aksi sadar wisata operasi sampah di mangrove park setapuk
Event

Aksi Sadar Wisata Operasi Sampah di Mangrove Park Setapuk

Kembali Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga mengadakan event di Singkawang, kali ini temanya adalah kebersihan lokasi wisata Singkawang. Kegiatan ini digelar Hari Minggu, 1 Oktober 2017 dan diikuti oleh berbagai komunitas dan instansi diantaranya Himpunan Pramuwisata Indonesia, Pasti ke Singkawang!, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Singka Tour, Hotel Swiss Belinn Singkawang, Leppami Singkawang, Black Jack Singkawang, Siswa Pecinta Alam SMAN 4 Singkawang, Taman Rekreasi Teratai Indah Singkawang, Mastering English Faster Singkawang, Borneo Picture, Matuano Borneo Travelling, ORBEE, RUMAKSI, Yoyo Komik, Pecinta Alam Eksistensi SMANDA, Surya Perdana Mandiri, WWF Indonesia, tentunya aku dan tim dari Blogger Singkawang.

aksi sadar wisata mangrove setapuk singkawang

Kegiatan Aksi Sadar Wisata

Dalam agenda acara seharusnya dimulai jam 07.00 pagi, karena cuaca yang kurang mendukung pagi-pagi sudah hujan 🙁 ada beberapa volunteer yang datang terlambat termasuk aku dan teman-teman Blogger Singkawang. Walau begitu tidak menyurutkan niat kami untuk ambil bagian dalam kegiatan ini.

Teman-teman yang sudah tiba di lokasi kegiatan (sumber foto : Grup Whatsapp)

Adik-adik dari MEF Community yang rajin bangun pagi 🙂 (sumber foto : Grup Whatsapp)

Mangrove Park Setapuk terletak di Kelurahan Setapuk Besar, Kecamatan Singkawang Utara untuk lokasi detailnya teman-teman bisa baca ditulisanku sebelumnya di sini Hutan Mangrove Singkawang  

Jalan menuju kawasan Mangrove Park Setapuk ini memang belum sempurna, terlebih setelah diguyur hujan tekstur tanah yang licin membuat kita harus berhati-hati melewatinya. Untuk memarkir kendaraan teman-teman bisa memilih memarkirkannya ditanah yang agak kering.

Selamat Datang

Aku siap main lumpur

Aku, Medi, dan Armin dari tim Blogger Singkawang (Dandi dan Erwin menyusul)  sudah bersiap berjalan kaki menuju lokasi kegiatan tapi beruntungnya kami dijemput untuk naik menggunakan speed boat yeayy…

Operasi Sampah dan menanam mangrove di Mangrove Park Setapuk

Tiba di lokasi ternyata udah rame.. wah seru..

Kegiatan membersihkan sampai di sekitar Mangrove Park Setapuk (sumber foto : Grup Whatsapp)

Kegiatan membersihkan sampai di sekitar Mangrove Park Setapuk
(sumber foto : Grup Whatsapp)

Aku segera turun untuk ikut membersihkan sampah di area Mangrove Park ini. Kemudian aku bertemu dengan adik-adik dari Mastering English Faster Singkawang yang dibawa oleh Bang Supriyadi. Mereka bersemangat sekali, tangan mungilnya seakan mempunyai kekuatan sendiri menarik kantong plastik tempat sampah yang mereka kumpulkan.

Ohya, Mastering English Faster Singkawang adalah sebuah tempat kursus Bahasa Inggris di Singkawang yang bisa buat kamu ngomong inggris cas cis cus kayak adik-adik ini.

Setelah membersihkan sampah kami melanjutkan menanam mangrove kali ini lokasinya agak jauh mendekati bibir pantai. Aku juga bertemu dengan ketua HPI Singkawang Bapak Susanto dan dari Pasti ke Singkawang Bang Rizky and then we take a picture haha…

(Ki-Ka : Armin, Erwin, Multi, Pak Susanto, Bang Rizky)

Ohya, ada tamu dari jauh nih dari Pontianak, Theresia WWF Pontianak

Kegiatan ini sungguh menyenangkan sekali, ada yang kakinya terperosok dilumpur, jungkir balik, mandi lumpur dan segala kelakuan lainnya. Sebanyak kurang lebih 1000 bibit mangrove yang kami tanam semoga mereka cepat bertumbuh menjadi pohon mangrove yang kuat.. kamu baik-baik ya di sana mangrove ku 🙂

kamu baik baik ya mangrove ku sayang…

Mangrove Park Setapuk sudah mulai banyak perubahan. Terakhir kali aku mengunjungi tempat ini belum seluas sekarang. Sekarang sudah ada tambahan kursi dan meja untuk tempat bersantai, ada ayunan, ada ruang pertemuan, ada juga lokasi untuk bermain bola voli. Untuk fasilitas toilet masih belum sempurna tapi teman-teman tetap bisa menggunakan toilet sederhana yang dibuat oleh pengelola Mangrove Park Setapuk.

Ruang Pertemuan di Mangrove Setapuk

Ada ayunan

Selesai sudah kegiatan operasi sampah dan menanam bibit mangrove, aku segera membersihkan celana dan bajuku yang kotor terkena lumpur karena setelah kegiatan operasi sampah di Mangrove Setapuk, aku harus mengunjungi Pentas Seni Budaya dari Sanggar Mancarsiat di Taman Rekreasi Teratai Indah (videonya menyusul ya).

Seperti biasa momen bahagia itu harus diabadikan so.. kita take a picture lagi 😀

Bersama teman-teman Leppami Cab. Singkawang

Teman-teman Duta Lingkungan Hidup

Teman-teman dari Swiss Belinn Hotel Singkawang

Teman-teman Black jack

Sampai ketemu lagi di kegiatan lainnya 🙂

Selamat berkunjung.
Salam muter-muter
Share dan like kalau kamu senang dengan tulisan ini.
#BloggerSingkawang
#PastikeSingkawang

This Post Has 6 Comments

  1. Rizky Hardi Maulana Reply

    Salut dan terimakasih, kegiatan ini terselenggara karena kesadaran dan kepedulian dari berbagai komunitas yang berpartisipasi. Semoga aksi ini dapat dilihat sebagai aksi nyata yang dapat ditularkan kepada seluruh masyarakat dalam rangka menjaga kebersihan dan kenyamanan Singkawang sebagai destinasi pariwisata.

    • Multi Siahaan Reply

      Betul sekali Bang, semoga menjaga kebersihan mulai dari diri sendiri menjadi budaya masyarakat di Kota Singkawang kita yang tercinta ini ya Bang..

  2. Wisata Pulau Lemukutan Reply

    Di tunggu videonya. hehe… 😀

  3. Dwi Wahyudi Reply

    Ini baru namanya blogger, suka bacanya. Mantep… 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner