendukung pariwisata pulau Lemukutan 🙂

    • multishan Reply

      Iya, sangat menyenangkan liburan di Pulau Lemukutan. Semoga Pulau Lemukutan semakin dikenal banyak orang. Salam kenal Lemukutan Tour 🙂

  5. Ryna Safitri Reply

    Konsep perencanaan pemanfaatan perairan pulau Lemukutan ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Banner