pesona ramadan 2018 di singkawang
Event Singkawang

Sejuta Pesona Ramadan 2018 di Singkawang

Apa yang biasanya dilakukan saat bulan Ramadan? Tentunya semua orang ingin agar Ramadan-nya diisi dengan kegiatan positif dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang-orang sekitar. Jalan-jalan meskipun tengah berpuasa? Bisa dong, walau sedang menahan lapar dan haus bukan berarti aktivitas jadi terbatas kan. Jalan-jalan sore di bulan Ramadan atau biasa dikenal dengan Ngabuburit sambil berwisata bisa jadi pilihan untuk mengisi hari-hari saat berpuasa. Bisa dibilang kegiatan ngabuburit jadi hal favorit yang dilakukan masyarakat saat Ramadan. Untuk itu Singkawang Ramadhan Fair 2018 hadir dengan sejuta pesonanya yang turut menyemarakkan bulan suci Ramadan tahun 2018. Event ini diresmikan langsung oleh Wali Kota Singkawang Ibu Tjhai Chui Mie bersama Wakil Wali Kota Singkawang Bapak Irwan pada Selasa (15/5) malam di halaman Mes Daerah. Hadir pula anggota Generasi Pesona Indonesia chapter Singkawang (GenPI Singkawang) yang siap mem-viralkan event ini.

genpi singkawang

GenPI Singkawang bersama Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie dan Wakil Wali Kota Singkawang Irwan

Pesona Ramadan 2018 di Singkawang Ramadhan Fair

Singkawang Ramadhan Fair 2018 dikemas sedemikian rupa untuk menyambut dan memeriahkan bulan Ramadan 1439 H/tahun 2018. Berbagai pilihan wisata seperti wisata belanja, wisata kuliner, wisata religi, wisata sejarah ada di sini. SRF 2018 berpusat di halaman Mes Daerah di Jl. Merdeka, Kelurahan Tengah, Kota Singkawang. Lokasi destinasi wisata di SRF 2018 letaknya berdekatan jadi bisa dilalui dengan berjalan kaki. Kendaraan bisa diparkir di kawasan masjid Raya. Pernak pernik hiasan seperti ketupat berukuran besar dengan lampu hias, Beduk Raksasa, Ketupat Raksasa dan ornamen Bulan Sabit menambah keindahan event SRF 2018.

pesona ramadan fair singkawang 2018

Gapura atau gerbang Singkawang Ramadhan Fair 2018

Ada banyak lokasi instagrammable yang bisa dikunjungi. Ini dia lokasi asyik yang bisa jadi pilihan berwisata saat berpuasa di bulan Ramadan.

Taman Burung Singkawang

Ini adalah salah satu taman yang fenomenal di Singkawang. Tempat kumpulnya kawula muda Singkawang. Tempat yang cocok untuk bersantai di sore hari. Lokasinya yang teduh, banyak pepohonan rindang jadi gak perlu takut kepanasan. Pada bulan Ramadan tahun ini Taman Burung Singkawang disulap menjadi “Taman Ketupat”. Ya, ada banyak ketupat beraneka warna dipajang di sini. Kamu bisa mengambil foto dari berbagai arah mulai dari jarak dekat, jarak jauh atau perspektif. Angle favorit saya kayak gini :

pesona ramadan 2018 taman ketupat singkawang

Taman Ketupat di Taman Burung Singkawang

Taman Burung Singkawang

Halaman Mes Daerah Singkawang

pesona ramadan 2018

Panggung Singkawang Ramadhan Fair 1439 H

Singkawang Ramadan Fair 2018 berpusat di halaman Mes Daerah Singkawang. Di tempat ini terdapat panggung yang menyajikan berbagai kegiatan hiburan dan perlombaan selama bulan Ramadan. Ada festival musik religi, kasidah, lomba mewarnai, lomba fashion show, sholawat dan penampilan musik hiburan bukber alias buka bersama.

Ornamen Bulan Sabit bisa jadi objek fotomu nih.

Ornamen Bulan Sabit di Singkawang Ramadhan Fair

Masjid Raya singkawang

Berwisata religi sekaligus sejarah ke masjid Raya Singkawang, salah satu masjid tertua di Kalimantan Barat. Masjid Raya sudah banyak melakukan renovasi dengan ditambahkan dua menara tinggi semakin memperindah bangunan masjid. FYI, di dalam masjid Raya terdapat tugu berbentuk segiempat berwarna kuning dengan 5 buah garis berwarna hijau pada badan tugu. Tugu ini merupakan Tugu Penyerahan Kedaulatan.

Masjid Raya Singkawang

Beduk Raksasa

Pasar Juadah

Melengkapi sajian berbuka, di Singkawang Ramadan Fair 2018 tersedia Pasar Juadah yang diisi oleh pedagang yang menjual makanan dan minuman. Para pedagang menempati stan di dalam gapura bertuliskan “Singkawang Ramadhan Fair 2018”. Kisaran harga makanan dan minuman di pasar ini juga murah meriah. Mulai dari Rp 1000 – Rp 15.000, jadi kalau kamu punya Rp 5000 sudah bisa jajan enak untuk berbuka puasa.

Aneka minuman yang dijual di Pasar Juadah

Aktivitas pedagang yang menjual makanan di Pasar Juadah

Bazar Ramadan

Tak bisa dipungkiri, selama Ramadan kehadiran bazar serta pameran akan menjamur. Seperti Bazar Ramadan di SRF 2018 yang menjual aneka rupa barang mulai dari sembako, pakaian, kue lebaran lengkap dengan minumannya. Harga barang-barang tersebut relatif murah.

Bazar Ramadan di SRF 2018

Itu baru sore hari, pesona Ramadan 2018 di Singkawang pada malam hari gak kalah meriah.

Ornamen Bulan Sabit di malam hari

Salah satu spot foto I Love Skw

Hiasan ketupat yang bercahaya di malam hari

Saat ini SRF 2018 masih berlangsung hingga 14 juni 2018. Harapannya, event Singkawang Ramadhan Fair yang baru pertama kali ini akan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang.
Ini sejuta pesona Ramadan 2018 di kotaku, bagaimana dengan kotamu?

Tips :
– Paling pas jalan-jalan sore hari menjelang buka puasa
– Parkirkan kendaraan dengan rapi di kawasan masjid Raya Singkawang
– Bawa uang cash secukupnya untuk berbelanja di Pasar Juadah

NB Foto Taken By :Vazrul

This Post Has 4 Comments

  1. yelli Reply

    Seru banget kayaknya mbak, banyak acaranya. Pengen ke sanalah. hehehe

  2. Dwi Wahyudi Reply

    Wah belum ada rencana untuk ke Singkawang dalam waktu dekat, padahal pengen banget berkunjung ke event ini. ๐Ÿ˜€

    • Multi Siahaan Reply

      Event SRF masih ada sampai pertengahan Juni Bg, Singkawang jadi lebih meriah dengan hiasan ketupat warna warni di jalan jalan ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner