Mengenal Vaksin Covid-19
Info Menarik

Mengenal Vaksin Covid-19, Kemanan, Khasiat, Serta Efektivitasnya

Informasi mengenai vaksin Covid-19 terus berkembang setiap harinya. Rencana penggunaan vaksin kini telah memasuki fase terakhir uji klinis sebelum digunakan secara massal ditengah masyarakat. Apa itu vaksin? Sejauh mana kemanan, khasiat, serta efektivitas vaksin ini saat diberikan ke masyarakat?. Kemarin, aku baru saja mengikuti Webinar bertajuk “Vaksin Aman Masyarakat Sehat”. Kegiatan ini dilaksanakan melalui Zoom Meeting. Berikut adalah rangkuman Webinar yang disampaikan kedua narasumber yaitu dr.Barita P.Ompusunggu, M.KM. Kepala Dinas Kesehatan dan KB, Drs. Ahyadi, MM. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang dan Dra. Istri Handayani, M.Si. Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang sebagai moderator. Dibaca sampai habis ya 🙂

Apa itu Vaksin

Sebelum mengenal vaksin Covid-19 kita perlu ketahui apa itu vaksin. Vaksin adalah suatu zat yang merupakan bentuk dari produk biologi yang dikembangkan dan berasal dari virus, bakteri atau bisa merupakan kombinasi dari keduanya yang dilemahkan.

Pemberian vaksin melalui kegiatan vaksinasi ini merupakan upaya untuk menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif dengan tindakan memberikan zat antigen dengan sengaja. Tujuannya adalah merangsang pembentukan zat anti penyakit (antibodi) sehingga tubuh diharapkan akan kebal terhadap penyakit tersebut atau hanya sakit ringan. Antigen yang diberikan dibuat sedemikian rupa sehingga tidak menimbulkan sakit, akan tetapi mampu merangsang sel limfosit untuk menghasilkan antibodi.

keamanan vaksin covid-19

Vaksin Covid-19

SARS-CoV-2 memiliki genom RNA sense positif untai tunggal linier 🡪 4 protein struktural [spike (S), envelope (E), membran (M), dan nukleokapsid (N)]

Tidak ada obat antivirus atau vaksin khusus untuk melawan SARS-CoV-2 yang baru muncul saat ini. Pengembangan vaksin menjadi sangat penting untuk menekan pandemi dan mencegah wabah virus baru

sumber : Gao Q, Bao L, Mao H, Wang L, Xu K, Yang M, et al. Development of an inactivated vaccine candidate for SARS-CoV-2. Science 2020;369(6499):1−9.
WHO. Vaccine fact book 2012: WHO; 2012;1−109.

Perkembangan Vaksin Covid-19

Saat ini vaksin yang telah dikembangkan di 139 negara. Berbagai negara bagai berlomba mengembangkan vaksin Covid-19 26 diantaranya telah memasuki tahap evaluasi klinis, 6 negara masuk fase ketiga yaitu tahap akhir uji klinis.

Vaksin Sinovac melalui fase 1, 2 di Beijing dan fase 3 di Indonesia, Brazil, India, Bangladesh dan Turki.

vaksin covid-19

Rencana dan Persiapan Vaksinasi di Kota Singkawang

Rencana vaksinasi Covid-19 di Kota Singkawang masih menunggu aturan resmi sebagai dasar hukum pelaksanaan Vaksinasi (Perpres) yang nantinya akan dijabarkan dalam bentuk Perwako di Singkawang sebagai perlindungan kepada petugas dan masyarakat.

  • Memastikan vaksin aman mendapatkan izin dari BPOM.
  • Memberikan sosialisasi kepada masyarakat melalui media sosial, media cetak.
  • Mendata tenaga kesehatan, petugas vaksinasi seperti dokter, perawat, bidan, tenaga kesehatan lainnya dan petugas administrasi.
  • Menyiapakan fasilitas kesehatan, sarana prasarana termasuk ketersediaan vaksin
  • Ketersediaan anggaran

Mereka yang Akan Diberikan Vaksin

Kegiatan vaksinasi akan diprioritaskan kepada mereka yang berusia produktif dan sehat dengan rentang usia 18-59 tahun. Mengapa? sebab usia ini memiliki mobilitas yang tinggi. Selain itu, berdasarkan data usia ini yang paling banyak dirawat di rumah sakit.

Mereka yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah, bayi, anak-anak, kondisi yang beresiko, belum pernah imunisasi juga akan diberikan vaksin.

Apakah Vaksin Ini Aman dan Halal?

Pemerintah menjamin akan menyediakan vaksin yang terbukti aman dan lolos uji klinis sesuai rekomendasi WHO (World Health Organization). Pemerintah memberikan kepastian dan keyakinan bahwa vaksin Covid-19 yang tengah diproduksi PT Bio Farma dibuat dari bahan baku halal.

Mitos VS Fakta Tentang Vaksin Covid-19

Banyak sekali mitos tentang vaksin Covid-19 yang dapat membuat masyarakat ragu akan vaksin ini. Ini adalah mitos VS fakta Vaksin Covid-19 :

Mitos : Penyakit infeksi bisa dihindari dengan gaya hidup sehat saja
Fakta : Pola hidup sehat adalah kebiasaan baik, namun cara ini belum cukup ampuh untuk mencegah infeksi penyakit tertentu

Mitos : vaksin ada kandungan zat berbahaya
Fakta : vaksin yang sudah diproduksi massal harus memenuhi syarat utama : aman, efektif, stabil, dan efisien dari segi biaya

Mitos : vaksin mengandung sel janin aborsi
Fakta : dalam pembuatan vaksin, virus memang akan menginfeksi sel hidup itu dan diproduksi berulang-ulang selama bertahun-tahun dengan meninggalkan sel awal. Sedangkan yang diambil sebagai komponen vaksin adalah bagian dari virus atau virusnya tersendiri

Mitos : penyakit yang sudah ada vaksinnya, tak perlu vaksinasi lagi
Fakta : banyak riset menunjukkan bahwa penurunan angka vaksinasi memicu kenaikan penyakit spesifik yang dilawan vaksin tersebut

Saring Before Sharing

Tak bisa dipungkiri saat ini informasi tentang vaksin covid simpang siur. Oleh karena itu upaya pemerintah memastikan ketersediaan vaksin dan keinginan segera mungkin melakukan vaksinasi patut diapresiasi. Uji klinis memang membutuhkan waktu yang lama. Untuk itu sebelum masuk ke peredaran mari kita saring before sharing. Cek dan ricek kembali kevalidan informasi yang teman-teman dapatkan. Jangan langsung membagikan informasi yang belum jelas kebenarannya.

Cek dan ricek kembali kevalidan informasi yang teman-teman dapatkan. Jangan langsung membagikan informasi yang belum jelas kebenarannya.

Laporkan hoaks terkait vaksin :
1. Mendaftarkan diri dan membuat akun di web aduankonten.id
2. Unggah tautan atau link yang berisikan konten tidak sesuai dengan perundang-undangan
3. Screenshot konten tersebut dan berikan alasan anda
4. Aduan pemohon akan di verifikasi oleh Tim aduan konten
5. Pantau terus proses pengaduan.

Salam tangguh, salam sehat
Vaksin Aman Masyarakat Sehat

Sumber :
Webinar KPCPEN #09 zoom
Vaksin Aman, Masyarakat Sehat
Hari : Selasa, 17 November 2020
Pukul: 09.00 s/d 11.00 WIB
live di : https://s.id/KPCPENWebinar7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Banner