hutan mangrove setapuk
Singkawang

Wisata Singkawang Punya Hutan Mangrove Setapuk Seindah Ini

Halo semua pembaca blog inimulti.com apa kabar? semoga selalu sehat dan dilancarkan hari-harinya. Kalau teman-teman lagi cari destinasi wisata Singkawang yang segar-segar, pas banget nih. Kali ini aku mau share tentang salah satu wisata Singkawang favoritku yaitu Hutan Mangrove Setapuk. Hutan Mangrove Setapuk punya nama lain yaitu Singkawang Mangrove Park. Aku sudah sering banget main ke tempat ini. Kenapa? karena aku suka melihat pemandangan hijau hutan Mangrove. Bukan itu saja, di Singkawang Mangrove Park ini juga kita bisa menikmati sunset yang aduhai cantiknya. Saat ini Mangrove Setapuk Besar sedang direnovasi akupun penasaran seperti apa wajah baru Mangrove Setapuk. Jadi hari ini Selasa, 15 Desember 2020 aku main ke Hutan Mangrove Setapuk dan wah.. wisata Singkawang punya Hutan Mangrove Setapuk seindah ini.

Lokasi Mangrove Setapuk Besar

Singkawang Mangrove Park atau biasa dikenal dengan Hutan Mangrove Terletak di kelurahan Setapuk Besar, kecamatan Singkawang Utara. Untuk detil letaknya kamu bisa lihat di maps atau di artikel aku sebelumnya di Hutan mangrove Singkawang. Menuju lokasi Singkawang Mangrove Park ini ada dua jalan, yaitu jalan yang bisa dilalui mobil atau bis dan jalan untuk motor.

Menariknya, jika pengunjung melalui jalan masuk mobil atau bis selanjutnya pengunjung akan dibawa masuk ke dalam kawasan hutan mangrove dengan kapal motor menyusuri sungai. Ini seru sekali, aku pernah mencobanya. Nah, untuk pengunjung yang menggunakan motor bisa lewat jalan darat sekitar 3 menit hingga tiba di parkiran.

hutan mangrove setapuk besar

gate Selamat Datang

Fasilitas yang Tersedia di Mangrove Setapuk

Pesona keindahan hutan Mangrove Singkawang ini dilengkapi dengan fasilitas dan tiket masuk. Dengan Rp 5000/motor teman-teman sudah bisa menikmati udara yang sejuk dan pemandangan yang menenangkan. Fasilitas di Singkawang Mangrove Park ini cukup lengkap, seperti :

1. Jalan Setapak Dari Kayu
Jalan setapak dari kayu yang sudah disiapkan untuk pengunjung bisa berjalan kaki sambil menikmati hutan Mangrove. Jalan setapak ini cukup panjang dan merupakan akses menuju bibir pantai.

jalan setapak mangrove setapuk

2. Tempat duduk
Fasilitas terbaru adanya tempat duduk juga terbuat dari kayu yang nyaman.

3. Kantin
Untuk fasilitas kantin di Hutan Mangrove Setapuk Singkawang disediakan hanya satu. Letak kantin yang menghadap ke pantai cocok untuk bersantai sambil menikmati indahnya kembalinya matahari ke peraduannya. Warna keemasan matahari di ufuk barat memberikan suasana hati yang hangat dan damai.

4. Tempat sampah
Kawasan Pusat Restorasi dan Pengembangan Ekosistem Pesisir (PRPEP) Kota Singkawang ini juga menyiapkan beberapa tempat sampah agar pengunjung tidak membuang sampah ke laut.

5. Jembatan Pelangi
Jembatan warna-warni ini sedang diperbaiki jadi belum selesai.

Dan fasilitas lainnya yang masih direnovasi.

Keindahan Singkawang Mangrove Park

Tempat wisata hutan mangrove bisa jadi pilihan liburan di Singkawang. Destinasi wisata sejuk dan segar ini mempu menyuguhkan semua keindahan panorama alam baik kehijauan dan juga swastamita.

Menyusuri rimbunnya pohon mangrove kurang lengkap rasanya jika kamu tidak memandang pemandangan sunset.

Berikut ini tips cara menikmati keindahan di hutan Mangrove Singkawang. Datanglah sekitar jam 4 sore ambil waktu untuk berkeliling kawasan hutan mangrove. Setelah itu teman-teman bisa duduk di tempat duduk yang disediakan sambil menunggu matahari terbenam. Teman-teman juga bisa pesan minuman atau cemilan di kantin.

hijaunya mangrove setapuk besar

Akhir Kata

Wisata Singkawang Hutan Mangrove Setapuk ini belum selesai sepenuhnya. Nanti kalau sudah selesai dan sudah diresmikan aku akan update lagi artikel ini. Ditunggu ya.

#bloggersingkawang
#multijalanjalan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Banner