Info Menarik

Cerita Kopdar Komunitas Blogger Pontianak dan Pelantikan Ketua Baru

Komunitas Blogger Pontianak atau yang akrab di telinga dengan sebutan Buda’ Blogger rutin menggelar kopdar (kopi darat). Di awal tahun 2019 KBP kembali mengadakan kegiatan kopdar sekaligus pelantikan ketua beserta pengurus yang baru. Pertemuan seperti ini sering dilakukan dengan tujuan agar sesama anggota Komunitas Blogger Pontianak dapat saling mengenal dan juga sharing informasi seputar blogging. Menariknya, setiap kali kopdar KBP selalu menghadirkan narasumber atau pembicara yang menginspirasi kami semua. Bintang tamu kali ini adalah Dian Ravi www.dianravi.com (Blogger Jakarta), Dodon Jerry www.tukangjalanjajan.com (KBP), dan Mude Mudrikah www.mudrikah.com (Blogger Ciamis). That’s why aku selalu excited ikut kopdar KBP. Bisa dikatakan mereka bertiga ini sudah sukses mempertahankan eksistensinya sebagai blogger baik di dalam negeri hingga mancanegara. Keren ya!. Nah, ini cerita kopdar akbar komunitas blogger pontianak dan pelantikan ketua baru yang ingin aku bagikan ke teman-teman.

Kopdar akbar Komunitas Blogger Pontianak dilaksanakan di salah satu tempat makan di Jalan Reformasi Pontianak. Kegiatan ini didukung oleh Astra Motor, MB Communication Network, Esqiu Rental Mobil Pontianak, Buda’ Blogger, Pontianak Creative, dan juga 4SEO. Peserta kopdar yang hadir kurang lebih 50 orang. Tak sendirian, aku mengajak Rachy Rasel www.sirasel.com untuk datang ke acara kopdar akbar Komunitas Blogger Pontianak. Kami berdua juga mewakili Blogger Singkawang yang belum sempat hadir semuanya.

inimulti.com dan sirasel.com

Tiba di lokasi acara kami berdua disambut teman-teman blogger yang datang dari berbagai daerah. Ada dari Pontianak sendiri, Mempawah, Sintang, Sekadau dan dari Singkawang. Radit www.misterpangalayo.com mempersilahkan aku dan Rachy untuk duduk. Teman-teman blogger yang lain sudah ramai memadati tempat acara. Sambil menunggu acara dimulai kami saling ngobrol karena sudah lama gak ketemu.

Jam 10 acara dibuka dengan kata sambutan dari ketua Komunitas Blogger Pontianak periode 2017-2019 Edo Pradana Prasitha www.leemindo.com . Bang Edo memberikan pesan dan kesan selama dia diberi amanah sebagai ketua KBP dua tahun belakangan. “KBP bisa seperti sekarang karena dukungan dan kerjasama teman-teman blogger semuanya” tutupnya.

kopdar komunitas blogger pontianak

Edo Pradana Prasitha Ketua Buda’ Blogger periode 2017-2019

Masuk ke sesi materi pertama yakni sharing pengalaman Bang Dodon Jerry yang dikenal dengan Tukang Jalan Jajan sesuai dengan nama blognya. Kurang lebih delapan tahun Bang Dodon berkecimpung di dunia blogger. “Yang penting tulus, jalani aja, tidak ada usaha yang mengkhianati hasil kok” pesannya. Berawal dari hobi, mengeluarkan uang sendiri hingga sekarang bisa menghasilkan uang. Bang Dodon sering mendapatkan Fam Trip jalan-jalan gratis dan dibayar oleh brand-brand ternama hingga tourism board dalam dan luar negeri. Aku menjadi salah seorang yang beruntung yang pernah diajak jalan-jalan fam trip bersama Bang Dodon dan teman-teman travel blogger Indonesia.

Dodon Jerry, Food dan Travel Blogger

Jika kita throwback asal mula berdirinya Komunitas Blogger Pontianak ini tidak terlepas dari nama Ero Pradana Prasitha www.omgoegel.com dan Ahmad Rizaldi. Mereka berdua bercerita bagaimana menjawab kegelisahannya yang ingin menang lomba blog pada saat itu. Karena pengetahuan tentang blog masih minim mereka membentuk komunitas dengan media grup facebook yang anggotanya masih sedikit. Tujuannya untuk sharing informasi tentang blogging, internet maupun teknologi. Hingga pada akhirnya Komunitas Blogger Pontianak dicetuskan pada tanggal 1 Juli 2012. Wah, cukup panjang ya perjalanan KBP ternyata.

Acara kopdar akbar komunitas blogger pontianak dan pelantikan ketua baru ini juga dihadiri sponsor utama Astra Motor Pontianak. Dony Adrian, selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor menyampaikan edukasi Safety Riding kepada kami semua. #Cari_Aman dulu ya, baru cari berita.

Supaya ingatan kami tentang Safety Riding semakin tajam, Dony Adrian memberikan kami kuis yang dimainkan dengan aplikasi Kahoot. Menjawab 10 pertanyaan kuis siapa cepat dia dapat dimenangkan oleh M.Teguh, Edo Pradana, dan Mbak Mude Mudrikah.

Sesi materi Menulis Nan Mengalir ala Blogger satu persatu disampaikan oleh Mbak Dian Ravi dengan santai tapi serius. “Kalau kita ingin menjadi blogger yang perlu diingat jangan mengharapkan dapat uang dulu. Nanti kecewa. Lalu down, terus berhenti nulis blog. Intinya, menulis di blog itu niatnya berbagi informasi kepada siapa saja yang membaca blog kita. Nulis aja. Mengalir. SEO itu perlu, tapi gosah dipaksa juga. Atur kalimat per kalimat di artikel agar enak dibaca tapi tetap SEO friendly. Memang gak mudah. Tapi kalau terus dipelajari pasti bisa.” pesannya.

Pada sesi selanjutnya, serah terima jabatan ketua KBP periode 2017-2019 kepada ketua terpilih periode 2019-2021. Beberapa program kerja sudah mulai didengungkan sang ketua seperti akan diadakan kopdar setiap satu bulan sekali, Blogger Goes To School, KBP Goes To Travel, pendataan anggota komunitas dan lain-lain.

Inilah struktur dan nama pengurus Komunitas Blogger Pontianak periode 2019-2021 :
Ketua : Fachrur Rozi (www.zeevorte.net)
Sekretaris : Lola Prianti (www.daremecin.com)
Bendahara : Anggita Diah Hadi ratnasari (www.andihara.com)
Public Relation : Radit Mananta (www.misterpangalayo.com)
IT : M.Teguh Budianto (www.deguh.com)

pelantikan ketua komunitas blogger pontianak yang baru

serah terima jabatan ketua KBP yang baru

pengurus Komunitas Blogger Pontianak periode 2017-2019 dan 2019-2021

ditunggu di Singkawang Mbak Dian dan Mbak Mude

Selamat bertugas teman-teman pengurus KBP yang baru, semoga kita saling kerja sama agar Komunitas Blogger Pontianak semakin maju kedepannya.

This Post Has 6 Comments

  1. Radit MANANTA Reply

    Bangga bisa menjadi bagian dari KBP

  2. Rio Pratama Reply

    Rame banget yang hadir . Serius ini seru banget KBP mantap ya

  3. Rachy rasel Reply

    Ada akuuu yeyeyyeye…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner