pelatihan barista dan usaha warung kopi
Info Menarik

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

Tangannya begitu lihai meracik kopi di atas meja. Satu per satu jenis kopi diolahnya menjadi secangkir kopi yang nikmat. Setiap kali selesai meracik kopi, dia meminta kami untuk mencobanya. Gemericik air hangat, kepulan asap dan harumnya kopi semakin menambah nyamannya suasana saat itu. Dialah Arif, seorang barista yang kutemui kala ku mengikuti famtrip beberapa waktu yang lalu. Sembari membuat kopi Arif bercerita tentang kopi. Paham betul dia dunia perkopian. Arif juga berbagi pengalaman bagaimana ia mengikuti pelatihan barista dan usaha warung kopi yang dirintisnya. Dulu, aku sendiri pernah mencoba mengikuti pelatihan barista. Tapi aku belum beruntung, aku belum lulus. Aku harus banyak latihan lagi. Ternyata, adikku Rika tertarik ingin jadi barista. Kebetulan sekali saat mendaftar di Prakerja, dia lolos. Rika mau ikut pelatihan barista di Prakerja. Loh, apa itu Prakerja? memang bisa ikut pelatihan barista? Ah, ini menarik. Jadi kali ini aku ingin membagikan informasinya kepada teman-teman.

Uraian Tentang Kartu Prakerja

Pertama kali mendengar tentang Kartu Prakerja, aku berpikir kartu apa ini? apakah untuk melamar kerja, ataukah untuk belajar kerja?. Setelah klik sana sini aku mendapatkan informasi lengkap tentang apa itu Prakerja. Semua tentang Prakerja sudah aku tuliskan di bawah ini. Dibaca sampai habis ya.

Definisi Prakerja

Prakerja adalah sebuah program peningkatan kompetensi kerja yang diberikan oleh pemerintah dalam bentuk pembiayaan pelatihan dan insentif pasca pelatihan. Pelatihannya seperti apa? Nah, sebagai peserta Prakerja teman-teman bisa mengikuti berbagai kursus secara online maupun offline untuk meningkatkan kompetensi.

Awalnya, tujuan dari program Kartu Prakerja ini adalah untuk meningkatkan skill bagi yang belum dapat pekerjaan. Setelah Covid-19 menyerang negeri ini, Program Prakerja menjadi semi bantuan sosial untuk bisa menambah keterampilan bagi masyarakat terdampak. Kini, Kartu Prakerja diprioritaskan untuk para pekerja dan pelaku usaha kecil yang terdampak oleh pandemi Covid-19.

Program Prakerja mulai dibuka pada Bulan April lalu. Berdasarkan data dari situs Prakerja penerima manfaat Kartu Prakerja sampai dengan gelombang 3 sudah tersebar di 507 dari 514 kabupaten/kota di seluruh indonesia.

source : https://www.instagram.com/prakerja.go.id/

3 Fokus utama program Kartu Prakerja yang perlu kamu ketahui :

1. Memberi bantuan akses ke pelatihan keterampilan berbayar
Peserta bisa memperoleh keterampilan baru menggunakan bantuan Pemerintah sebesar total Rp 1.000.000

2. Menyediakan bantuan bagi para peserta dari berbagai kalangan
Kartu Prakerja memberi kebebasan pada peserta untuk memilih pelatihan sesuai kemampuan, minat, dan kebutuhan mereka.

3. Membantu pekerja dan pelaku Usaha Kecil Menengah terdampak Covid-19
Masyarakat terdampak Covid-19 bisa mendapat bantuan berupa insentif senilai total Rp 2.500.000 setelah menyelesaikan pelatihan

Manfaat Kartu Prakerja

Sebagai peserta yang telah lolos gelombang teman-teman akan mendapatkan manfaat Kartu Prakerja sebagai berikut :

Total bantuan yang didapatkan setiap peserta adalah Rp 3.550.000 dengan rincian :
1. Bantuan pelatihan sebesar Rp 1.000.000
2. Insentif pasca pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan
3. Insentif survey kebekerjaan dengan total Rp 150.000

Manfaat Kartu Prakerja ini akan diberikan secara non-tunai melalui mitra platform digital dan mitra pembayaran resmi.

Ohya, setiap peserta hanya bisa mendapat manfaat dari Kartu Prakerja ini sekali saja seumur hidup. Jadi digunakan dengan sebaik-baiknya ya teman-teman.

Alur Prakerja

source : https://www.instagram.com/prakerja.go.id/

Setelah mengetahui tentang Prakerja, apa saja syarat mendaftar Kartu Prakerja?

Syarat Mendaftar Prakerja

Jika teman-teman tertarik ingin mendaftar pelatihan di Prakerja ini syarat-syaratnya :

1. Kamu adalah warga Negara Indonesia
2. Berusia di atas 18 tahun, jadi kalau belum 18 tahun belum bisa daftar ya.
3. Tidak sedang sekolah atau kuliah

Mudah kan, setelah itu teman-teman mendaftarkan diri di website Prakerja. Begini tahap pendaftarannya :

pelatihan barista dan usaha warung kopi

  • Pada tahap Pendaftaran, masuk ke situs prakerja.go.id dan buat akun dengan data diri
  • Tahap seleksi, ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar untuk bisa bergabung ke gelombang pendaftaran gelombang. Tunggu pengumuman hasilnya.
  • Tahap pilih pelatihan, jika lolos pilih pelatihan di mitra pelatihan digital resmi dan bayar dengan Kartu Prakerja.
  • Beri ulasan dan rating terhadap pelatihan
  • Dapatkan insentif Rp 600.000/ bulan selama empat bulan setelah menyelesaikan pelatihan dan mendapatkan sertifikat.

Cara Daftar Kartu Prakerja

Berikut 3 langkah mudah daftar Kartu Prakerja :

Setelah itu tunggu hasilnya apakah kamu lolos atau belum lolos.

Setelah lolos, kamu bisa mengikuti pelatihan yang kamu inginkan. Berbagai pilihan pelatihan tersedia melalui mitra platform digital tempat pelatihan. Mitra platform digital pelatihan adalah mitra prakerja dalam melakukan pelatihan digital. Salah satunya pelatihan barista oleh Bencoolen Coffee.

Pelatihan Barista

Perlu diketahui bahwa program ini tidak hanya bisa didapatkan oleh masyarakat yang pengangguran saja. Orang yang sudah bekerja dan berwirausaha boleh mendaftar program Kartu Prakerja. Kamu suka kopi, senang meracik kopi, dan ingin menambah keterampilan sebagai seorang barista?. Kamu bisa mengikuti pelatihan barista di Prakerja loh.

Pelatihan barista dan usaha warung kopi saat ini diminati banyak orang. Setiap orang bisa jadi barista jika ada kemauan. Seperti Rika, adikku yang tertarik jadi barista. Tapi, mau saja belum cukup tentunya kamu juga harus punya keterampilan menjadi seorang barista. Sebenarnya, apa sih barista?

Sekilas Tentang Barista

Mbah Wikipedia menuliskan barista merupakan sebutan untuk seseorang yang pekerjaannya membuat dan menyajikan kopi kepada pelanggan. Kata “barista” berasal dari bahasa Italia yang berarti “pelayan bar”.

Pelatihan Barista di Kartu Prakerja

Pelatihan barista di Kartu Prakerja dapat diikuti oleh peserta yang lolos mendaftar di setiap gelombang Prakerja.

Biaya Kursus Barista

Kesuksesan membutuhkan pengorbanan. Begitu juga, jika ingin menjadi barista yang handal diperlukan ketekunan dan juga modal finansial. Biaya kursus barista memang terbilang relatif mahal. Oleh karena itu, Pemerintah memberikan bantuan program Kartu Prakerja. Di Prakerja, teman-teman bisa mendaftar dan bergabung pada gelombang yang tersedia. Setelah lolos, teman-teman bisa mengikuti pelatihan atau kursus barista menggunakan bantuan sebesar Rp 1.000.000 .

Dengan bantuan ini teman-teman bisa mendapatkan keterampilan dan juga sertifikat.

Kursus Barista Surabaya

Bagi masyarakat Surabaya yang ingin mengikuti kursus barista atau pelatihan barista secara online. Bisa mendaftarkan diri di website Prakerja atau di website http://prakerja.bencoolencoffee.com

Kursus Barista Malang

Teman-teman di Malang yang ingin mengikuti kursus barista atau pelatihan barista. Dapat mendaftar di website Prakerja atau di website http://prakerja.bencoolencoffee.com

Kursus Kopi di Bali

Ingin mencari kursus kopi di Bali, Silahkan mendaftarkan diri di website Prakerja atau di website http://prakerja.bencoolencoffee.com

Pelatihan Barista Online di Bencoolen Coffee

Kabar gembira untuk kita semua. Bencoolen Coffee menawarkan pelatihan barista dan usaha warung kopi bagi anak muda melalui program Prakerja.

Dedi Yudiant, Wakil Ketua Tim Koordinasi Kopi Bengkulu menjelaskan pelatihan barista akan dilakukan secara online. Ini dilakukan sebagai wujud rasa tanggung jawab melihat situasi kondisi akibat Covid-19. Bencoolen Coffee merupakan salah satu pengembangan dari Kopi Bengkulu.

Tahukah kamu kopi Bengkulu telah mendapatkan penghargaan Silver AVPA 2019 di Perancis sebagai kopi terbaik.

Program pelatihan barista di Prakerja ini dimulai pada tanggal 23 April 2020 di platform Mau Belajar Apa dan 28 April 2020 di platform Skill Academy.

Seperti apa pelatihan barista di Bencoolen Coffee? pelatihan ini berupa ilmu wirausaha kedai susu kopi secara Reguler. Pelatihan Barista dimulai dari material hingga praktek lapangan agar masyarakat mampu melakukan usaha secara mandiri.

Dikatakan Wakil Ketua Tim Kordinasi Kopi Bengkulu Dedi Yudiant, bahwa program pelatihan barista di Bencoolen Coffee harus berbeda dan diberikan pendampingan secara terus menerus. Sehingga memastikan pelatihan dapat bekerja selain harus menyuplai bahan baku secara konsisten.

Mengenal Bencoolen Coffee

The Bencoolen Coffee adalah produk kopi pilihan dari beberapa daerah di Provinsi Bengkulu. Dikenal dengan nama Kopi Jujur yang artinya kopi di dapatkan langsung dari para petani kopi di setiap daerah.

Bengkulu merupakan penghasil kopi robusta terbesar ketiga di Indonesia setelah Sumatera Selatan dan Lampung.

Prakerja Gelombang 4 Difokuskan Untuk Pelatihan Barista Merdeka Bencoolen Coffee

Program Prakerja hingga saat ini memasuki gelombang ke-4. Pembukaan gelombang 4 masih belum dibuka. Namun, nantinya pada gelombang 4 akan difokuskan pada pelatihan barista.

Keterangan dari Yulianti Agustina sebagai Project Manager Program Pelatihan Barista dan Usaha Kopi : The Bencoolen Coffee menargetkan program pelatihan 10.000 Barista Merdeka dan Usaha Warung Kopi Pemula. Program Prakerja ini terdiri dari pelatihan barista, pemasaran kopi secara online, membuka usaha kopi kekinian hingga menjadi agen kopi Indonesia.

Mengapa? kedua materi ini digemari karena dapat memperkuat skill berwirausaha para pemula ditengah pandemi wabah Covid-19 serta merupakan suatu pelatihan yang aplikatif dan siap diimplementasikan oleh masyarakat secara mandiri.

Program ini bertujuan :

  • Memberikan pelatihan
  • Memfasilitasi ketersediaan lapangan kerja sektor kopi melalui pendampingan hingga skala RT sampai tingkat nasional
  • Memastikan setelah pelatihan dapat usaha dengan dukungan supply bahan baku.
  • Mendapat akses permodalan secara konsisten dari Bencoolen Coffee sehingga pelatihan lebih optimal dari pelatihan lainnya yang ada di Program Prakerja.

So, jangan sampai ketinggalan ya.

Siap Jadi Barista Merdeka Oleh Bencoolen Coffee

Kabar baiknya lagi, Bapak Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah sangat mendukung The Bencoolen Coffee dalam memberikan pelatihan barista kepada masyarakat.

Pelatihan yang dapat diakses melalui website prakerja.bencoolencoffee.com ini diharapkan membuat para peserta yang kompeten dapat berkembang sebagai mitra perwakilan di desa se-Indonesia, supaya turut serta memajukan kopi Indonesia.

Materi Training Barista

Mengikuti pelatihan barista dan usaha warung kopi kamu akan diberikan materi yang sangat bermanfaat. Materi training barista seperti pengetahuan tentang kopi, memahami karatekristik kopi, cara meracik kopi, dan juga pemahaman tentang bagaimana menggunakan peralatan kopi yang biasa digunakan oleh barista.

Manfaat Pelatihan Barista Bencoolen Coffee dan Usaha Warung Kopi

Pelatihan barista Bencoolen Coffee memiliki banyak manfaat.

1. Menambah Pengetahuan Tentang Kopi
Dengan mengikuti pelatihan barista bersama Bencoolen Coffee kita akan mendapatkan pengetahuan tentang karakteristik dan jenis KOPI JUJUR. Juga menerapkan teknik pembuatan minuman berbahan dasar kopi dan penjelasan tugas profesi barista

2. Paham Akan Kebutuhan Menjadi Seorang Barista
Kita akan diberikan pelatihan pemahaman dan penggunaan peralatan kopi yang bisa digunakan oleh seorang Barista.

3. Menjadi Barista Handal
Kita akan diberikan tips dan trik dalam meracikan kopi standar barista. Kita akan mendapat pemahaman dan apresiasi serta memiliki wawasan yang lebih baik tentang rasa dan aroma kopi.

4. Tentang Wirausaha Warung Kopi
Kita akan diberikan pelatihan dalam membuka Usaha Kedai Kopi Susu Kekinian dengan Modal Minim. Nantinya kita bisa membuka kopi didaerah tempat tinggal dengan biaya terjangkau namun tetap memberikan penyajian dan cita rasa kopi jujur terbaik.

Cara Daftar Pelatihan Barista

Cara daftar pelatihan barista :
1. Buka website https://prakerja.bencoolencoffee.com/

pelatihan barista dan usaha warung kopi

2. Klik “Daftar Pelatihan”, lalu registrasi

usaha warung kopi

3. Isi data, kemudian submit form

Cara Mengikuti Pelatihan Barista di Prakerja

1. Buka website https://www.prakerja.go.id/

pelatihan barista kursus kopi
2. Klik “masuk” atau “login” lalu masukkan email dan password


3. Masuk halaman Dashboard, klik mitra pelatihan


4. ketikkan “Bencoolen Coffee” di kolom pencarian


5. Klik keterangan pelatihan dan jadwal pelatihan barista


6. Daftar Akun Belajar


7. Detail pemesanan, masukkan nomor Kartu Prakerja. Kode OTP akan dikirim ke nomor ponsel

8. Selamat mengikuti pelatihan barista dan usaha warung kopi 🙂

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

Bisnis warung kopi atau coffee shop semakin dilirik banyak orang. Usaha warung kopi tidak hanya menjadi tempat duduk santai saja, tetapi juga menjadi tempat yang asik buat diskusi. Terlebih bagi kaum milenial pecinta kopi, behh.. udah jadi gaya hidup.

Bukti nyata di lingkungan aku sendiri deh. Buat kami-kami pekerja freelancer paling seru kalau ngantor atau ketemu sama klien di warung kopi karena biasanya banyak dapat inspirasi hehe.. Ini peluang bagi teman-teman mengikuti pelatihan barista dan usaha warung kopi.

Peluang Usaha Warung Kopi

Wabah corona memang membawa banyak perubahan bagi kita semua. Dampaknya pun menyerang berbagai sektor kehidupan. Dengan gerak yang terbatas banyak diantara kita yang kehilangan pekerjaan. Mulai dari dirumahkan sementara hingga di PHK.

Ini saatnya kita bangkit dengan menangkap peluang yang ada. Peluang baru usaha warung kopi memiliki prospek yang menjanjikan. Mengapa?

Indonesia merupakan produsen dan juga sekaligus konsumen penting komoditas kopi. Pada International Coffee Organization (ICO), 2017, sebagai produsen Indonesia menempati urutan keempat setelah Brasil, Vietnam dan Kolombia. Sedangkan, sebagai konsumen Indonesia berada dalam urutan ketujuh. Pada umumnya, masyarakat Indonesia telah menjadikan minum kopi sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari. Baik orang-orang tua dan kini juga menjangkau anak-anak muda dan remaja.

Saat ini, warung kopi atau kedai kopi telah mengubah cara masyarakat Indonesia dalam menikmati kopi. Tidak lagi sekedar rutinitas harian atau sebagai jamuan untuk tamu, tetapi juga menjadi sebuah bisnis.

Dulu usaha warung kopi dikenal dengan warung yang kurang menarik dalam penampilannya. Kini warung kopi atau biasa disebut cafe berubah menjadi tempat nongkrong yang nyaman, suasana yang asik, lengkap dengan pendingin udara dan Wi-Fi.

Model Usaha Warung Kopi

Belum ada kepikiran bagaimana konsep usaha warung kopi yang cocok? Ini ada beberapa referensi model usaha warung kopi yang sudah aku rangkum:

1. Pojok Kopi
Desain Pojok Kopi dibuat dengan bentuk seperti stand, atau disebut coffee booth atau cofee corner. Model usaha ini fokus utamanya menjual kopi. Kamu tidak perlu menjual makanan berat lainnya. Alternatif produk yang bisa dijual seperti vanilla, cokelat, snack, dan sejenisnya. Pojok Kopi juga bisa menjual kopi dalam bentuk kemasan yang dapat digiling di tempat atau fresh from the oven.

usaha warung kopi bencoolen coffee

source : https://prakerja.bencoolencoffee.com/

2. Coffee Truck atau Mobil Kopi
Kamu pernah gak lihat di film-film luar negeri sebuah mobil yang berkeliling berjualan minuman. Biasanya disebut Coffee Truck, usaha warung kopi ini dibuat bergerak menggunakan kendaraan. Mobil yang digunakan juga tidak perlu yang mahal atau mewah. Kita bisa gunakan mobil lama masih bagus yang tidak terpakai lagi. Untuk menentukan lokasi tempat berjualan menggunakan mobil ini pastikan sudah diizinkan ya.

pelatihan barista dan bisnis kopi

source : oleh Dean Moriarty dari Pixabay

3. Kedai Kopitiam
Model usaha warung kopi ini merupakan kedai kopi dengan menu sarapan. Di daerahku sendiri terdapat banyak kedai Kopitiam. Biasanya menu sarapan yang disediakan seperti telur rebus, roti bakar, pisang goreng dengan selai srikaya.

pelatihan barista dan usaha warung kopi

source : https://prakerja.bencoolencoffee.com/

Modal Bisnis Warung Kopi Free Wifi

Model bisnis usaha warung kopi jenis ini banyak disukai oleh kaum millenial. Biasanya hal pertama yang ditanya oleh anak-anak muda saat ngopi di warung kopi. “Mbak, password wifi nya apa ya?.” . Jika sasaran pelanggan kamu anak-anak muda yang senang dengan wifi gratis, usaha warung kopi jenis ini dirasa cocok.

Kendala Usaha Warung Kopi

Pengetahuan tentang kopi sudah ada lalu bagaimana memulai usaha warung kopi? Untuk memulai usaha warung kopi tentunya diperlukan tim kerja yang solid, partner bisnis yang tepat, dan memberikan pelayanan yang baik.

Kendala umum usaha warung kopi yang biasanya dialami pebisnis kopi pemula :
1. kualitas rasa kopi
2. pesaing usaha warung kopi
3. kurangnya variasi menu

Tempat Strategis Untuk Usaha Warung Kopi

Setelah mengetahui kendala usaha warung kopi, hal penting yang harus dipersiapkan adalah tempat strategis untuk usaha warung kopi. Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan tempat yang strategis untuk usaha warung kopi :
1. sasaran usaha
2. lokasi bisnis apakah tempat ramai atau tidak
3. cari produsen kopi

Tips Menjadi Barista Idaman

Mau jadi barista idaman? atau barista goals kamu perlu perhatikan hal-hal di bawah ini :

1. Berpenampilan menarik, bersih dan wangi
Ngaku deh.. ketika sang barista sedang menyiapkan kopi yang kita pesan, kita pasti memperhatikannya. Karena itulah untuk menjadi barista idaman kamu harus berpenampilan menarik, bersih dan juga wangi.

2. Ramah
Ramah dan murah senyum adalah ciri barista idaman. Sapa pelanggan dengan gayamu yang khas. Tanyakan juga rasa kopi buatanmu ya. Jadi kamu bisa belajar dari saran pelanggan.

3. Tahu Tentang Kopi
Sharing tentang kopi adalah hal yang menyenangkan. Setelah mengikuti pelatihan barista kamu tentu mendapatkan pengetahuan tentang kopi. Sembari meracik kopi kamu bisa bercerita seputar kopi atau berbagi pengetahuan tentang kopi kepada pelanggan.

4. Sajikan Kopi Sesuai Selera Pelanggan
Tanyakan kepada pelanggan ingin rasa kopi seperti apa jika mereka tidak menyukai kopi yang pahit, kamu bisa menambahkan pemanis sesuai selera.

Kesimpulan

Ada salah satu kutipan menarik dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bapak Wishnutama begini bunyinya : “Pada setiap krisis, yang jadi pemenangnya adalah yang optimis. Pada setiap krisis, yang jadi pemenangnya adalah yang positif”. Kita tahu saat ini kita mengalami krisis karena wabah corona. Maukah kita jadi pemenang saat krisis?. Gunakan sebaik-baiknya bantuan yang diberikan baik dari pemerintah atau pengusaha seperti salah satunya pelatihan barista dan usaha warung kopi. Khususnya bagi teman-teman yang ingin menambah keterampilan sebagai barista. Jadilah barista merdeka bersama Bencoolen Coffee.

Referensi :
prakerja.bencoolencoffee.com
prakerja.go.id
bengkuluprov.go.id
www.instagram.com/prakerja.go.id/
inimulti.com/kopi-jujur/

This Post Has 8 Comments

  1. Arigamcoy Reply

    Lengkap sekali kak , mksh info tentang kartu prakerjany. aku dulu daftar cuman gagal lh, gelombang ke 4 ni pengen coba lg lah,semoga lulus 😊

  2. Pingback: 10 Jenis Kopi yang Paling Populer - Bisnis Borneo

  3. Pingback: Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja Online - Aji Cara

  4. Pingback: 5 Hal Penting Untuk Menjadi Seorang Barista - Aji Cara

  5. Pingback: Mengulik Manfaat Minum Kopi, Tak Hanya Untuk Usir Rasa Kantuk – Broadband Stories Blog's

  6. Pingback: Mengulik Manfaat Minum Kopi, Tak Hanya Untuk Usir Rasa Kantuk

  7. Pingback: Ikuti Pelatihan Barista Bencoolen Coffee di Prakerja - Ini Multi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Banner