UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University
UNTAN

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

“Setelah lulus SMA, ntar kamu mau kuliah dimana Nin?” tanya Joni pada Nina.
Dengan mantap Nina menjawab pertanyaan sahabatnya itu, “Aku pengen kuliah online di salah satu cyber university, Jon”. “cyber university, Nin?” “Iya Jon, kan sekarang UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university.”

Bukan tanpa alasan Nina ingin melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi dengan sistem belajar jarak jauh berbasis online. Karena sistem ini dapat menjangkau siapapun, dimanapun, dan kapan pun. Apa itu cyber university?. Apakah di Kalimantan Barat sudah ada perguruan tinggi yang menggunakan sistem ini? Nah, seperti apa UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university.

Di era yang serba digital sekarang ini dunia pendidikan khususnya pendidikan tinggi berlomba-lomba menjadikan kampus berbasis teknologi. Sudah banyak perguruan tinggi di Indonesia yang mewujudkannya. Hal itu dilakukan sekaligus untuk mewujudkan upaya perguruan tinggi tersebut untuk menyandang status “universitas kelas dunia”. Pun perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi mengubah cara pandang, cara kerja dan sekaligus implementasi dalam bidang pembelajaran. Seperti kita lihat munculnya istilah-istilah baru seperti eBook, e-learning, cyber university. Apa itu cyber university?.

Cyber University disiapkan untuk hadapi Revolusi Industri 4.0

Semenjak gaung revolusi industri 4.0 menggema, saya sering mendengar dan membaca bagaimana kita harus siap menghadapi serta memanfaatkan fenomena revolusi industri 4.0. Secara singkat, padat dan mudah-mudahan jelas saya coba merangkum revolusi industri adalah perubahan besar yang terjadi terhadap cara manusia memproduksi barang. Kalau revolusi pertama dipicu oleh mesin uap, revolusi kedua dipicu oleh ban berjalan dan listrik, revolusi ketiga dipicu oleh mesin yang bergerak, yang berpikir secara otomatis: komputer dan robot. Revolusi industri keempat: “Internet of Things” atau IoT saat komputer-komputer yang ada di pabrik itu tersambung ke internet, saat setiap masalah yang ada di lini produksi bisa langsung diketahui langsung oleh pemilik pabrik, di manapun si pemilik berada. Wawww!.

Lalu. apa kaitannya dengan dunia pendidikan?. Eitss… makin penasaran ya? iya, iya saya lanjutkan lagi tapi sebelumnya simak dulu penjelasan dari pertanyaan Joni tadi. Apasih cyber university?

Apa itu Cyber University?

Cyber university atau Perguruan Tinggi Digital adalah istilah yang digunakan oleh beberapa Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan program online, seperti Seoul Cyber University, The Cyber University of Korea, dan Thailand Cyber University. Cyber University ​​menggunakan pembelajaran online yang bisa diakses semua orang terlepas dari keterbatasan akibat lokasi geografis, fleksibilitas, dan lainnya. Cyber university terkait dengan hal lain seperti distance learning, cyber campus, virtual university, e-education, e-classes dan bentuk kelas jarak jauh. Interaksi yang dapat diberikan tidak terbatas pada materi yang pasif (surat), tetapi juga materi yang bersifat interaktif, baik melalui surat-menyurat (email / chating), video dan telekonferensi, maupun bentuk-bentuk lain yang layaknya ada pada kegiatan universitas tradisional. Cyber University adalah salah satu kecanggihan fasilitas bagi siswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi seperti Nina.

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyadari perlunya mengubah universitas di Indonesia jadi sekelas internasional. Untuk mendorong daya saing generasi muda Indonesia, universitas-universitas di Indonesia perlu melakukan inovasi sistem digital menuju Cyber University. Cyber Learning ini hendaknya hanya sebagai alat untuk meningkatkan kualitas pengajaran, bukan menggantikan seluruhnya. Karena pertemuan dengan dosen itu masih perlu dilakukan.

Bagaimana membangun ekosistem digital menuju Cyber University?

Cyber university memiliki metode yang sangat jauh berbeda dengan universitas tradisional dalam proses belajar maupun mengajar. Untuk itu membutuhkan motivasi yang tinggi dari para mahasiswa maupun dosen sendiri. Contohnya, ketika dosen berhalangan hadir di depan kelas seperti biasa, tapi dosen bisa mengajar via video live. Tentunya tidak ada mahasiswa di hadapan dosen tersebut dan tidak ada dosen di hadapan mahasiswa. Hal ini merupakan sebuah metode yang membutuhkan sosialisasi yang tinggi baik kepada dosen maupun mahasiswa sendiri.

Dengan kata lain modul pembelajaran harus sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum materi disampaikan. Kesemuanya itu haruslah dalam bentuk digital. Demikian halnya dengan mahasiswa, proses belajar tidak dilakukan di kelas, melainkan dimana saja dengan menggunakan perangkat teknologi yang disediakan.

Transformasi kampus membangun ekosistem digital menuju cyber university

ekosistem digital menuju cyber university

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Universitas Tanjungpura atau disingkat sebagai UNTAN merupakan universitas negeri di kota Pontianak, Indonesia. Berlokasi di Jl. Prof.Dr.H.Hadari Nawawi / Jendral Ahmad Yani, Pontianak, Kalimantan Barat. Lokasi kampus UNTAN dengan mudah dapat dikenali dari adanya Tugu Digulis yang berada di depan kampus. Tugu Digulis ini dikenal juga sebagai Bundaran UNTAN.

Didirikan pada tanggal 20 Mei 1959, UNTAN bernama Universitas Daya Nasional di bawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Daya Nasional sebagai sebuah universitas swasta. Adapun pendiri lembaga tersebut merupakan tokoh-tokoh politik dan pemuka masyarakat Kalimantan Barat. Pada saat berdiri universitas ini memiliki dua fakultas yaitu Fakultas Hukum dan Fakultas Tata Niaga. Tenaga pengajar pada masa-masa tersebut adalah para sarjana dan sarjana muda yang terdapat di daerah Kalimantan Barat.

fakultas hukum di untan

Fakultas Hukum UNTAN

Jurusan Universitas Tanjungpura

Fakultas UNTAN
No.1.2.3.4.5.6.7.8.9.
Nama FakultasHukumEkonomi dan BisnisPertanianTeknikISIPKehutananKeguruan dan Ilmu PendidikanMIPAKedokteran
AlamatJL. Prof. Dr. H. Hadari NawawiJL. Prof. Dr. H. Hadari NawawiJL. Prof. Dr. H. Hadari NawawiJL. Prof. Dr. H. Hadari NawawiJL. Prof. Dr. H. Hadari NawawiJL. Prof. Dr. H. Hadari NawawiJL. Prof. Dr. H. Hadari NawawiJL. Prof. Dr. H. Hadari NawawiJL. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi
Telepon(0561) 7053252(0561) 7053252(0561) 7053252(0561) 7053252(0561) 7053252(0561) 7053252(0561) 7053252(0561) 70532520561-756392
Faksimile(0561) 740187(0561) 740187(0561) 740187(0561) 740187(0561) 740187(0561) 740187(0561) 740187(0561) 7401870561-756399
Emailhukum@untan.ac.idekonomi@untan.ac.idpertanian@untan.ac.idteknik@untan.ac.idfisip@untan.ac.idkehutanan@untan.ac.idfkip@untan.ac.idinfo@fmipa.untan.ac.idkedokteran@untan.ac.id
Websitehttp://hukum.untan.ac.id/http://feb.untan.ac.id/http://pertanian.untan.ac.id/http://teknik.untan.ac.id/http://fisip.untan.ac.id/http://fahutan.untan.ac.id/https://fkip.untan.ac.id/http://mipa.untan.ac.id/http://kedokteran.untan.ac.id/
DekanDr. Sy. Hasyim Azizurahman, S.H., M.HumDr. Hj. Jamaliah, SE. MSiProf. Dr. Ir. Hj. Denah Suswati, M.PDr. rer. nat. Ir. RM. Rustamaji, MT.,Drs. Sukamto, M.SiDr. Ir. H. Gusti Hardiansyah, M.Sc, QAMDr. H. MartonoAfghani Jayuska S.Si., M.SiMuhammad Asroruddin, Sp.M

Gedung Kuliah Bersama Universitas Tanjungpura

Cyber University, Teknologi Informasi, dan Perguruan Tinggi di Indonesia

Ketika dunia telah memasuki era digital, sejak itu teknologi digital telah menjadi bagian dari kehidupan dan membuat tugas manusia jadi lebih mudah. Hal ini dikarenakan segala pekerjaan telah bertransformasi ke bentuk digital. Jaringan internet yang luas juga memberikan kemudahan untuk bekerja dari rumah atau dengan kata lain kerja jarak jauh.

Beberapa tahun terakhir banyak pekerjaan di bidang keahlian digital mulai bermunculan. Fakta inilah mendorong evolusi sistem pendidikan di Indonesia, khususnya di tingkat perguruan tinggi. Dari pendekatan tradisional ke digital. Evolusi dimulai dari sistem manajemen universitas, database mahasiswa, pelaporan keuangan universitas, proses akademik, e-scoring, perpustakaan digital, laporan tugas mahasiswa, dan lainnya. Untuk itu pula kini UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M. Nasir menyebutkan keberadaan Cyber University akan sangat mendukung pesatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia dan dunia. Kementerian akan mengawasi manajemen Cyber University, termasuk metode dan modul kuliah online. Hal ini bertujuan untuk memastikan sistem manajemen dan pendidikan di cyber university telah memenuhi kualitas terbaik.

Tahu atau tidak tahu tentang teknologi informasi dan dunia digital khususnya cyber university, fenomena ini sudah muncul. Sekarang tinggal bagaimana kita generasi muda beradaptasi dengan perubahan zaman yang semakin berkembang pesat. Semoga dengan adanya cyber university banyak memberikan manfaat bagi kita semua.

“Jadi, gimana Jon? Kalau kamu mau kuliah dimana?” tanya Nina kembali kepada Joni.
“Hmm… aku tertarik kuliah di UNTAN, Nin karena sekarang UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university” jawab Joni. “Yuk, kita daftar sama-sama ya.” lanjut Nina.

untan

Biro Umum dan Keuangan

Referensi :
www.untan.ac.id/fakultas-untan/
id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Tanjungpura
www.kombinasi.net/cyber-university-teknologi-informasi-dan-perguruan-tinggi-di-indonesia/

This Post Has 19 Comments

  1. Charis Reply

    Kren bak Artikelnya, Terimakasih

    • Multi Siahaan Reply

      terima kasih, semoga informasi tentang UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University dapat bermanfaat ya.. atau mau kuliah di UNTAN?

  2. Dwi Wahyudi Reply

    Artikelnya keren, sudut pandangnya unik dan menarik. Wajar aja bisa langsung melejit ke urutan pertama halaman pencarian. Tetap semangat Kak…

    • Multi Siahaan Reply

      Kemarin sepupu nanya gimana sih kuliah online tuh, pas banget ada informasi tentang cyber university jadi semangat ikutan hehe. Terima kasih Bang 🙂

  3. Mardianus Reply

    Jadi kepengen kuliah beginian

  4. Rahmah Reply

    Artikelnya mantap euy
    Pantesan bisa langsung nangkring di page one

  5. David Sem Reply

    Wah kalau Untan sudah membangun ekosistem digital menuju cyber university. Aku mau nantinya kuliah di untan aja, karna sambil kerja juga bisa, dan dimana pun bisa kuliah dan kuliahnya online lagi. Terlebih UNTAN namanya juga sudah kampus terbesar di kalbar

  6. Adam Akbar Reply

    Keren… UNTAN memang semakin maju menjadi Universitas kebanggaan masyarakat Kalimantan Barat. Thanks Multi atas informasinya

  7. Catering Pontianak Reply

    Untan semakin membanggakan. Teruslah menjadi universitas kebanggaan Kalbar.
    Keren tulisannya mbak.

    • Multi Siahaan Reply

      Bener banget deh, apalagi dengan adanya metode cyber university. Semoga UNTAN terus menjadi kebanggaan KalBar. Makasih ya Kak 🙂

  8. Bersom Reply

    Artikel keren dan enak dibaca kak, semoga saja Untan akan menjadi kebanggaan sana tempat kuliah lainya.

  9. sidikul Reply

    Bagi rahasia donk kak, untuk bisa mantap di rank utama. BTW Kampus untan ini baru dengar deh.

    • Multi Siahaan Reply

      Hai Sidikul, hmm… sebenarnya gak ada rahasia. Cukup riset kata kunci aja diawal menulis artikel, lalu kembangkan menjadi kalimat. Kampus UNTAN ada di Pontianak yang sedang membangun ekosistem digital menuju Cyber University.

      • sidikul Reply

        tapi bakal jaminan menang nih kalau begini terus, kapan-kapan aku contek ya supaya untuk belajar aku kak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner