Uncategorized

Trip ke Bukit Temenong Bersama Leppami Singkawang

Hallo, apa kabar teman-teman semua? semoga semuanya sehat ya karena aku mau kasih informasi buat kalian yang hobi mendaki bukit nih. Sudah menjadi kebiasaan kalau hari Sabtu adalah jadwalnya aku jalan-jalan dan explore tempat wisata di Singkawang tapi kali ini aku akan mengajak kalian sedikit beranjak dari kota Singkawang ke Kabupaten Bengkayang yaitu “Bukit Temenong”.

bukit_temenong

Bukit Temenong, Tanjung Gundul

Kata “temenong” itu sebenarnya artinya sama dengan termenung hanya saja dalam bahasa santai atau sehari-hari menjadi “temenong”. Aku jadi penasaran seperti apa Bukit Temenong ini akhirnya hari Sabtu kemaren tanggal 25 Februari 2017 aku dan kedua temanku Risma dan Tina jalan-jalan ke Bukit Temenong. Tapi sebelumnya karena aku tidak tahu dimana lokasi tempat ini aku menghubungi salah satu kenalanku namanya Hari untuk menemani kami. Hari pun menyanggupi dan mengatakan akan mengajak serta teman-teman dari komunitas pecinta alam karena Bukit Temenong adalah salah satu lokasi tempat mereka sering mengadakan operasi sampah yaitu membersihkan sampah-sampah yang ada di sekitar Bukit Temenong ini. Jadi kita juga harus ikut menjaga kebersihan tempat ini ya teman-teman.

Cuaca di hari Sabtu kemaren memang kurang bersahabat sehingga keberangkatan kami sedikit terlambat dari perjanjian awal pukul 14.00 wib sampai akhirnya berangkat pukul 15.30 wib atau jam setengah empat sore. Lokasi Bukit Temenung terletak di Dusun Tanjung Gundul, Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang. Waktu tempuh sekitar 30 menit dari pusat kota Singkawang untuk sampai di Pantai Kura Kura Beach (gambar di bawah)

pantai_kura_kura

kemudian sekitar 15 menit menuju ke Bukit Temenung seperti gambar di bawah :

bukit_temenong2

tempat memarkir kendaraan

dan terakhir 15 menit lagi untuk sampai di titik pertama.

bukit_temenong3

titik pertama Bukit Temenong

Bagus ya pemandangannya dari atas Bukit Temenong, untuk bisa sampai ke tempat ini aku akan jelaskan detailnya. Dari pusat kota Singkawang teman-teman jalan lurus saja ke arah Pontianak.

jalan_sedau

Jl. A. Yani

gerbang_kota_singkawang

kemudian lurus lagi melewati Pantai Samudra Indah

pantai_samudra_indah

Pantai Samudra Indah

Setelah sampai di pintu masuk Pantai Kura Kura Beach,

pintu_masuk_kura_kura_beach

pintu masuk Pantai Kura Kura (Kura Kura Beach)

sekarang kita menuju Bukit Temenong teman-teman harus berhati-hati karena kalau setelah hujan jalan menjadi licin.

perjalanan_ke_bukit_temenong

jalanan_licin

jalan yang becek dan licin

karena takut jatuh dari motor aku meminta bantuan Hari untuk membawa motorku.

jalanan_licin2

perkenalkan Hari dari LEPPAMI Singkawang

Dan akhirnya Risma juga minta tolong dibawakan motornya.

jalanan_licin3

perkenalkan Pandi dan Caul dari LEPPAMI Singkawang

Sepanjang jalan menuju Bukit Temenong kita akan disuguhi pemandangan pantai yang masih asri dengan pasirnya yang berwarna kuning keemasan indah sekali.

pantai_kurakura_beach

Pantai Kura Kura Beach

pantai

bukit_temenong

perkenalkan Erwin sang guide hehe.. dari LEPPAMI Singkawang

menanjak_bukit_temenong

jalur pertama

menanjak_bukit_temenong2

Jika teman-teman mulai merasa lelah teman-teman bisa break sejenak untuk memulihkan tenaga.

screenshot_2017-02-26-18-19-54

saatnya break

screenshot_2017-02-26-18-20-41

lanjut jalan lagi

menanjak_bukit_temenong3

Risma kelelahan

kecapean

Aku dan Tina juga kelelahan

menanjak_bukit_temenong4

lanjut jalan lagi

Dan ini satu pelajaran yang aku ambil dari mendaki bukit karena baru kali ini aku mengalami kelelahan yang amat sangat sampai setengah pingsan (baca : cutam) gara-gara aku minum air terlalu banyak (setengah botol air mineral 600 ml) pada saat break di bawah tadi.

Saat aku istirahat untuk yang kedua kalinya kepalaku rasanya berputar putar, pandangan gelap, keringat dingin, dan lemah tak berdaya (udah kayak lagu..) aku langsung meminjam spanduk yang dipegang oleh bang Caul yang memang menjadi personil di belakang kami untuk berjaga-jaga dan bruuk… 

cutam

salah satu anggota rombongan trip mengambil gambarku ketika aku cutam

Entah berapa lama aku seperti itu yang pasti Risma dan Tina dan rombongan lain sudah sampai di titik pertama yang jaraknya sekitar 3 menit lagi dari tempatku dan sudah berfoto-foto di sana. Dan akhirnya tiba-tiba sang penyelamat datang dia adalah seorang wanita yang aku tidak tahu namanya bahkan wajahnya pun belum sempat ku lihat karena setelah melakukan pertolongan dia langsung turun ke bawah karena sudah ditunggu oleh teman-temannya. Apa yang dilakukannya? kusebut saja namanya Angel rupanya bang Caul kenal dengan wanita baik hati ini dan langsung meminta tolong untuk memijat kepalaku. Tidak berapa lama aku kembali segar dan melanjutkan perjalanan ke atas. Terima kasih ya Angel 🙂 .

bukit_temenong1

pose dengan wajah masih pucat hehe…

Pemandangan dari atas sini benar-benar indah kita bisa melihat pulau-pulau antara lain Pulau Kabung, Pulau Lemukutan, Pulau Randayan, dan Pulau Penata. Sebenarnya masih ada titik kedua yang pemandangan nya lebih bagus lagi dari titik pertama tapi karena waktu tidak memungkinkan kami untuk melanjutkan naik ke atas.

pemandangan_di_bukit_temenong

pemandangan_di_bukit_temenong2

Terima kasih untuk komunitas pecinta alam LEPPAMI yang sudah menemani perjalananku dan teman-teman ke Bukit Temenong. Semoga kita bisa jalan-jalan lagi dilain waktu.

diatas_bukit_temenung

bg Caul dan Erwin

bersama_leppami_singkawang

(dari kiri ke kanan) Erwin, Dare, Pandi, Hari, aku sendiri, Caul dan yang motoin Amoon.

Mereka sering mengadakan trip ke tempat-tempat wisata baik di Singkawang, Sambas, Bengkayang kalau teman-teman mau ikut jalan-jalan bareng mereka teman-teman bisa menghubungi admin Hari di nomor 0821 5477 6802 (sekaligus WhatsApp) untuk jadwal trip selanjutnya tentunya dengan biaya murah meriah ala backpacker.

Ada satu lagi bonus kalau teman-teman berkunjung ke Bukit Temenong sore hari yaitu :

bias_pantai_kurakura_beach

sunset_di_pantai_kurakura

bias sunset

bertiga

Risma, aku, dan Tina

bias_senja

Ayo atur jadwal liburan teman-teman untuk mengunjungi tempat ini. Ohya, biaya masuk ke Pantai Kura Kura murah meriah Rp 5000 per orang bisa ditempuh dengan kendaraan mobil tapi sebaiknya menggunakan motor karena medan jalan yang sedikit ekstrim. Lain waktu aku akan menulis tentang Pantai Kura Kura karena menurutku pantai ini sangat cantik dan asri tapi masih jarang dikunjungi.

Selamat berkunjung.
Salam muter-muter 🙂
Share dan like kalau kamu senang dengan tulisan ini.

Terima kasih.

Video perjalanan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner