singkawang smart city
Info Menarik

Singkawang Menuju Kota Cerdas (Smart City)

Singkawang adalah kota yang sedang berkembang di Kalimantan Barat. Terletak 145 km dari Kota Pontianak, ibukota provinsi Kalimantan Barat atau sekitar empat jam perjalanan darat. Terdapat lima kecamatan di Singkawang yaitu Kecamatan Singkawang Tengah, Singkawang Barat, Singkawang Timur, Singkawang Utara dan Singkawang Selatan. Kota Singkawang baru saja merayakan hari jadinya yang ke-16 pada 17 Oktober yang lalu. Aku sendiri tinggal di Singkawang sejak tahun 1995 dan selalu memperhatikan perkembangan kotaku tercinta ini.

Tentang Smart City

Secara harfiah, smart city dapat diartikan sebagai “kota cerdas”. Smart city adalah konsep kota cerdas yang dirancang guna membantu berbagai hal kegiatan masyarakat, terutama dalam upaya mengelola sumber daya yang ada dengan efisien, serta memberikan kemudahan mengakses informasi kepada masyarakat, hingga untuk mengantisipasi kejadian yang tak terduga sebelumnya.

Tujuan utama dari diadakannya smart city antara lain untuk membentuk suatu kota yang aman dan nyaman bagi warga serta untuk memperkuat daya saing kota dalam hal perekonomian. Sehingga dapat dijelaskan bahwa tujuan pelaksanaan smart city dapat dibagi menjadi 3 agenda utama, yaitu untuk menunjang kota di dalam dimensi sosial (keamanan), ekonomi (daya saing) dan lingkungan (kenyamanan).

sumber : http://smartcity.wg.ugm.ac.id/?p=5958

Jakarta dan Bandung adalah contoh kota di Indonesia yang sudah menerapkan Smart City. Jakarta dengan ruang Jakarta Smart City Lounge, merupakan command center yang mengoperasikan segala komponen TIK Smart City. Dari ruang itu juga staf Smart City bisa menerima pengaduan masyarakat terkait permasalahan sosial seperti banjir, sampah, macet, tempat wisata, wilayah rawan krimininalitas, hingga pelayanan izin dan lain-lain melalui aplikasi yang dibuat oleh Tim Jakarta Smart City Lounge.

Di Kota Bandung, Pemerintah Kota Bandung serius mengagendakan Bandung Smart City. Melalui ruang Bandung Command Center ada beberapa aspek utama yang menjadi prioritas antara lain pariwisata dan transportasi, pelayanan publik dan bisnis, pendidikan dan kesehatan serta pengelolaan pemerintah.
Kota Bandung juga pernah mewakili Indonesia terpilih masuk finalis 6 besar dunia untuk Inovasi Smart City dari World Smart City Organisation 2015 di Barcelona.
sumber : Dikutip dari bandung.go.id

Pertanyaannya adalah seperti apa bentuk kota cerdas untuk Singkawang?

Ya, dibanding Jakarta dan Bandung serta kota-kota besar lain di Indonesia memang Singkawang masih terlalu muda untuk menerapkan Smart City yang berdampak besar dan bisa dirasakan langsung oleh masyakarat Kota Singkawang. Tapi, sebagai warga Kota Singkawang yang mendambakan kotaku menjadi satu dari 100 smart city di Indonesia, Berikut opiniku berdasarkan sektor unggulan di Singkawang :

Smart Tourism

Seperti yang kita ketahui Kota Singkawang terkenal dengan perayaan festival Cap Go Meh yang sudah mendunia. Tahun demi tahun pengunjung yang ingin menyaksikan langsung Tatung di Singkawang semakin bertambah. Ya, sektor pariwisata cukup berkembang di Singkawang. Karena letak geografis Singkawang yang dikelilingi oleh pegunungan, laut, pantai dan alamnya yang masih alami. Hanya saja perlu adanya perbaikan pelayanan pengunjung contohnya :

No.MasalahSolusi
1Sulitnya mendapatkan informasi akurat mengenai pelayanan pariwisata.Aplikasi Sistem Informasi Pariwisata Singkawang yang berisi Info Penginapan, Transportasi, Lokasi Akurat, dan Informasi Fasilitas yang ada di tempat wisata tersebut.
3Kurangnya kebersihan di tempat-tempat wisataMembangun sebuah sistem Waste Management terpusat.

Smart Service

Pelayanan publik di Singkawang seperti halnya pariwisata, layanan publik adalah hal utama untuk menjadi kota cerdas  atau Singkawang Smart City.

No.MasalahSolusi
1Sulitnya mendapat informasi pelayanan publik yang diinginkanMembuat aplikasi Open Data agar dapat berbagi informasi baik untuk masyarakat Singkawang atau pengunjung yang datang ke Singkawang.
2Masyarakat Singkawang belum semua melek internetDipasang WI-FI gratis di beberapa titik seperti taman, alun alun dan tempat umum lainnya.
3Layanan kesehatan masih offlineLayanan kesehatan online, seperti pendaftaran, pendataan, rekam medis, resep dokter, pembayaran dilakukan secara online. Pasien dapat diberikan e-card layanan kesehatan.
4Pengetahuan tentang smart city yang masih kurangMemberikan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang smart city.
5Pelayanan keamanan publikSelain pemasangan CCTV juga membuat aplikasi warning, yaitu sebuah aplikasi agar masyarakat dapat melaporkan tindak kriminalitas secara realtime sebagai Public Safety.

Smart Infrastructure

Aktifitas masyarakat Singkawang tidak lepas dari peningkatan infrastruktur yang baik karena dapat menunjang ekonomi dan peningkatan sumber daya masyarakat. Berikut beberapa masalah dan solusinya :

No.MasalahSolusi
1Masalah kualitas air bersihWater Quality Control by Application System
2Listrik yang bermasalah tidak ditangani dengan segeramembangun sebuah sistem seperti Smart Street Lights agar masyarakat dapat mengantisipasi pemadaman listrik yang tidak diketahui
3Kurangnya  peluang usaha karena keterbatasan pengetahuan tentang dunia usaha onlinemembuat e-commerce lokal yang dapat menjaring UKM dari semua kalangan
4Masalah Parkir yang masih belum tertata rapimembuat aplikasi Smart Parking

Semoga dengan tambahan sentuhan teknologi digital Kota Singkawang menjadi bagian dari #Menuju100SmartCity.
Singkawang Menuju Kota Cerdas. Go Singkawang Smart City!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner