hutan itu indonesia
Info Menarik

Inilah Manfaat Adopsi Hutan Untuk Masa Depan

Adopsi hutan?. Awalnya aku sempat bingung tentang maksud dari Adopsi Hutan. Kalau Adopsi Pohon aku memang sering dengar. Pada kesempatan Online Blogger Gathering, Melestarikan Hutan Lewat Adopsi Hutan beberapa waktu yang lalu aku menjadi mengerti. Ternyata banyak sekali manfaat Adopsi Hutan. Karena hutan bukan saja tentang pohon tetapi ada berbagai spesies tanaman dan hewan langka lainnya. Bincang-bincang online dengan narasumber yang berbagi tentang Adopsi Hutan ini seru banget. Ada Mas Tian dari Hutan Itu Indonesia, Kak Irham dari Forum Konservasi Leuser, dan Kak Satya Winnie seorang influencer blogger kesayangan aku hehe.. Acara ini dipandu oleh MC keren Kak Rian Ibram. Inilah manfaat Adopsi Hutan untuk masa depan kita. Aku rangkum semuanya khusus buat teman-teman pembaca inimulti.com

Negeri Kita Diberkati Dengan Alam yang kaya

Indonesia dijuluki Negeri Zamrud Khatulistiwa karena memiliki alam yang kaya sehingga kalau dilihat dari atas seperti hijau batu zamrud yang melintasi garis khatulistiwa. Sesuai juga dengan tema dress code touch of green kami 30 peserta blogger terpilih mengikuti Online Blogger Gathering, Melestarikan Hutan Lewat Adopsi Hutan tanggal 2 Oktober 2020.

adopsi hutan adalah

Acara online gathering juga disiarkan live di Youtube Hutan Itu Indonesia

Tahukah kamu hutan Indonesia dari Aceh sampai Papua luasnya 4 kali negara Jepang. Hutan Indonesia juga menduduki peringkat ke 3 di dunia setelah Brazil dan Kongo. Waw..!!

Saat Ini Hutan Sedang Tidak Baik-Baik Saja

Negeri kita saat ini memang sedang tidak baik-baik saja. Sama, hutan Indonesia juga sedang tidak baik-baik saja. Memang, masa pandemi ini ibarat sinyal untuk memberikan bumi kita waktu untuk beristirahat.

adopsi hutan kita bisa

Kristian Natali dari Hutan Indonesia memberikan penjelasan tentang kondisi hutan di Indonesia

Kenapa Kita Perlu Adopsi Hutan?

Adopsi Hutan adalah sebutan baru atau narasi baru dari istilah Adopsi Pohon.

Memandang dari masalah utama yang dihadapi terkait hutan Indonesia. Terdapat banyak sekali pembalakan liar/ilegal logging, perburuan satwa, dan lain sebagainya. Ancaman itu masih nyata terutama di masa pandemi seperti sekarang ini. Berbagai macam ancaman kelestarian hutan relatif lebih meningkat. Perlindungan untuk hutan sangat penting terutama di masa pandemi saat ini.

Tayangan cerita dari hutan dari penjaga hutan

Manfaat Adopsi Hutan Untuk Masa Depan

Ada banyak manfaat dari aksi Adopsi Hutan untuk masa depan. Seperti :
1. Pohon ada yang mengasuh, artinya dari dana yang kita donasikan digunakan untuk merawat pohon. Tak hanya pohon, bisa tanaman dan hewan.
2. Sebagai bantuan dana untuk pengelola konservasi hutan. Salah satu penerima manfaat nya adalah Forum Konservasi Leuser di Aceh

Dana ini digunakan untuk menjaga pos pemantauan menjaga pos pemantauan oleh tim ranger di lapangan. Ada sebanyak 26 tim ranger yang berpatroli menjaga Leuser. Patroli dilakukan selama 15 hari per bulan atau 2 kali dalam 1 bulan. Setiap kali melakukan patroli setiap tim ada 4 orang ranger dan 1 ranger dari pemerintah.

Bersama 30 blogger terpilih mengikuti Online Gathering via zoom

Kak Satya Winnie di Hutan Leuser

Berdasarkan hasil pemantauan yang terekam oleh video pemantau terdapat banyak hewan-hewan langka yang masih ada di hutan Leuser.

Yang Perlu Kita Lakukan Untuk Melestarikan Hutan Indonesia

Sebagai masyarakat Indonesia kita wajib ikut serta melestarikan hutan demi masa depan anak cucu kita. Apa yang bisa dilakukan jika kita jauh dari hutan?.

1. Tumbuhkan pondasi rasa cinta terhadap hutan Indonesia
2. Menjaga norma-norma atau peraturan yang ada jika kita berkunjung ke hutan
3. Pakai jasa guide lokal jika ke hutan atau ke gunung karena guide lokal biasanya sudah dilatih untuk mengerti tentang hutan atau gunung setempat
4. Ikut terlibat dalam aksi kecil misalnya Adopsi Hutan.
5. Ikut aktif menyuarakan pesan-pesan positif terkait lingkungan dan hutan yang bisa dilakukan lewat tulisan.

Semoga dengan program Adopsi Hutan ini, hutan Indonesia tetap terjaga hingga anak cucu kita bisa melihatnya. Artikel tentang cerita dari hutan ada di tulisan ini ya Cerita Jaga Hutan Masyarakat Sungai Utik.

This Post Has 5 Comments

  1. Rudi G. Aswan Reply

    Negeri kita yang kaya jangan sampai rusak oleh perilaku kita sendiri ya Kak. Termasuk hutan yang satwa dan faunanya luar biasa eksotis. Adopsi hutan bisa jadi solusi mudah karena bisa dikerjakan di mana saja. Asyik banget itu acara gathering-nya ๐Ÿ˜€

  2. Ella Fitria Reply

    Sepakat banget sama mbak Multi, kita bisa ikut andil melestarikan Hutan Indonesia dengan poin-poin di atas ๐Ÿ™‚
    Seru banget bisa bareng2 ikutan online gathering HII x BPN ya mbak, informatif banget dan bikin makin cinta dengan Hutan. Makin kesini, makin gampang untuk menjaga hutan salah satunya dengan Adopsi Hutan

  3. Astrid Prasetya Reply

    Keren sekali webinarnya. Sangat membuka wawasan.

  4. Dedew Reply

    Blogger menuliskan tentang hutan adalah bentuk kampanye cinta hutan ya, insya Allah ada dampaknya untuk bantu pelestarian hutan..

  5. Dedew Reply

    Blogger menuliskan tentang hutan adalah bentuk kampanye cinta hutan ya, insya Allah ada dampaknya untuk bantu pelestarian hutan..aamiin!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Banner