Pasti ke Singkawang

Cantiknya Bunga Mei hwa di Singkawang

Bulan Januari tepatnya tanggal 28 Januari 2017 hari sabtu adalah Hari Raya Imlek atau tahun baru China yang biasanya dirayakan meriah oleh suku Tionghoa di Singkawang. Biasanya sebelum masa Imlek tiba akan banyak pernak-pernik atau aksesoris menghiasi kota Singkawang. Seperti ada replika Naga raksasa  sepanjang 178 meter di Singkawang Grandmall yaitu satu-satunya Mall yang ada di Singkawang yang dipersembahkan oleh SANTO YOSEP SINGKAWANG GROUP juga beberapa lampion yang sudah terpasang di jalan-jalan kota Singkawang.

Dan yang paling menarik perhatian aku adalah bunga Mei hwa. Ya, bunga cantik berwarna pink ini ada di Singkawang loh. Walaupun ini bunga plastik yang menyerupai bunga Mei hwa tapi tidak mengurangi arti dan maknanya.

Setelah menyelami dunia mbah google dan beberapa penjelasan dari teman-teman yang merayakan Imlek bunga Mei hwa itu menjadi lambang harapan, kebahagiaan, kesejahteraan, keuletan, kekuatan dalam menghadapi kesulitan.

Menjelang Hari Raya Imlek banyak yang menjual bunga Mei hwa imitasi untuk dipasang di rumah sebagai dekorasi ruangan dalam bentuk pohon kecil yang ditaruh di dalam pot. Biasanya juga akan ditambah hiasan Angpao atau amplop kecil berwarna merah dan lampion kecil yang digantung di pohon bunga Mei hwa. Informasi dari Wikipedia Angpao adalah bingkisan dalam amplop merah yang biasanya berisikan sejumlah uang sebagai hadiah menyambut tahun baru Imlek atau perayaan lainnya. Angpao yang digantungkan tadi akan diberikan kepada keluarga yang berkunjung dengan cara ditawarkan untuk memilih salah satu dari Angpao tersebut. Wahsenang ya.

Dan di Singkawang ada salah satu tempat yang memasang pohon bunga Mei hwa yang besar dan tinggi. Nama daerahnya adalah Kali Asin Luar, Singkawang Selatan kurang lebih 15 menit dari pusat kota menggunakan sepeda motor seperti foto di bawah ini :

kaliasin-luar

PEMERINTAH KOTA SINGKAWANG
DINAS KEBUDAYAAN PARIWISATA
PEMUDA DAN OLAHRAGA
HERITAGE
PECINAN JAM TANG
(Kampung Kali Asin Luar)
Perkampungan etnis China pada masa kolonial yang terkenal sebagai sentra produksi garam
Bangunan ini dilindungi oleh UU Nomor 11 Tahun 2010
Tentang Cagar Budaya.

taman-bunga-mei-hwa

pohon bunga Mei hwa yang menjulang tinggi

Setiap tahunnya, menyambut Hari Raya Imlek kurang lengkap rasanya kalau tidak ada hiasan yang satu ini, ya lampion. Lampion berbagai macam ukuran ada yang kecil, sedang, bahkan yang besar menghiasi rumah dan sepanjang jalan seperti foto di bawah ini:

img_20170122_131427

gerbang masuk taman

Dan bunga Mei hwa ini selalu jadi hal paling menarik menurutku selain Lampion dan Angpao.

bunga-mei-hwa-singkawang2

bunga-mei-hwa-singkawang

serasa berada di pohon aslinya kan… hehe

diantara-bunga-mei-hwa2

lihatlah warnanya yang cantik…

diantara-bunga-mei-hwa

The world will be brighter from behind your smile.

Biasanya bunga Mei hwa ini juga ada di pameran seperti di lapangan Kridasana Singkawang seperti tahun-tahun sebelumnya yang mana selalu ramai dikunjungi oleh masyakarat Singkawang pada umumnya untuk berfoto dan mengabadikan hal-hal menarik yang dipamerkan di sana.

Pameran seperti ini selalu menjadi obyek wisata Kalimantan barat khususnya kota Singkawang yang menarik perhatian pengunjung baik dari dalam kota maupun luar kota Singkawang.

Puncak acara perayaan Imlek di Singkawang adalah pada hari ke-15 yaitu CAP GO MEH, yaitu atraksi Tatung yang melakukan aksi yang ekstrim. Setiap tahun pengunjung selalu ramai datang menyaksikan festival ini.

capture-bunga-mei-hwa2

Bagaimana, cantik kan bunganya?. Kamu bisa datang ke sini untuk mengabadikan bunga-bunga cantik ini. Aku memang tidak merayakan Hari Raya Imlek tapi aku suka dengan kebudayaan yang ada di Singkawang karena aku cinta Singkawang. Mari kita dukung kebudayaan ini sebagai jejaring wisata Kalimantan Barat agar selalu berkembang untuk kedepannya.

Happy Chinese New Year 2017
Gong Xi… Gong Xi… Xin Nian Kuai Le…
May God Bless your Family

Ini video Pameran menyambut Hari Raya Imlek di kota Singkawang, ada Replika Naga raksasa yang ada di Singkawang Grandmall dan bunga Mei hwa di Kali Asin Luar, Singkawang Selatan.

Referensi :
http://www.tribunnews.com/lifestyle/2012/01/23/bunga-mei-hwa-bukan-hanya-ornamen-imlekhttp://www.beritasatu.com/nasional/246194-ini-arti-bunga-mei-hwa-bagi-masyarakat-tionghoa-kalbar.html

http://www.bungabutik.com/legenda-dan-makna-bunga-mei-hua.html

http://www.tribunnews.com/travel/2016/02/25/foto-foto-keindahan-bunga-meihua-bunga-kebanggaan-masyarakat-tiongkok

https://id.wikipedia.org/wiki/Angpau

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner