produk sau chong mooncake
Kuliner Singkawang

Ragam Produk Sau Chong Mooncake Oleh-Oleh Singkawang

Hai selamat pagi, siang, sore, malam teman-teman pembaca inimulti.com . Apa kabar? semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan bahagia. Kali ini aku mau menemani teman-teman yang lagi santai dengan bacaan artikelku yang manis hehee… karena aku mau cerita tentang Kue Bulan. Udah tahu belum?. Kue bulan merupakan makanan tradisional masyarakat Tionghoa yang selalu menjadi sajian wajib pada perayaan Festival Musim Gugur setiap tahunnya. Masyarakat Tionghoa biasanya akan merayakan festival kue bulan pada tanggal 15 bulan 8 setiap tahun Imlek. Begitu juga masyarakat Tionghoa di Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Jika kamu ingin mendapatkan kue bulan di Singkawang, kamu bisa datang ke Sau Chong Mooncake.

Pada perayaan festival kue bulan, masyarakat Tionghoa akan berkumpul untuk menyantap kue bulan dan merayakan festival kue bulan bersama kerabat dan keluarga. Kue bulan berbentuk bulat seperti bulan. Ini karena kalau dilihat dari bumi, bulan bentuknya bulat.

Sebenarnya, ada makna lain lho. Professor Wei Shang dari Columbia University mengatakan bahwa “Bulat adalah lambang persatuan dan kekeluargaan”.

Kue bulan terdiri dari dua bagian yaitu kulit dan isi. Kulit yang lembut ini menyelimuti isi yang padat dan kaya rasa. Isi kue bulan juga beraneka rasa, ada kacang hijau dan manisan buah. Kemudian adonan ditekan dalam cetakan khusus sebelum dipanggang.

Sau Chong Mooncake

Kue bulan Sau Chong

Cetakan khusus kue bulan Sau Chong

Asal Mula Sau Chong Mooncake

Perusahaan Sau Chong sudah berdiri sejak tahun 1952. Kalau dihitung hingga sekarang sudah sekitar 68 tahun. Sudah lama sekali ya. Saat ini Sau Chong dikelola oleh generasi kedua yaitu Bapak Aphin.

Pak Aphin memperlihatkan sertifikat MUI

Ragam Produk Sau Chong Mooncake

Ada berbagai macam produk Sau Chong Mooncake. Mulai dari kue bulan, dodol, hingga yang best seller kue kacang hijau.

kue kacang hijau sau chong

Produk Sau Chong Best Seller Harga Rp 12.000

Daftar menu produk Sau Chong

Alamat Sau Chong Mooncake Oleh-Oleh Singkawang

alamat sau chong

Rumah produksi Sau Chong

Sau Chong Mooncake beralamat di Jalan Pastoran No.5 Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat.

Maps :

Melihat Pembuatan Produk Sau Chong

Pada pertengahan Juli 2020, aku dan teman-teman di Singkawang berkesempatan mengikuti kegiatan pelatihan guide yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kota Singkawang. Selama mengikuti kegiatan pelatihan kami diizinkan untuk melihat pembuatan ragam produk Sau Chong. Ini dokumentasinya :

Pembuatan kue bulan Sau Chong

Pembuatan kue kacang hijau

Satu persatu Pak Aphin memperlihatkan bahan-bahan yang digunakan hingga pembuatan kue. Mulai dari minyak, tepung, margarine, dan bahan-bahan lainnya. Bapak Aphin juga menjelaskan semua bahan yang digunakan adalah yang bersertifikat halal sehingga produk Sau Chong dapat dinikmati semua kalangan.

Tak hanya itu saja, kami juga boleh mencicipi kue kacang yang paling laris di Sau Chong. Hmm.. rasanya enak, manisnya pas dan super lembut karena terbuat dari tepung ketan.

Kue siap diicip

Nah, itu tadi cerita pengalamanku main-main ke rumah produksi kue bulan di Singkawang. Semoga bermanfaat bagi teman-teman pembaca. Boleh juga di share ke media sosial supaya lebih banyak lagi yang tahu tentang ragam produk Sau Chong Mooncake oleh-oleh Singkawang.

Teman-teman juga boleh request kira-kira tema apa lagi tentang Singkawang yang harus aku tulis di blog ini.

Salam Pasti ke Singkawang!!!
Blogger Singkawang

Dokumentasi : Putra GenPI Singkawang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Banner