Info Menarik

SAIK 2018 : RKIM Kota Singkawang Siap Sambut Revolusi Industri 4.0

Saya merasa berbahagia mendapatkan kesempatan mengikuti kegiatan SAIK 2018 bersama Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang (DISKOMINFO), Rumah Kelompok Informasi Kota Singkawang (RKIM) dan Forum Komunikasi Media (FKMETRA) yang dilaksanakan di Kota Tangerang pada 2 Desember sampai dengan 4 Desember 2018 yang dilaksanakan di 2 tempat yakni Novotel Kota Tangerang dan Lapangan Ahmad Yani Kota Tangerang, Provinsi Banten. SAIK merupakan kependekan dari Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi tahun 2018 yang merupakan event tahunan di bidang kehumasan yang rutin digelar. Tema SAIK tahun 2018 “Sinergi Indonesia Menuju Era Komunikasi 4.0

saik 2018

Kota Tangerang ditunjuk sebagai tuan rumah oleh Kementerian Komunikasi dan Infromasi (Kemenkominfo) melalui Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas). Perhelatan akbar ini juga menjadi ajang bertemunya para praktisi kehumasan baik dari pemerintahan pusat, daerah, BUMN, BUMD dan juga perguruan tinggi.

Forum Pertemuan Bakohumas Tingkat Nasional dengan peserta 90 Kementerian/LPNK, 45 BUMN/D, 60 PTN serta Dinas Komunikasi dan Informatika dan Humas Setda Pemerintah Daerah dari 34 Provinsi, 514 Kota dan Kabupaten, Anugerah Media Humas (AMH) 2018 dengan peserta sebanyak 158 instansi, terdiri dari 67 instansi pusat dan 91 instansi pemerintah daerah.

Pembukaan SAIK 2018

Senin, 3 Desember 2018
Rombongan dari Kota Singkawang menuju Hotel Novotel Tangerang untuk mengikuti pembukaan SAIK 2018. Pembukaan secara simbolis dilakukan dengan memencet sirene yang dibuka oleh Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Rosarita Niken Widiastuti, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko dan Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ini Multi Blog Official (@inimulti) on

dirjen ikp niken

Dalam sambutannya, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Rosarita Niken Widiastuti, mengatakan pertemuan SAIK kali ini cukup penting karena menjadi momentum bagi pemerintah untuk menyongsong revolusi industri 4.0 .

Humas pemerintah yang memiliki posisi strategis diharapkan dapat meng-upgrade keahliannya, terlebih dalam menghadapi revolusi industri 4.0 ini, humas pemerintah harus mampu menguasai teknologi dan new media , ujar Ibu Niken

rkim kota singkawang

PR Talk “Paradox Marketing Strategy for Government Public Relations (GPR) Menuju Era Komunikasi 4.0” oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya

Setelah pembukaan SAIK 2018 dilanjutkan pemaparan dari Menpar Arief Yahya bertema Paradox Marketing Strategy for Government Public Relations (GPR) Menuju Era Komunikasi 4.0. Sekitar 1.500 peserta yang ada di dalam ruangan mendengarkan dengan serius. Paparan yang disampaikan Menpar difokuskan berdasarkan buku ‘Paradox Marketing, Unusual Way to Win’ yang ditulis dan terbit pada tahun 2012.

menpar arief yahya menjadi pembicara di saik 2018

Paradox Marketing
Contohnya Google dan wifi, strategi baru yang diciptakan Menpar Arief Yahya yaitu get more pay less.

Media Digital untuk promosikan sektor pariwisata
Kemenpar memakai media digital 70 persen untuk promosi wisata. Dengan dua alasan utama yaitu :
1. sebagian besar customer adalah millenials yang sangat digital
2. media digital memiliki effectiveness empat kali lebih besar dari media konvensional

Generasi Pesona Indonesia (GenPI) juga disebut Menpar sebagai salah satu promosi pariwisata di Indonesia. Di Singkawang sendiri sudah terbentuk GenPI Singkawang.

Pameran SAIK 2018

Setelah menyampaikan materi kemudian tanya jawab, Menpar Arief Yahya mengunjungi Pameran SAIK 2018 di Alun-Alun Tangerang. Saya dan rombongan ikut datang mengunjungi pameran. Ada puluhan stand menarik dari Kementerian, Instansi dan Lembaga di Indonesia produk unggulan dan memamerkan pencapaian yang telah diraih.

Menariknya, setiap pengunjung akan diberikan souvenir atau cinderamata walaupun hanya dengan mengisi buku tamu. Jika ingin mendapatkan souvenir yang lebih menarik lagi pengunjung bisa mengikuti kuis atau perlombaan di stand tersebut. Contohnya berswafoto di stand lalu diposting ke media sosial dengan hastag tertentu, bermain kuis dengan aplikasi Kahoot dan berbagai permainan lainnya.

dapat hadiah flash disk dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional setelah berhasil menyusun puzzle

rombongan Singkawang bersama Kepala Seksi Pengembangan dan Kemitraan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kota Tangerang, Eka Yulia

hasil menang main kahoot, main puzzle, foto selfie, menjawab kuis dan lomba-lomba lainnya

Rumah Kelompok Informasi Masyarakat

Dalam giat SAIK 2018 ini, rombongan RKIM Kota Singkawang anjangsana ke stand UKM di Tangcity Mall. Terdapat banyak sekali produk mulai dari fashion, aneka kuliner hingga cinderamata.

 

View this post on Instagram

 

Kunjungan RKIM Kota Singkawang ke stand UKM #SAIK2018 di @tangcitymall #tangerangsaikjasa #rkimsingkawang

A post shared by Rumah KIM Singkawang (@rkimsingkawang) on

produk kecap Tangerang

minuman sari belimbing wuluh

Malam harinya kami singgah ke Taman Pusat Pemerintahan atau biasa disebut “PusPem” Kota Tangerang. Tempat ini semacam ruang publik terbuka, tempat santai, nongkrong anak-anak muda di Tangerang. Ada jajanan seperti ketoprak, soto ayam, sate, nasi goreng, bakso, yang semuanya berjejer rapi menggunakan gerobak dorong. Di tengah-tengah lapangan ada semacam stage yang dilengkapi dengan alat musik untuk manggung.

jajanan kuliner di taman PusPem

PusPemkustik bersiap nampil

Ohya, kita juga bisa request lagu dengan cara kirim DM Instagram ke vokalisnya seperti yang saya lakukan. Selesai perform, kami lalu menemui pengisi acara dan berbincang-bincang dengan mereka. Namanya Puspemkustik, sebuah grup band yang sudah nampil di taman ini sejak belasan tahun lalu. Atas dasar hobi menyanyi dan bermain musik mereka tidak terlalu ambil pusing akan hasil sumbangan yang dikumpulkan setiap malam mereka nampil.

foto bersama PusPemkustik

Kesimpulan :
Beberapa skill yang dibutuhkan menghadapi revolusi industri 4.0

1. Kemampuan berpikir kritis (critical thinking) adalah kemampuan untuk berpikir masuk akal, membentuk strategi yang akan meningkatkan kemungkinan hasil yang diharapkan. Berpikir kritis juga bisa dimaksud berpikir dengan tujuan yang jelas, berorientasi pada sasaran, dan beralasan.

2. Kreatifitas (creativity) adalah kemampuan dan kemauan untuk terus berinovasi, menemukan sesuatu yang unik serta bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan. kreatifitas disini bisa juga diartikan mengembangkan sesuatu hal yang sudah ada sehingga menjadi lebih baik.

3. Kecerdasan emosional (emotion intelligence) adalah kemampuan seseorang untuk menilai, mengatur, menerima, serta mengontrol emosi yang ada pada dirinya dan orang lain di sekitarnya.

4. Kemampuan untuk berkolaborasi, bekerjasama dalam tim ataupun bekerja dengan orang lain yang berasal dari luar tim.

5. Kemampuan berbicara, bernegosiasi, dan meyakinkan orang dalam aspek pekerjaan. Secara alamiah tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mengadakan kesepakatan yang membuahkan hasil yang diharapkan, namun hal ini dapat dikuasai dengan banyak latihan karena ala bisa karena biasa.

6. Kemampuan menyelesaikan masalah kompleks dengan dimulai dari melakukan identifikasi, menentukan inti utama masalah, melihat berbagai kemungkinan sebagai solusi, melakukan aksi/tindakan untuk menyelesaikan masalah, serta mencari pelajaran untuk dipelajari dalam rangka penyelesaian masalah.

7. People management adalah kemampuan untuk memimpin, mengatur dan memanfaatkan sumber daya manusia secara tepat sasaran dan efektif.

Terima kasih Diskominfo Kota Singkawang yang telah memberikan kesempatan kepada saya dan teman-teman RKIM mendapatkan pengetahuan baru di kegiatan SAIK 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner