Info Menarik

Kopdar Blogger Pontianak : Pentingnya SEO Terhadap Eksistensi Blogger

Seperti biasanya, aku selalu excited setiap kali ada kopdar Blogger Pontianak. Empat jam perjalanan dari Singkawang ke Pontianak jadi terasa empat puluh menit saja saking semangatnya hahaha.. Apalagi, kopdar kali ini kolaborasi Pontianak Creative, 4 SEO mengundang narasumber Blogger Nasional Mbak Kartina Ika Sari selaku founder MB Communication dan Mas Febriyan Lukito seorang SEO Analyst.

kopdar blogger pontianak bersama mb communication

Mbak Kartina Ika Sari founder MB Communication

Beruntung aku nyampe di lokasi acara What’s Up Café, tepat waktu. Taksinya agak ngebut memang. Aku sampai di waktu yang bersamaan dengan kedua narasumber Mbak Ika dan Mas Febriyan yang baru tiba dari Bandara Supadio. Aku bersalaman dan berkenalan dengan mereka. Tidak lama kemudian, teman-teman Blogger Pontianak datang. Kami naik ke atas lantai 1 menuju ruangan VIP room tempat acara.

kopdar blogger pontianak bersama 4 seo

Komunitas Blogger Pontianak dan Blogger Perempuan Pontianak

Berbagi Pengalaman Menjadi Blogger

Acara berlangsung dengan suasana yang santai dan akrab. Teman-teman Blogger Pontianak saling berbagi pengalaman menjadi Blogger. Bang Dodon, Kak Hani, Mbak Eliza, Ega Travelmate, Multi dan beberapa teman yang ingin bergabung menjadi blogger tetapi belum mempunyai blog.

Bang Dodon si Tukang Jalan Jajan

Bang Edo, Ketua Blogger Pontianak

Tips Menjadi Blogger Profesional

Mbak Kartina Ika Sari melanjutkan sharing tips bagaimana menjadi blogger profesional.

yang paling penting adalah attitude

Mbak Ika sangat menekankan bahwa untuk menjadi blogger profesional dibutuhkan sikap yang baik. Mbak Ika juga bercerita bagaimana contoh sikap tidak baik dari beberapa blogger yang pernah diundang di suatu event. Blogger profesional juga harus konsisten update artikel blog. Ini catatan penting banget buat aku nih yang suka jarang update blog INIMULTI. Kasian blog ku tercinta ini dianggurin.

ATTITUDE
Senada dengan Mbak Ika, attitude kembali dibahas oleh Mas Febriyan. Seorang blogger harus memiliki sikap yang baik. Pandai membawa diri, dewasa dan berpikiran positif. Karena sekali saja blogger membuat kesalahan sikap yang tidak baik lambat laun akan dicap jelek oleh agency. Kabar buruknya, biasanya masing-masing agency mencatat nama-nama blogger yang mempunyai catatan negatif yang akan menjadi bahan pertimbangan untuk diundang kembali.

COMPETENCE
Setelah memiliki sikap yang baik, seorang blogger juga harus memiliki kompetensi atau kemampuan. Tidak hanya kemampuan menulis, tetapi juga kemampuan lainnya yang mendukung kemajuan sebuah blog. Upgrade skill, belajar SEO, tingkatkan DA PA dan sebagainya.

TRUSTWORTHINES
Seorang blogger juga harus bisa dipercaya. Terutama dalam tanggung jawab menyelesaikan tugas menulis sebelum tanggal deadline. Personal branding juga sangat diperlukan sebagai seorang blogger. Memiliki ciri khas dengan gaya bahasa sendiri menjadi salah satu nilai tambah bagi seorang blogger. Menjadi diri sendiri.

Pentingnya SEO Terhadap Eksistensi Blogger

Untuk mendukung kompetensi seorang blogger, penting untuk mempelajari tehnik SEO. SEO yang diterapkan pada blog agar blog kita bisa muncul di mesin pencari. Apalagi kalau bisa nangkring di page one. Seorang blogger penting untuk tahu SEO On Page dan SEO Off Page dan bagaimana menerapkannya di dalam blog.

Terima kasih juga kepada Bang Kibeng yang rajin dan gak pernah bosan mengajari aku tentang SEO.

Bang Kibeng juga menambahkan, bagi teman-teman yang belum mempunyai blog. Untuk membuat blog itu seperti membangun sebuah rumah. Kita harus tahu dulu tujuan, tema yang ditulis dan tentunya konsisten menulis. Tulisan yang kita muat di blog bias berupa catatan sehari-hari, hal yang berkesan sampai pengalaman perjalanan. Apa saja. Sesuai minat dan kesukaan penulis blog.

Pengumuman Pemenang Lomba Blog

Tiba saatnya yang ditunggu-tunggu para blogger nih. Pengumuman pemenang lomba blog “Merdeka Menjadi Blogger”. Juara tiga dipegang oleh Bang Dodon, Juara dua oleh Ero, dan juara pertama diraih oleh ketua Blogger Pontianak Edo.

Pemenang Lomba Blog Merdeka Menjadi Blogger

Penutupan acara Mbak Ika memberikan gift kepada beberapa blogger, Multi dapat juga loh. Makasih ya Mbak.

Gift dari Mbak Ika

Selesai acara kopdar, aku langsung pulang ke Singkawang. Sebelumnya aku sudah memesan taksi untuk keberangkatan sore. Terima kasih sharingnya Mbak Ika, Mas Febriyan, Bang Kibeng dan semua teman-teman Blogger Pontianak. Sampai ketemu di kopdar selanjutnya.

#salammutermuter
#bloggersingkawang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner