bumi semakin panas dan dampaknya untuk kemanusiaan
Pengetahuan

Penyebab Bumi Semakin Panas dan Dampaknya Bagi Kemanusiaan

Perubahan iklim makin hari semakin cepat terjadi. Apa itu perubahan iklim? Perubahan iklim adalah perubahan pada suhu, curah hujan, pola angin dan efek-efek lain secara drastis. Salah satu perubahan iklim yang sering terjadi adalah bencana alam yang terkait dengan suhu bumi yang semakin meningkat. Bumi makin panas ini kode merah untuk kemanusiaan. Di tempatku sendiri di Singkawang aku merasakan hari-hari semakin panas. Bulan Oktober yang biasanya musim hujan sekarang malah panas dan kemarau. Terlebih di dua tahun terakhir ini cuaca tak menentu ditambah pandemi Covid-19 yang tak kunjung berlalu.

Aku dan mama di rumah sering membahas tentang bumi semakin panas. Semua dimulai dari celotehan mama yang bilang “Kenapalah makin hari makin panas dunia ini?”. Dengan pengetahuanku yang terbatas aku mencoba menjelaskan ke mama tentang perubahan iklim. Entah mengerti atau bingung kulihat mama mengangguk-angguk kepala mendengar penjelasanku.

Pucuk dicinta ulam pun tiba di Eco Blogger Squad Online Gathering pada Jumat 15 Oktober 2021 membahas tema “Bumi Semakin Panas, Kode Merah Untuk Kemanusiaan”. Kak Anggalia Putri Permatasari (Knowledge Management Manager Yayasan Madani Berkelanjutan) memaparkan penyebab bumi semakin panas dan dampaknya bagi kemanusiaan.

Penyebab Utama Perubahan Iklim

Penyebab perubahan iklim terdiri dari berbagai faktor. Tahukah kamu yang menjadi penyebab utama perubahan iklim ini aktivitas manusia. Iya, aktivitas kita sehari-hari seperti :
– mengendarai kendaraan bermotor bahan bakar bensin mengandung banyak polusi kimia termasuk CO2
– pembuangan sampah merupakan lokasi pembusukan sampah yang mengandung banyak gas methan,
– Pertanian dan peternakan Saat petani menambah pupuk penyubur nitrogen ke dalam tanah, beberapa dari nitrogen tersebut berubah menjadi Nitro Oksida (N2O), gas rumah kaca yang sangat kuat.

Dampak Perubahan Iklim Bagi Kemanusiaan

Berdasarkan laporan ke 6 dari IPCC (Intergovernmental Panel on Climate Change) yang disampaikan Kak Anggi berjudul RED CODE FOR HUMANITY yang sempat menjadi highlight di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Laporan tersebut berisi rangkuman keadaan iklim dunia saat ini yaitu:

– AR6 : Bumi memanas lebih cepat, sudah pasti akibat perbuatan manusia
– Krisis iklim : meluas, makin cepat, makin intensif, belum pernah disaksikan sebelumnya (unprecedented)
– Indonesia “highly vulnerable” terhadap dampak krisis iklim
– Di Indonesia, emisi terbesar dari hutan dan lahan, tapi akan disusul sektor energi (batubara)
– Kesempatan terakhir capai 1,5C di dekade ini
– Dalam semua skenario emisi, batas aman 1,5C akan terlampaui pada awal tahun 2030-an
– PDB hilang 2,5 – 7% pada 2100 karena krisis iklim.

Dampak yang paling berat terjadi pada kelompok termiskin. Ngeri ya. Oleh karena itu, yuk kita sama-sama berbuat sesuatu untuk menyelamatkan bumi kita. Mengurangi emisi atau jejak karbon Dengan apa?

Jejak karbon adalah jumlah karbon atau gas emisi yang dihasilkan dari berbagai aktivitas menusia pada kurun waktu tertentu baik secara langsung atau tidak langsung.

Cara mengurangi jejak karbon :

– Stop penggunaan batubara dan beralih ke energi bersih terbarukan (tenaga surya, angin, dan sebagainya)
– Lindungi hutan alam tersisa dan tekan deforestasi
– Jangan buka gambut dan cegah karhutla
– Restorasi dan rehabilitasi ekosistem alam, termasuk hutan, mangrove, gambut
– Adaptasi, terutama untuk kelompok rentan
– Kurangi jejak karbon dari makanan, fashion, fuel
– Organize and mobilize! Termasuk dengan menulis

Sebagai generasi muda kita bisa #bergerakbersama #spreadthetruth. Tuntut perubahan sistemik. Harus bergerak bersama, all hands on deck!.

Abis ini kalau ada lagi yang tanya kenapa bumi ini semakin panas aku tinggal kasih aja link artikel ini. Yuk, sayangi bumi selamatkan bumi dengan mengurangi jejak karbon.

sumber :
http://ditjenppi.menlhk.go.id/kcpi/index.php/info-iklim/perubahan-iklim
http://ditjenppi.menlhk.go.id/kcpi/index.php/info-iklim/dampak-fenomena-perubahan-iklim/dampak/355-dampak-perubahan-iklim-terhadap-kesehatan-manusia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Banner