Pengetahuan

Seru, Begini Cara Membuat Finger Painting

Saya punya keponakan perempuan usianya 2 tahun, Mika namanya. Di usianya sekarang dia lagi senang-senangnya mencoret-coret kertas. Entah apa yang digambarnya kadang tidak terpikirkan oleh saya. Saya pun mencari tahu mainan apa yang cocok untuk Mika. Saya membaca dari berbagai sumber artikel bahwa Finger Painting dapat meningkatkan kemampuan sensorik dan motorik halus anak. Apa itu finger painting? finger painting adalah kegiatan melukis secara langsung dengan jari tangan di atas bidang gambar dengan cara menggoreskan cat warna warni. Kegiatan ini sangat mudah dilakukan anak mulai dari bayi berusia 6 bulan maupun balita. Kegiatan ini juga melatih motorik halus Mika khususnya jari-jari supaya lebih lentur. Begini cara membuat finger painting.

cara membuat finger painting

Keseruan bermain finger painting
source : freepik.com

Manfaat Bermain Finger Painting

Finger painting tidak memerlukan alat untuk melukis, anak melakukannya langsung dengan tangan yang dapat mengembangkan aspek motorik anak. Kegiatan ini cocok untuk dimainkan bayi usia 6 bulan ke atas (yang sudah mampu duduk tegak) maupun anak balita untuk merangsang perkembangan fisik dan mentalnya.

Bermain finger painting memiliki banyak manfaat. Selain melatih motorik halus pada anak bermain finger painting juga bermanfaat untuk :
1. Quality time bersama anak
2. Alat bantu media untuk mengekspresikan seni mereka
3. Membantu anak untuk lebih rileks di sela-sela aktivitas yang padat
4. Melatih anak berekspresi menuangkan ekspresi jiwanya dengan warna-warna yang sesuai dengan kondisi emosionalnya
5. Mengembangkan kreatifitas
6. Belajar mengenal warna, dengan cara bermain finger painting, diharapkan anak dapat menyebutkan nama-nama warna
7. Mengurangi sifat hiperaktifitas pada anak penderita autis dan hiperaktif.
8. Mengembangkan koordinasi mata dan tangan.

Cara Membuat Finger Painting

Cat finger painting harus dibuat dengan pewarna yang aman. Bisa menggunakan pewarna makanan. Siapkan bahan dan alat yang diperlukan di bawah ini :

Bahan :
200 gram Tepung Kanji (Maizena)
Air dingin dan air panas
Pewarna makanan
Spatula
Gelas atau wadah plastik
Glitter
Tissue dan perlengkapan pembersih tangan.

Cara Membuat :
– Campurkan tepung maizena dengan air dingin, lalu aduk beberapa saat. Agar tidak lengket gunakan spatula kayu saat mengaduk.
– Tuang secangkir air panas ke dalam adonan. Aduk sampai tak ada gumpalan pada adonan.
– Masukkan adonan ke panci, lalu panaskan dengan api sedang sambil diaduk terus. Ketika adonan mulai mengental matikan kompor. Dinginkan adonan.
– Setelah adonan dingin, tuang ke dalam gelas atau wadah plastik. Tambahkan pewarna makanan yang berbeda pada tiap gelas. Tambahkan glitter
– Cat warna dari tepung maizena siap digunakan Si Kecil.

Mudah kan cara membuat cat finger painting ini? Bahan-bahannya mudah didapat dan tersedia di sekitar kita. Dengan menggunakan bahan-bahan yang aman, orang tua tak perlu lagi khawatir lagi saat Si Kecil menelan cat warna. Kalau baju anak ternoda cat ketika bermain finger painting, tinggal cuci dengan Rinso Anti Noda Deterjen Classic Fresh dalam varian bubuk atau cair. Baju yang ternoda cat akan kembali bersih seperti semula!. Meskipun begitu bermain finger painting ini tetap harus dalam pengawasan orang tua ya.

Bermain finger painting jika rutin dilakukan sangat cocok untuk menggali potensi sambil mengasah Kecerdasan anak. Finger painting memberikan peluang bagi anak untuk memunculkan ide-ide gambar bagi anak, yang kemudian dapat dituangkan oleh anak menjadi sebuah hasil karya yang sesuai dengan keinginan anak, unik, dan orisinil sehingga kreativitas anak dapat berkembang. Jadi pengen buat cat finger painting nih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Banner