Bengkayang

Potensi Riam Setanga Desa Sebente Menjadi Tujuan Wisata Baru di Bengkayang

Desa Sebente adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Teriak, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Desa ini dipimpin oleh seorang kepala desa yang akrab disapa Pak Tino. Sejak dibukanya sebuah destinasi wisata di kawasan desa pada Bulan Agustus tahun 2019 lalu, Desa Sebente menjadi ramai dikunjungi wisatawan. Destinasi wisata tersebut bernama Desa Wisata Setanga Lestari. Tidak cukup sampai disitu, Pak Tino kembali melihat potensi wisata di Desa Sebente yang ternyata masih banyak. Potensi wisata itu ada perkebunan, lubuk Pajada atau Riam Pajada, Batu Badel, Goa Kelelawar, Riam Setanga hingga Batu Bangkong. Nah, salah satunya yang aku ulas kali ini yaitu potensi Riam Setanga Desa Sebente menjadi tujuan pariwisata baru di Bengkayang. Seperti apa riamnya? seruput dulu kopi atau tehnya dulu lalu kita lanjut.

Bersama Pak Tino, Kepala Desa Sebente, Kecamatan Teriak, Bengkayang

Desa Wisata Setanga Lestari

Beberapa waktu yang lalu aku dan Charis singgah di Setanga Lestari. Saat itu merupakan kunjungan kami yang kesekian kalinya. Bagi kami, kalau sudah main ke Bengkayang rasanya perjalanan kurang lengkap kalau belum ke Setanga. Berkunjung ke Setanga Lestari selalu memberikan kedamaian dan ketenangan tersendiri bagi aku dan Charis. Di desa wisata ini kita bisa ngopi sambil menikmati pemandangan alam, mendengar kicauan burung-burung yang merdu, memancing ikan di kolam, dan ber-selfie ria di berbagai macam titik spot foto yang disediakan di Setanga. Di sela-sela saat bersantai Pak Tino berkata “Di sini ada air terjun juga loh, namanya Riam Setanga. Sudah pernah ke sana kah?”. Charis menganggukkan kepalanya perlahan dan menjawab “Wah, Riam Setanga keren tuh, saya pernah ke sana satu kali, Pak.”. “Kira-kira seberapa jauh dari sini, Pak?” tanyaku. “Ayo kalau mau kita ke sana sekarang, saya pandu.” Pak Tino membuatku semakin penasaran. Aku melirik jam tangan, masih jam tiga sore pikirku tanpa pikir panjang akupun mengiyakan. Jadilah kami bertiga berjalan menuju Riam Setanga.

perjalanan menuju riam setanga desa sebente

Jalan menuju Riam Setanga, masuk ke dalam hutan masih di kawasan Desa Wisata Setanga Lestari

Perjalanan ke riam tanpa direncanakan ini sungguh penuh perjuangan. Apalagi untuk aku yang udah jarang nanjak. Kalau aku ceritakan di sini bakalan panjang bisa 2000 kata. Jadi, singkat kata singkat cerita tonton video ini aja ya.

Potensi Wisata Riam Setanga dan Lubuk Pajada

Terima kasih sudah menonton vlog di atas. Seperti yang aku bilang di dalam video bahwa ada dua riam yang kami kunjungi. Riam Setanga dan Lubuk Pajada atau Riam Pajada. Untuk video ke Riam Pajada nanti aku upload kalau sudah selesai di edit ya.

riam setanga bengkayang

lubuk Pajada atau Riam Pajada

Kedua riam ini merupakan potensi wisata menarik yang ada di Setanga Lestari.

Yang Wajib Dibawa Kalau ke Riam Setanga

Perjalanan dari Setanga Lestari ke lokasi riam pergi dan pulang kurang lebih satu jam. Karena jalannya sedikit mendaki aku sarankan teman-teman siapkan pakaian yang nyaman, sepatu, ikat rambut untuk cewek, anti nyamuk lotion atau spray, air minum (dalam tumblr ya), baju ganti kalau berencana mau mandi atau berendam.

Jalan Menuju Riam Setanga

Kedua riam masih berada di kawasan desa wisata. Jalan menuju Desa Wisata Setanga Lestari belum sepenuhnya mulus. Pada jalur yang dilalui mobil melewati tanah kuning sedangkan jalur motor melewati jalan setapak sebagiannya ada yang rusak. Meskipun melewati jalan yang tidak semulus semangka manis, tapi di sinilah seninya. Bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian, lewat jalan yang rusak dulu berbahagia kemudian di Setanga Lestari. Harapannya semoga jalan segera diperbaiki agar wisatawan lebih nyaman untuk datang mengunjungi desa wisata di Sebente. Itulah potensi Riam Setanga Desa Sebente menjadi tujuan wisata baru di Bengkayang. Selanjutnya aku mau eksplore potensi wisata lainnya seperti Batu Badel, Goa Kelelawar, dan Batu Bangkong. Pastinya setelah masa-masa sulit ini berlalu ya.

Baca Juga : Melihat indahnya Setanga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Banner