sosialisasi internet sehat no more hoax
Info Menarik

Serunya Sosialisasi Internet Sehat No More Hoax

Memandang banyaknya dampak negatif dari perkembangan teknologi dan media sosial khususnya fenomena hoax yang sering terjadi. Kali ini aku ingin share pengalaman serunya menjadi bagian Sosialisasi Internet Sehat No More Hoax yang diadakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang.

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Singkawang menggelar Roadshow Internet Sehat di beberapa sekolah yang ada di Kota Singkawang. Roadshow Internet Sehat bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pengguna media sosial khususnya kepada pelajar SMA/SMK.

Alasan dipilihnya sasaran anak-anak sekolah, karena diusia mereka lebih banyak dalam menggunakan media sosial.
Penggunaan internet sehat juga diyakini dapat mengantisipasi berita-berita Hoax atau bohong yang sedang marak di media sosial sekarang ini. Apalagi perkembangan ITE sekarang ini semakin cepat dan harus disikapi dengan baik. Sosialisasi Internet Sehat ini juga melibatkan penggiat media sosial seperti blogger dan selebgram.

Sebagai seorang blogger yang sering berselancar di dunia internet aku sharing kepada adik-adik peserta untuk lebih bijak dalam menggunakan media sosial. Seperti saring before sharing, yang artinya menyaring kembali berita atau informasi yang didapatkan sebelum dibagikan atau disebarluaskan.

Salah satu cara menangkal hoax yang beredar adalah dengan memposting berita atau informasi yang baik ke media sosial. Selain sharing kami juga membuka sesi pertanyaan bagi adik-adik yang ingin bertanya. Pertanyaan yang paling sering mereka tanyakan adalah bagaimana caranya menangkal hoax atau berita bohong yang sudah menjamur di internet?.

saring before sharing internet sehat no more hoax

Untuk melindungi diri kita dari informasi yang tidak benar atau sifatnya provokatif kita harus memeriksa kembali keabsahaan informasi yang kita baca dengan cara :
1. Perhatikan judul berita
Kita semua pasti pernah menemukan judul berita yang sangat menarik untuk dibuka istilahnya clickbait atau umpan klik. Biasanya berita hoax lebih menarik perhatian pengguna media sosial. Jika kita menemukan berita atau informasi dengan judul yang sensasional sebaiknya mencari dari sumber lain yang resmi.
2. Perhatikan situs berita
Ketika smartphone dalam genggaman kita dengan mudah membaca berita dimanapun dan kapanpun. Membaca berita online sebaiknya perhatikan domain berita tersebut apakah yang resmi atau bukan.
3. Perhatikan kebenaran berita dan foto
Seringkali informasi yang banyak muncul di internet adalah berita yang bersumber dari kumpulan komen netizen. Karena itu, perhatikan kembali kebenaran berita yang kita baca. Demikian juga halnya dengan foto yang ditampilkan. Jangan sampai kita tertipu dengan hasil foto dan video yang sudah diutak atik oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Pindahkan atau drag lalu drop foto yang ingin dicek di kolom pencarian google. Algoritma google akan menampilkan gambar yang sama sebagai bahan perbandingan kita mengenai gambar yang asli.
4. Menulis blog
Sebagai seorang blogger sebelum menulis sebuah artikel tertentu biasanya aku akan melakukan riset dulu. Aku membaca dari banyak sumber agar informasi yang aku bagikan valid dan dapat bermanfaat bagi pembaca.

Itu tadi pengalaman serunya sosialisasi internet sehat No More Hoax di Singkawang. Semoga kita semua dapat melindungi diri kita dari berita bohong dan provokatif. Mari kita manfaatkan internet secara sehat dengan menggunakan media sosial lebih bijak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner