minuman khas di singkawang
Singkawang

10 Minuman Khas Singkawang yang Wajib Dicoba

Musim panas mengundang dahaga. Singkawang pun memasuki musim panas bedengkang . Tiada lain tiada bukan mari kita atasi dengan minum yang segar-segar. Nah, kali ini inimulti mau berbagi info 10 minuman khas Singkawang yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Kota Singkawang. Apa saja ke-10 minuman khas itu? ini dia :

1. Es Nam mong
Ini minuman unik banget. Teman-teman tahu kan jeruk kecil kalau di Singkawang dikenal dengan sebutan jeruk sambal, karena sering digunakan untuk toping nyambal. Jeruk kecil tadi dikeringkan  hingga menjadi sangat layu lalu difermentasi sehingga menghasilkan rasa yang sangat asam. Dalam penyajiannya, Es Nam mong diberi sedikit air gula lalu ditambah batu es. Jadi deh.

minuman khas singkawang es nammong

Es Nammong Spesial

2. Es Jeruk Kecil
Kalau tadi jeruk kecilnya difermentasi, Es Jeruk Kecil ini beda lagi. Jadi jeruk kecil diperas airnya diberi air gula lalu ditambah batu es. Rasanya manis, asam, asin karena diberi sedikit garam.

minuman khas di singkawang

Es Jeruk Kecil

3. Es Jeruk Besar
Bedanya dengan Es Jeruk Kecil adalah dari warnanya. Kalau Es Jeruk Besar biasanya berwarna kuning sedangkan Es Jeruk Kecil warnanya bening. Jeruk besar dibelah kemudian diperas, lalu tambahkan air gula dan batu es. Hmm… lidahku mulai menari.

es jeruk besar khas singkawang

Minuman jeruk besar versi hangat

4. Es Tiga Asam
Buat teman-teman pembaca inimulti.com yang suka asam-asam cobain deh Es Tiga Asam. Minuman yang rasanya juga asam ini terdiri dari jeruk kecil, lemon dan nammong. Perpaduan sempurna ya, kakak beradik menyatu menggelikan lidah kita yang meminumnya.

es tiga asam minuman khas singkawang

Es Tiga Asam

5. Es Limun Sasi
Bisa dibilang ini minuman legend. Iya, karena sedari kecil multi sudah mengkonsumsi minuman ini. Dulu orang-orang menyebutnya Es Sasi atau Es Limun.

es limun minuman khas singkawang

Es Limun Singkawang

6. Es Tahu
Es Tahu menjadi salah satu minuman favoritku di Singkawang. Es Tahu Singkawang atau sebutan lain Es Susu Kedelai ini rasanya enak banget. Tahu cukup terkenal di Singkawang mulai dari Bubur Tahu, Tahu Singkawang, sampai Es Tahu.

es tahu singkawang

7. Es Sari Kacang Hijau
Minuman khas Singkawang berbahan dasar kacang hijau ini diolah menjadi minuman bernama Es Sari Kacang Hijau. Rasanya manis, lembut dan gurih. Cobain deh.

8. Es Kacang Susu
Es Kacang Susu alias kasus hampir sama dengan Es Sari Kacang Hijau tapi bedanya kacang hijau di Es Kacang Susu tidak dihaluskan. Bulir-bulir kacang hijau diberi es lalu dituang susu dan batu es. Rasanya manis, gurih dan ada si kacang hijau untuk dikunyah kunyah.

es kacang susu khas singkawang

9. Es Liang Teh
Es Liang Teh rasanya beda dengan es teh pada umumnya. Seperti rasa yang pernah ada, hehee.. Rasanya segar dan katanya bisa menenangkan panas dalam. Eh, tapi beneran loh.

es liang teh minuman khas singkawang

Minuman Liang Teh versi hangat

10. Kopi Singkawang
Ya, Singkawang terkenal dengan kopinya yang enak. Apalagi bagi penyuka kopi, aku tidak tahu rasa kopi karena aku tidak minum kopi.

Itu tadi 10 minuman khas Singkawang yang wajib dicoba jika teman-teman berkunjung di Kota Singkawang. Sebenarnya masih banyak minuman lain tapi menurut survey kecil-kecilan 10 minuman ini yang paling banyak dicari. Semoga teman-teman yang baca tulisan ini pas bulan puasa gak ngiler ya hehee…

Ke-sepuluh minuman ini bisa teman-teman dapatkan di Kopitiam Rusen Singkawang, KPC Kasus Pasar Hongkong, dan di warkop-warkop di Singkawang.

Kira-kira ada saran atau masukan minuman apa lagi yang harus inimulti ulas di blog? tinggalkan komen di bawah ya. Terima kasih, salam muter-muter.

#bloggersingkawang
#minumankhassingkawang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner