hari bakti kementerian pupr dengan menanam pohon
Event Singkawang

Hari Bakti Kementerian PUPR ke-72 di Embung Pajintan

Hari Bhakti PU ke-72 Gerakan Peduli Mitigasi Bencana di Kalbar BALAI Wilayah Sungai Kalimantan I (BWSK I) menggelar kegiatan Gerakan Peduli Mitigasi Bencana di Kalimantan Barat. Aku dan Edo Pavo dari Blogger Singkawang turut diundang untuk mengikuti rangkaian kegiatan ini.

hari bakti kementerian pupr ke-72

Kegiatan digelar BWSK I bersama Dharma Wanita Persatuan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DWP PUPR) Kalbar, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XI (BBPJN XI), dan Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman (Satker PSPLP) Kalbar. Gerakan Peduli Mitigasi Bencana digelar serempak di seluruh Indonesia pada 27-28 November 2017. Kegiatan yang digelar berupa penanganan sampah (27/11) dan penghijauan berupa penanaman pohon (28/11).

Gerakan Peduli Mitigasi Bencana di Kalbar dipusatkan di Kota Singkawang. Dalam arahannya, Dr Ir M Basuki Hadimulyono MSc, Menteri PUPR menyampaikan, Hari Bakti PU ke-72 mengambil tema perlindungan dan optimalisasi fungsi situ, danau, embung, waduk, dan sumber air permukaan lainnya.

Tema tersebut mengandung makna, saat ini yang menjadi penyebab utama bencana alam di Indonesia adalah penyempitan badan air, alih fungsi lahan, sedimentasi, dan pendangkalan, serta hilangnya mata air.

“Untuk itu, upaya perlindungan dan optimalisasi fungsi air, seperti situ, danau, embung, dan waduk sangat penting dilakukan agar air yang melimpah fungsinya tidak menjadi bencana bagi masyarakat Indonesia,” katanya.

Sementara itu, dalam laporannya, Ir Iriandi Azwartika SP1, ketua panitia penyelenggara Gerakan Mitigasi bencana dalam Hari Bakti PU ke-72 di Kalbar menyampaikan, kegiatan memiliki tiga agenda utama, yaitu kunjungan ke tempat penanganan sampah, sarasehan, dan penghijauan.

“Kegiatan penanganan sampah kami gelar di TPS 3R Gayung Bersambut, Kelurahan Semelagi Kecil, Singkawang Utara,” ujarnya.

Sarasehan digelar di aula Hotel Dangau Singkawang, dengan menghadirkan tiga narasumber, yaitu Ir Rudolf MKes membawakan materi penanganan sampah, Hendri Sutrisno ST MT materi mitigasi dan manajemen bencana, serta Fajar materi konservasi Mempawah Mangrove Park.

“Untuk materi penanganan sampah dipaparkan terkait pengelolaan sampah melalui pola pendekatan berbasis masyarakat,” katanya.

Manajemen bencana berupa segala upaya pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan, tanggap darurat, dan pemulihan berkaitan dengan bencana yang dilakukan pada sebelum, pada saat, dan setelah bencana. Mitigasi bencana dilakukan untuk mengurangi risiko bencana bagi masyarkaat pada kawasan rawan bencana.

Materi konservasi terkait upaya Mempawah Mangrove Conservation dalam mencegah abrasi di kawasan pesisir Desa Pasir.

“Untuk kegiatan penghijauan kami lakukan di Embung Pajintan Singkawang. Kami tanam sebanyak 700 bibit pohon buah. Selain itu, terdapat total 4.300 bibit pohon yang ditanam dalam kegiatan gerakan peduli mitigasi bencana di Kalbar,” pungkasnya.

Sementara itu Asisten II Walikota Singkawang, Bujang Sukrie mengatakan pembangunan Embung pajintan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya di Kota Singkawang.

Penyerahan Bibit Secara Simbolis

Bibit diserahkan secara simbolis kepada :
Dharma Wanita Persatuan Balai Wilayah Sungai Kalimantan 1
Dharma Wanita Persatuan Dinas PU Provinsi Kalimantan Barat
Dharma Wanita Bina Marga
Dharma Wanita Cipta Karya
Komunitas

hari bakti kementrian pupr penyerahan bibit pohon

kemudian dilanjutkan dengan foto bersama

Acara selanjutnya penyerahan plakat kepada :
1. Walikota Singkawang diwakili oleh Asisten 2 Bapak Bujang Sukri
2. Bapak Camat Singkawang Timur
3. Bapak Lurah Pajintan
4. Kepala Bidang Cipta Karya
5. Kepala Bidang Bina Marga
6. DWP Dinas PU Provinsi Kalimantan Barat
7. DWP Cipta Karya
8. DWP Bina Marga
9. Dandim
10. Satker Cipta Karya
11. Satker Bina Marga

Hari bakti Kementrian PUPR ke-72 ini berlangsung ceria. Acara selanjutnya menanam bibit pohon. Pohon memiliki fungsi hidropologi dengan penyerapan air hujan dan menjadikan daerah penanaman pohon sebagai daerah resapan dan ketersediaan air tanah yang dapat mendukung pemenuhan kebutuhan air. Semoga kegiatan menanam pohon ini menjadi kebiasaan positif masyarakat khususnya di Kota Singkawang.

hari bakti kementrian pupr

Mari menanam pohon

Aku juga ikut menanam pohon dong hehe..

Selamat merayakan Hari Bakti Kementerian PUPR ke-72

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner