wisata sumedang
Pesona Indonesia

Best of Sumedang, Ini Daftar Destinasi Wisata Sumedang yang Wajib Kamu Kunjungi

Pesona wisata di Indonesia tak akan ada habisnya untuk dikagumi. Mulai dari wisata alam, flora dan fauna yang beraneka ragam, eksotisnya gunung berapi, uniknya wilayah yang dilewati garis khatulistiwa, dan potensi wisata lainnya yang berada di 17.504 pulau di Indonesia. Pun beberapa potensi wisata Indonesia sudah dikenal dunia dan berhasil memberikan kesan yang tak terlupakan bagi setiap mata yang memandangnya. Melihat hal itu pemerintah kini mulai mengembangkan potensi wisata Indonesia supaya lebih dikenal dunia. Provinsi Jawa Barat, khususnya Sumedang misalnya. Sumedang dikaruniai kekayaan alam yang mengagumkan juga memiliki perjalanan sejarah yang panjang. Tidak hanya Tahu Sumedang. Dari beragam aspek keunggulan Sumedang, Best of Sumedang, ini daftar destinasi wisata Sumedang yang wajib kamu singgahi.

Sumedang merupakan kabupaten di provinsi Jawa Barat, yang dipimpin oleh Bupati Sumedang Bapak H. Dony Ahmad Munir, ST.,M.M dan Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan, S.E . Sumedang disebut strategis karena menjadi penghubung antara dua wilayah penting di Jawa Barat. Pariwisata Sumedang meliputi wisata alam, wisata buatan, dan wisata ziarah. Sumedang juga memiliki beberapa kesenian dan upacara yang ditujukan untuk meminta keberkahan saat musim tanam, bersyukur pada saat panen, bersuka cita pada saat menumbuk padi dan seni budaya lainnya. Sumedang juga memiliki beberapa kesenian dan upacara yang ditujukan untuk meminta keberkahan saat musim tanam, bersyukur pada saat panen, bersuka cita pada saat menumbuk padi dan seni budaya lainnya. Seperti Seni Karinding, Seni Beluk, Seni Tutunggulan, Seni Gondang, dan Jentreng atau Tarawangsa

Asal kata Sumedang

Pernahkah kita berpikir asal nama sebuah kota atau suatu tempat?. Saya pernah, sering malah… saya selalu ingin tahu asal kata setiap nama kota yang ingin saya kunjungi atau yang sudah pernah saya kunjungi. Asal kata SUMEDANG berasal dari kata “inSUn MEdal insun maDANGan”. Insun yang artinya “saya” dan Medal artinya “lahir” kemudian Madangan memiliki arti memberi penerangan.

jadi asal kata Sumedang bisa berarti : “Saya lahir untuk memberi penerangan

Dalam sejarah Sumedang kalimat “Insun Medal Insun Madangan” ini diucapkan oleh raja Sumedang Larang I yaitu Prabu Tajimalela ketika melihat langit menjadi terang-benderang oleh cahaya yang melengkung mirip selendang selama tiga hari tiga malam.

Selain itu, asal kata Sumedang bisa juga berasal dari kata “Su” yang berarti baik atau indah dan “Medang” adalah nama sejenis pohon yaitu Litsia Chinensis.

Destinasi Wisata Sumedang

Ada banyak sekali destinasi wisata Sumedang yang tak boleh dilewatkan ketika kalian berkunjung ke kota tahu ini. Lalu mana saja tempat yang wajib untuk kunjungi? Simak ulasan Best of Sumedang, daftar destinasi wisata Sumedang yang wajib kamu datangi :

1. Curug Cipongkor

Curug Cipongkor masih sangat alami dengan, curug yang tinggi menjulang ini berada di dekat hutan Gunung Tugu. Lokasinya di Ciherang, Cimareme, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Di depan air terjun terdapat hamparan sawah yang berundak-undak. Bagi kamu si pecinta petualangan, destinasi wisata ini cocok untukmu karena akses menuju curug ini cukup butuh perjuangan. Kita harus melewati jalan setapak yang biasanya digunakan masyarakat sekitar untuk pergi ke sawah.

2. Curug Cigorobog

free stock photo ID: 1346815598

Curug Cigorobog berlokasi di Citengah Sumedang Jawa Barat. Obyek wisata air terjun ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik di hari biasa maupun hari libur. Curug ini memiliki pemandangan alam indah dan suasana yang segar memanjakan mata. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dengan tiga buah undakan yang menyajikan alam yang mempesona.

3. Curug Cinulang

free stock photo ID: 1150319258

Terletak di Cicalengka Sindang wangi, Sindulang, Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Curug Cinulang memiliki ketinggian 50-60 meter. Menjadi wilayah perbatasan alami antara Kabupaten Sumedang dengan Kabupaten Bandung membuatnya selalu menjadi primadona.

4. Curug Ciputrawangi

Satu lagi curug di Sumedang menyimpan pesona alam yang mengagumkan. Namanya Curug Ciputrawangi, terletak di Desa Narimbang, Kecamatan Conggeang. Curug ini letaknya di sebelah timur kaki Gunung Tampomas dan termasuk ke dalam kawasan TWA (Taman Wisata Alam) Gunung Tampomas. Dan jika ingin mendaki Gunung Tampomas, bisa melalui jalur dari Curug Ciputrawangi ini yang merupakan posko satu pendakian Gunung Tampomas.

5. Curug Sabuk

Curug Sabuk memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Di sebelah aliran air dari curug Sabuk ini terdapat beberapa kolam air panas. Untuk menikmati alam Curug Sabuk ini, dari arah Cirebon sampai di pasar Jalaksana (pasar Krucuk) ada pertigaan belok kanan, jalan agak sedikit menanjak karena mengarah ke lereng Gunung Ciremai. Sesampainya di tempat parkir, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 30 menit melewati jalan setapak dan menelurusi hutan Gunung Ciremai yang masih alami.

6. Gunung Kunci

Sumedang memiliki hutan kota yaitu Gunung Kunci. Taman Hutan Raya (Tahura) Gunung Kunci merupakan tempat rekreasi dengan pemandangan alam yang indah. Selain pemandangan alamnya, udara yang sejuk dan lokasinya strategis, di tempat ini juga terdapat cagar budaya berupa benteng pertahanan peninggalan zaman kolonial Belanda.

7. Sumber Air Panas Sekarwangi

Source : www.disparbud.jabarprov.go.id

Wisata Alam Cipanas Sekarwangi berlokasi di Desa Sekarwangi, Kecamatan Buahdua. Untuk menuju ke destinasi wisata Sumedang yang satu ini bisa ditempuh dengan semua jenis transportasi, baik pribadi maupun umum dengan rute Sumedang – Conggeang – Buahdua. Sesuai dengan namanya, di tempat ini terdapat sumber mata air panas alami yang dilengkapi fasilitas lain seperti penginapan dan lain-lain. Khasiat mandi air panas yang menyegarkan sekaligus bisa meningkatkan stamina dan kesehatan tubuh kita loh.

8. Cipanas Cileungsing Buahdua

Source : http://sumedangtandang.com/direktori/detail/pemandian-cipanas-cileungsing

Pemandian air panas Cileungsing Buahdua ini terletak di desa Cilangkap Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang. Di daerah ini sering muncul air panas lebih dari 10 titik. Air di pemandian ini rasanya cukup panas, terbukti dengan bau belerang yang cukup tinggi sehingga banyak sekali pengunjung yang datang untuk mengobati sakit kulit dan reumatik.

9. Cipanteuneun

Sebuah kolam alam yang menarik yang terletak di kaki Gunung Tampomas di sebelah utara Kecamatan Cimalaka, hanya 5Km dari Pusat Perkotaan Sumedang.

10. Bumi Perkemahan Kiara Payung

stock photo ID: 1551654128

Tempat ini adalah salah satu lokasi yang digunakan dalam kegiatan jambore pramuka nasional dan dikelola oleh Pemprov Jawa Barat. Terletak di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

11. Museum Prabu Geusan Ulun

Museum Prabu Geusan Ulun merupakan museum yang dibangun oleh keluarga pewaris Kerajaan Sumedang Larang. Dalam museum ini dipamerkan beberapa perabot dan pusaka kuno khas kerajaan tersebut. Disini juga bisa meliha bagaimana dahulu Kerajaan Sumedang Larang berdiri dengan tentram. Silsilah raja dan keturunannya juga bisa kita ketahui dari catatan yang dibuat oleh para ahli waris kerajaan. (fix)

12. Kampung Toga

Kampung Toga berlokasi 2 KM dari pusat kota Sumedang. Letaknya di daerah perbukitan yang alami dengan nuansa asri. Dari puncak bukit Toga terlihat hamparan pesawahan, perkebunan dengan panorama khas parahyangan. Terdapat beberapa fasilitas di Kampung Toga seperti Kolam renang dewasa dan anak, restoran, dengan fasilitas lesehan, meeting room, ruang terbuka. Juga ada fasilitas outbond, kegiatan olahraga dirgantara, paralayang, dan gantole.

13. Lapangan Golf Giri Gahana Jatinangor

Sebuah lapangan golf bertaraf internasional yang berlokasi di Desa Cibeusi, Kecamatan Jatinangor, dan hanya berjarak sekitar 30 menit perjalanan dari Bandung.

14. Kawasan Agrotekno bisnis Sumedang

Kawasan Agrotekno bisnis Nangorak Sumedang (KAS) berlokasi di Desa Margamekar, Kecamatan Sumedang Selatan. Lokasinya berdekatan dengan lokasi peristirahatan (Villa Toga) dan objek wisata sejarah Makam Cut Nyak Dien. Dulunya kawasan KAS merupakan bekas perkebunan teh dengan panorama alam yang indah dan udara yang sejuk. Serta dikelilingi bukit dan hutan yang masih terjaga memberikan kesan alami suasana pegunungan dan alam pedesaan.

15. Makam Dayeuh Luhur

Makam ini terletak di Kecamatan Sumedang utara sekitar 17 Km dari pusat Perkotaan Sumedang. Daya tarik yang ada di tempat ini adalah makam Prabu Geusan Ulun beserta istrinya yang bernama Haris baya.

16. Makam Cut Nyak Dien

Cut Nyak Dien memiliki panggilan penghormatan yakni Ibu Prabu atau Ibu Suci. Pahlawan asal Tanah Rencong itu sangat dihormati warga Sumedang, daerah tempat Cut Nyak Dien diasingkan seusai ditangkap tentara Belanda. Makam Cut Nyak Dien berada di atas bukit kecil dekat kantor Pemerintahan Sumedang. Berlokasi di Kampung Gungun Puyuh, Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, Sumedang.

17. Makam Pasarean GedeKangjeng

Pangeran Santri (PangeranKoesoemahdinata I) merupakan seorang tokoh pejuang Agama Islam di wilayah Sumedang Larang. Tahun 1530 yang dipimpin oleh seorang ratu bernama Ratu Dewi Inten Dewata dengan gelar Ratu Pucuk Umum. Pangeran Santri meninggal pada 2 Oktober 1579 dan dimakamkan berdampingan dengan istrinya di Gunung Ciung Pasarean Gede yangletaknya kurang lebih 1 Km dari Pusat Perkotaan Sumedang.

18. Makam Gunung Lingga

Terletak di Desa Cimaraga, Kecamatan Darmaraja, sekitar 20 Km dari Pusat Perkotaan Sumedang. Memiliki daya tarik panorama alam yang sangat indah dengan bentang analam yang unik dan khas.

19. Makam Marongge

Di kompleks pemakaman Makam Marongge menyimpan misteri. Terdapat sebuah kisah tentang mbah Gebug yang dikejar oleh musuhnya. Kemudian mbah Gebug beserta semua saudaranya menghilang di makam tersebut. Sampai sekarang di objek wisata ziarah ini masih banyak dikunjungi para peziarah baik domestik hingga luar negeri seperti Malayasia, Singapura dan lain-lain terutama pada waktu-waktu tertentu. Seperti menjelang maulid Nabi Muhammad SAW) serta malam Jum’atKeliwon.

Tenang… ini masih belum selesai. Sebenarnya masih banyak lagi destinasi wisata di Sumedang. Bagi teman-teman yang menyukai alam bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata alam air terjun yang ada di Sumedang. Bagi yang senang dengan wisata sejarah, bisa mengunjungi destinasi wisata sejarah. Sumedang memiliki potensi wisata yang tak kalah dari kota-kota lain di Indonesia.

Begitu juga dengan wisata kuliner. Sumedang memiliki makanan khas yang memanjakan lidah. Sebut saja Tahu Sumedang yang Endes, Ubi Cilembu yang Legit, Salak Bangkok, Sawo Citali yang langka, Sale Pisang manis ala Sumedang, Soto Bongko, dan Sambal Oncom yang punya rasa unik.

Demikianlah Best of Sumedang, ini daftar destinasi Wisata Sumedang yang wajib kamu singgahi. Saya rangkum ke dalam artikel ini. Semoga bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Tulisan ini diikut sertakan dalam Kompetisi Menulis Nasional, Writingthon Jelajahi Sumedang Jawa Barat yang diselenggarakan oleh bitread. Yuk ikutan, jika kamu siap untuk menceritakan pesona alam dan ekonomi kreatif yang memikat dari Sumedang!

Referensi :
www.sumedangkab.go.id/
www.sumedangtandang.com/
www.museumprabugeusanulun.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner