telematics control management room singkawang
Singkawang

Singkawang Menuju Smart City, Telematics Control Management Room Resmi Dibuka

Masyarakat Kota Singkawang patut berbahagia, sebab Singkawang menuju Smart City Telematics Control Management Room diresmikan hari ini Rabu, 15 Januari 2020 di kantor Wali Kota Singkawang. Apa itu Telematics Control Management Room? Seperti apa fungsinya? Yuk kita kenali :

Apa itu Telematics Control Management Room?

Dalam sambutannya, kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang Bapak Ahyadi menjelaskan tentang Telematics Control Management Room sebagai berikut :
Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, pemerintah Kota Singkawang membangun ruang kontrol atau control room yang diberi nama TELEMATIKA CONTROL MANAGEMENT. Tujuannya sebagai tempat dan tools pimpinan dalam mengambil segala bentuk kebijakan baik untuk mendukung rencana aksi dan program kerja Pemkot Singkawang. Selain itu juga, dapat digunakan untuk presentasi data milik Pemkot Singkawang, memonitor aplikasi-aplikasi milik OPD di lingkungan Pemkot Singkawang.

Ruang kontrol atau Control Room ini merupakan ruangan pusat visualisasi dan integrasi data. Baik yang diperoleh melalui online, offline, internal maupun eksternal yang disajikan secara bersamaan di sebuah layar lebar video wall.

Dok. Kominfo Singkawang

Salah satu fungsi control room adalah sebagai monitoring room dan ruang kendali pimpinan daerah. Untuk mewujudkan ruangan kontrol yang baik dibutuhkan juga peningkatan interior gedung/aula yang modern dan ergonomik.

telematics control management room singkawang

Jika teman-teman memasuki ruangan ini berasa kayak masuk ke dalam pesawat ruang angkasa ala ala Millennium Falcon gitulah.

Telematics Control Management Room resmi dibuka oleh Wali Kota Singkawang, Ibu Tjhai Chui Mie dengan dilepasnya tirai plang nama dan penandatanganan prasasti peresmian. Bukan hanya itu saja, hari ini juga Ibu Tjhai Chui Mie melaunching aplikasi portal singkawang kota, sihebat, data kite, aplikasi loker kite, penyerahan masterplan TIK dan juga penandatanganan komitmen bersama.

Babak Baru Pemkot Singkawang

Ibu Tjhai Chui Mie mengapresiasi Dinas Kominfo yang telah membangun sebuah control room yang diberi nama Telematics Control Management Room. Pemkot Singkawang akan memasuki babak baru yaitu dengan penyelenggaraan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE). Di ruangan ini juga bisa dilakukan video conference secara internal Pemkot Singkawang maupun dengan kabupaten/kota, provinsi maupun kementerian dan lembaga.

Baca juga : Sebagai Pusat Data, Telematics Control Management Room Diresmikan

Kepala Dinas Kominfo, Bapak Ahyadi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses pembangunan control room ini.

Saya berharap ruang telematika ini dapat menjawab tantangan zaman secara kolaborasi untuk mewujudkan visi misi Singkawang Hebat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner