Pasti ke Singkawang

Waduk Pajintan (Kolam Raksasa)

Sebelumnya aku posting wisata alam baru di daerah Singkawang Utara sekarang kita beranjak ke daerah Singkawang Timur yaitu Waduk Pajintan atau Kolam Raksasa . Pertama kalinya aku tahu tempat ini dari seorang teman yang sudah pernah mengunjungi waduk ini  dia tinggal di daerah Singkawang Timur kebetulan jaraknya dekat. Selain itu aku juga mendengar dari Bapak Walikota Singkawang saat memberikan kata sambutan di acara festival Cap Go Meh 2017 tanggal 11 Februari lalu yang menyebutkan nama Waduk Pajintan menjadi wisata baru di Singkawang.

Karena itulah aku tertarik untuk mengunjungi dan menulis tentang wisata alam baru ini. Sebenarnya aku tidak tahu pastinya apa nama tempat ini mungkin karena waduk ini terletak di daerah Pajintan disebut Waduk Pajintan.

DCIM101MEDIA

besar dan luas

pemandangan_yang_indah

Letak Waduk Pajintan

Waduk Pajintan terletak di Kelurahan Pajintan, Kecamatan Singkawang Timur sekitar 10 kilometer dari pusat kota (aku menggunakan kendaraan sepeda motor) cukup jauh memang.

Teman-teman bisa lewat dari jalan Kalimantan menuju ke arah Roban kemudian terus saja sampai ketemu dengan tempat wisata Gunung Poteng Waterboom seperti gambar di bawah :

Setelah itu jalan lurus lagi sampai ketemu jembatan seperti ini :

Kemudian tidak jauh dari situ teman-teman akan ketemu dengan jalan kecil di sebelah kiri (kalau dari arah Singkawang) seperti ini :

Tidak ada nama gang atau plang di depan jalan masuk ke waduk ini patokannya adalah tidak begitu jauh setelah teman-teman melewati Gunung Poteng Waterboom (Villa Pajintan) kemudian ada gang di sebelah kiri belok kiri. Dari depan jalan teman-teman harus menempuh perjalanan lagi sekitar 3 kilometer atau kira kira 10 menit dengan medan jalan yang masih belum diaspal alias tanah kuning. Apalagi setelah hujan tanahnya menjadi becek dan licin jadi teman-teman harus berhati-hati ya.

jalan_masuk_waduk_masih_tanah_kuning

setelah hujan jalan menjadi becek dan licin

Oh ya, untuk ke tempat ini bisa dilalui oleh mobil karena jalannya cukup lebar. Awalnya aku mengira kalau aku salah jalan karena rasanya jauh sekali tapi setelah bertanya dengan penduduk setempat memang benar ini jalan ke Waduk Pajintan malu bertanya sesat di hutan kawan hehe… Teman-teman ikuti saja jalannya lurus sampai nanti ketemu tanjakan kecil seperti gambar di bawah ini dan akhirnya kita sudah hampir sampai.

tanjakan_kecil

tanjakan kecil

Masuk ke tempat ini tidak free teman-teman harus membayar Rp 5000 per orang.

bayar_masuk_waduk_pajintan

bayar biaya masuk waduk

setelah itu kita masuk.

masuk_waduk_pajintan

Begitu masuk dan melihat waduk ini waaah… memang waduk ini sangat besar cocok disebut kolam raksasa.

waduk_besar

Sepertinya tempat wisata baru ini belum selesai sempurna karena itu teman-teman harus membawa air mineral atau makanan kecil dari luar jika ingin berlama-lama karena belum ada kantin di sini. Aku juga melihat beberapa orang yang berenang di kolam raksasa ini memang jika melihat airnya yang jernih berwarna biru rasanya ingin sekali berenang. Tapi kalau teman-teman tidak bisa berenang jangan mencoba masuk ke kolam ya karena sepertinya kolam ini dalam.

ada_yang_berenang_di_kolam_pajintan

pengunjung yang berenang

Sayang sekali ada beberapa property yang rusak seperti lampu-lampu di pinggir kolam ada yang pecah. Mari kita sama-sama menjaga lingkungan sekitar tempat wisata juga menjaga kebersihannya.

Banyak pengunjung yang datang mengunjungi tempat ini ada yang berenang, duduk-duduk santai, ngobrol dengan teman-temannya di pinggir kolam, dan ada juga yang mengabadikan momen.

DCIM101MEDIA

pemandangan gunung yang indah jadi tertutup awan karena cuaca kurang bersahabat

kolam_waduk_raksasa

dengan latar belakang pemandangan gunung-gunung yang indah

memandang_pemandangan_gunung_yang_cantik

menikmati senja yang kurang sempurna karena cuaca mendung

Kolam ini sangat luas bahkan untuk mengitarinya setengah saja aku rasanya sudah capek apalagi waktu sudah sore dan cuaca mendung. Di sebelah kanan aku berdiri itu ada satu lagi kolam yang ukurannya lebih kecil dari kolam utama.

waduk_kedua

kolam kedua

waduk_kedua2

kolam kedua

Waduk Pajintan ini memang menarik dan punya pemandangan yang sangat indah karena di kelilingi gunung-gunung. Semoga akses jalan menuju ke tempat wisata ini segera di perbaharui agar pengunjung lebih nyaman untuk mengunjungi Waduk Pajintan. Masih banyak hal yang ingin ku ketahui dari waduk ini seperti berapa kedalaman air, apa kandungan air dalam kolam ini, darimana air kolam ini berasal, dan lain-lain mungkin besok atau lusa aku akan datang lagi ke sini untuk mencari jawabannya tentunya bersama teman-temanku.

gunung_jempol

Semoga obyek wisata Kalimantan Barat di Singkawang semakin maju dan semakin banyak pengunjung datang untuk berkunjung ke kota kita tercinta ini. Dan semoga Waduk Pajintan ini menjadi bagian dari jejaring wisata Kalimantan Barat khususnya kota Singkawang klik link jewita Kalbar untuk informasi tempat wisata lainnya.

blogger

blogger3

Selamat berkunjung.
Salam muter-muter 🙂
Share dan like kalau kamu senang dengan tulisan ini.

Terima kasih.

Video perjalanan :

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Pesona Kalbar 2017 Jejaring Wisata Kalimantan Barat.

banner-1024x342

This Post Has 0 Comments

  1. arigamcoy Reply

    Wiss update trus ni blog 🙂

    info2nya sangt membantu..

  2. Markus rintego Reply

    Keren nih untuk dikunjungi. 👨‍👩‍👦‍👦👨‍👩‍👧‍👧

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner