english camp singkawang
Event Singkawang

English Camp Singkawang Event

Bahasa Inggris menjadi bahasa yang penting untuk kita pelajari. Selain dari sekolah belajar Bahasa Inggris bisa kita dapatkan darimana saja contohnya nonton film, membaca buku, mendengarkan musik, dan mengikuti English Camp. MEF (Mastering English Faster) Community salah satu tempat kursus Bahasa Inggris di Singkawang mengadakan kegiatan English Camp Event tingkat sekolah dasar yang kali ini diikuti oleh adik-adik kelas 6 SD Al-Azhar Pontianak. Sebanyak 58 murid serta 12 orang tua dan guru pendamping mengikuti kegiatan ini. English Camp Singkawang Event berlangsung selama tiga hari di lokasi yang berbeda-beda dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris. Aku dan Armin (Blogger Singkawang) menjadi salah satu panitia di dalam kegiatan ini, so excited! 🙂

english camp singkawang event

Kegiatan English Camp Singkawang

First Day
Friday, October 13, 2017

Rombongan tiba di Singkawang dan langsung menuju Hotel Swiss Belinn di area Singkawang Grandmall. Kegiatan resmi dibuka oleh Mr. Supriyadi selaku owner MEF Community. Peserta English Camp dibagi menjadi 6 kelompok terdiri dari 3 kelompok laki-laki dan 3 kelompok perempuan. Kegiatan pertama rombongan diajak Field Trip ke Tungku Naga yaitu sebuah alat dalam proses produksi tempayan keramik di Singkawang. Proses pembuatan keramik ini masih menggunakan cara tradisional dengan pembakaran menggunakan tungku khusus yang disebut Tungku Naga. Ohya, beberapa anak juga mendapat kesempatan untuk mencoba membuat keramik loh.. :D.

belajar membuat keramik

Selanjutnya mereka diajak mengunjungi Singkawang Heritage di Kawasan Tradisional Rumah Keluarga Tjhia. Rumah Keluarga Tjhia adalah warisan budaya peninggalan Xie Shou Shi (dalam dialek Singkawang dibaca : Tjhia Siu Si) Xie adalah seorang petani pekerja keras hingga menjadikan dirinya terpandang di mata masyarakat. Kemudian setelah mendapat tanah hibah dari pejabat setempat, Xie mulai membangun sebuah rumah besar dimasanya dengan arsitektur timur-barat yang hingga kini masih berdiri kokoh dan ditempati oleh generasi ketujuh.

Setelah lelah berkeliling di Singkawang, rombongan menikmati dinner di Restoran Sambal Sambal di Singkawang Grandmall.

Tiba saatnya belajar Bahasa Inggris adik-adik peserta English Camp diberikan materi English Super Fast 1 sambil bermain. Mereka juga membuat yel yel sesuai kelompoknya masing-masing. Mereka bahagia sekali terlebih yang menjadi pemenang game hadiahnya mereka bisa main hoverboard gratis yeayyy!

Lihat keceriaan mereka dalam video di bawah ini:

Second Day
Saturday, October 14, 2017

Hari ini kami mengunjungi Kampung Inggris yang ada di Singkawang yaitu Sinka Education And Training Centre Pajintan, Singkawang Timur. Kami disambut oleh penampilan apik dari students di sana. Mengapa dinamakan Kampung Inggris? karena ketika kita menginjakkan kaki di tempat ini bahasa yang kita gunakan adalah Bahasa Inggris. Tentu saja tujuannya adalah untuk membiasakan diri learning by doing supaya cepat lancar speaking english-nya. Mr. Aria Jalil memberikan penjelasan tentang Kampung Inggris, adik-adik peserta English Camp juga mendapatkan materi Bahasa Inggris Activity English Super Fast 2.

english camp singkawang di kampung inggris

Mr. Aria Jalil

Kegiatan selanjutnya persiapan untuk menampilkan Art & Cultural Performance di Singkawang Grandmall pada malam harinya. Masing-masing kelompok harus menampilkan satu pertunjukan boleh menari, drama, atau bernyanyi. Adik-adik kelompok 6 alias anak-anak aku memilih menampilkan tarian modern dance dengan iringan lagu dari Charlie Puth yang berjudul “Attention”. Mereka sangat semangat berlatih untuk menampilkan yang terbaik.

Masih di wilayah Singkawang Timur, adik-adik peserta English Camp dilatih untuk talk a lot di Waterboom/Taman Cinta sekaligus melatih kegigihan dalam permainan treasure hunt mencari kata-kata tersembunyi di area Taman Cinta. Untuk menambah pengetahuan Crafting juga ada kegiatan membatik Tai-dai. Mereka kreatif sekali bisa membuat berbagai macam pola diselembar kain yang diikat dengan karet gelang kemudian dicelupkan ke dalam pewarna khusus dan taraaa… hasilnya cantik dengan pola yang berbeda-beda.

Panitia foto bersama guru-guru SD Al Azhar Pontianak

Pada malam harinya dan ini adalah acara yang paling ditunggu-tunggu yaitu Art dan Culture Performance dari masing-masing kelompok. Mereka menampilkan pertunjukan di Pasar Ramai Singkawang Grandmall yang saat itu sedang ramai pengunjung. Ada yang menampilkan drama, tarian, dan bernyanyi. Seru dan sangat menyenangkan dengan latihan yang singkat mereka bisa tampil dengan penuh rasa percaya diri.

Third Day
Sunday, October 15, 2017

Hari terakhir kegiatan English Camp diisi campaign tentang lingkungan hidup. Kali ini hadir Ms. Theresia dari WWF Indonesia memberikan materi kepada adik-adik tentang pentingnya menanam Pohon Bakau/Mangrove. Ya, sejak kecil kita perlu mengetahui tentang tanaman yang istimewa ini, Mangrove. Peserta English Camp mendengarkan dengan baik penjelasan dari Ms. Theresia, sesekali Ms. Theresia memberikan pertanyaan kepada mereka.

Ms. Theresia dari WWF Indonesia Pontianak

Kegiatan terakhir adik-adik mengikuti outbound, karena waktu yang singkat mereka bermain dua permainan saja. Walaupun begitu, adik-adik dari Al Azhar Pontianak tetap antusias mengikuti permainan outbound yang telah dipersiapkan oleh panitia. Permainan pertama, setiap kelompok harus berpindah dari satu sisi ke sisi yang lain melewati hula hoop tapi tidak boleh mengenai bagian tubuh seperti kepala, badan, tangan, dan kaki. Jika salah satu anggota kelompok melakukan kesalahan maka kelompok tersebut akan didiskualifikasi. Permainan ini seru sekali masing-masing anggota berusaha menjaga agar anggota lainnya tidak didiskualifikasi :D.

Permainan kedua, masih bertemakan kerjasama setiap kelompok memegang seutas tali yang diikat disebuah toples yang diatasnya diletakkan air mineral cup. Mereka harus membawa air mineral cup tersebut dari garis start ke garis finish tanpa menjatuhkannya. Siapa yang duluan sampai digaris finish dialah pemenangnya, seru kan?!.

Penutupan

Hiks.. sedih English Camp Singkawang Event harus berakhir. Sedih harus berpisah dengan adik-adik yang lucu dan cerdas seperti mereka. Setelah membagikan hadiah dari evaluation game di hari-hari sebelumnya kamipun berpisah. Kami saling bersalaman, turut hadir Kepala Sekolah Al Azhar Pontianak Bapak Meddy Andreas, M.Pd memberikann motivasi kepada adik-adik peserta. Sampai ketemu lagi peserta English Camp Singkawang Event bersama MEF Community, terus belajar, dan tingkatkan terus english conversation-nya yah.. 🙂

(Content by : Multi & Armin)

#BloggerSingkawang

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner