inilah manfaat daun sirih
Info Menarik

Bikin Kagum, Inilah Manfaat Sirih yang Perlu Diketahui

Apa yang kamu ingat ketika mendengar daun sirih?. Kalau yang aku ingat adalah ketika nenekku mengunyah sirih atau nyirih. Sirih memiliki nama ilmiah piper betle. Sirih adalah tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Daun dan buahnya biasa dikunyah bersama gambir, pinang, tembakau dan kapur. Selain itu, sirih digunakan sebagai tanaman obat dan sangat berperan dalam kehidupan dan berbagai upacara adat rumpun Melayu. Daun sirih merupakan tanaman herbal berkhasiat yang sering digunakan masyarakat Indonesia karena sirih punya banyak manfaat. Apa saja manfaat sirih? bikin kagum, inilah manfaat sirih yang perlu diketahui.

Daun sirih mengandung zat aktif seperti minyak atsiri, kavicol, hidroksikavisol, cyneole, kavibetol, estragol, allylpyrokatekol, fenil propana, tanin, diastase, cadinene, terpennena, hingga seskuiterpena yang sangat berkhasiat bagi kesehatan.

beberapa manfaat sirih

Daun sirih tanaman mudah merambat

Manfaat sirih yang Perlu Diketahui

Beberapa manfaat sirih yang perlu diketahui :

Untuk menyembuhkan jerawat
Ada berita baik buat kamu yang punya masalah dengan jerewi alias jerawat. Daun sirih bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat. Cara penggunaaannya dengan menghancurkan daun sirih hingga halus, kemudian ambil airnya dan tempelkan kepada area kulit yang berjerawat

Bermanfaat mengurangi bau badan
Sirih bermanfaat mengurangi bau badan karena kandungan estradiol dan klavikula yang dapat mengontrol produksi hormone dan kelenjar keringat. Nah, kandungan tersebut dapat mengurangi bau badan. Cara penggunaannya hanya dengan meminum air rebusan daun sirih secara rutin.

Sebagai antiseptik
Kandungan polifenol dan chavicol pada daun sirih memiliki perlindungan terhadap jenis kuman. Biasanya daun sirih digunakan dalam mengobati radang sendi dan orkitis.

Untuk menjaga kesehatan mata
Daun sirih memiliki anti bakteri dan antiinflamasi yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan mata. Cara penggunaannya dengan merebus air daun sirih, kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci mata.

Untuk Kesehatan mulut dan gigi
Manfaat sirih untuk menjaga kesehatan untuk gigi dan mulut di masa lalu banyak orang tua nyirih atau mengunyah sirih. Saat sekarang kita tidak perlu lagi nyirih karena kita bisa rutin menggosok gigi dengan Pepsodent Action Herbal dengan Kandungan Daun Sirih untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Menghentikan mimisan
Daun sirih dapat digunakan untuk menghentikan pendarahan hidung atau mimisan. Ini karena kandungan fenil popies dan terpene daun sirih. Cara penggunaan daun sirih untuk mimisan adalah cukup menggulung daun ini jadi kecil, lalu masukkan ke lubang hidung yang sedang mimisan.

Mengobati gusi berdarah
Tidak hanya untuk menghentikan mimisan hidung, daun sirih juga bisa menghentikan pendarahan pada gusi. Kandungan saponin, tanin, kalsium, dan mineral fosfor akan meredakan peradangan pada gusi berdarah. Caranya cuci bersih, lalu rebus 10 lembar daun sirih merah. Kemudian gunakan airnya untuk kumur 3 kali sehari.

Menjaga kesehatan Miss V
Dilansir dari StyleCraze, antiseptik yang ada di daun sirih mampu menjaga kesehatan Miss V secara alami. Karena daun sirih akan mampu melawan bakteri jahat seperti Candida yang menyebabkan keputihan atau leukorrhea. Gunakan air rebusan daun sirih untuk mencuci area kewanitaanmu.

Kesimpulan

Itulah beberapa manfaat daun sirih yang perlu diketahui. Mengagumkan ya, daun yang memiliki kandungan air 85-90 persen ini mengandung kalori dan lemak yang rendah. Apakah kamu menggunakan daun sirih untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan di atas?. Kalau aku sendiri sudah pernah mencoba beberapa diantaranya dan memang berkhasiat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Banner