situs belajar online yang menyenangkan
Info Menarik

20 Situs Belajar Online yang Menyenangkan

Sejak virus corona menyerang, kehidupan menjadi berubah. Perubahan yang paling terlihat dari cara orang-orang menjalani kesehariannya. Semua orang berjuang sekuat tenaga untuk tidak terinfeksi virus jenis baru ini. Himbauan pemerintah juga sudah dilakukan seperti WFH, #dirumahaja, selalu cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, physical distancing, hingga tidak mudik. Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) menyebar begitu cepat. Satu orang terinfeksi, maka orang yang pernah kontak dengannya kemungkinan bisa ikut terinfeksi. Untuk itu, Presiden Joko Widodo meminta masyarakat untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah di tengah wabah virus corona. Baik anak-anak sekolah hingga mahasiswa sementara diliburkan sampai waktu yang belum ditentukan. Pelajar dan mahasiwa diharapkan bisa belajar mandiri di rumah secara online. Nah, untuk teman-teman yang masih bingung mau belajar online dimana, sebagai tambahan pengetahuan ini aku bagikan 20 situs belajar online yang menyenangkan di rumah.

platform belajar online

Pendidikan adalah bekal untuk hadapi masa depan

Belajar Online

Kemajuan teknologi yang semakin pesat membawa kemudahan bagi manusia. Khususnya di bidang pendidikan. Menggunakan teknologi dalam dunia pendidikan dengan baik dan benar akan membawa manfaat sebagai berikut :

  • Informasi yang dibutuhkan lebih mudah dan cepat untuk di akses
  • Meningkatkan kemampuan belajar
  • Materi yang menarik dan menyenangkan
  • Meningkatkan minat belajar
  • Teknologi dalam bidang pendidikan sangat membantu pelajar maupun pengajar. Seperti belajar berbasis daring (online). Belajar online merupakan serangkaian kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan jaringan digital untuk berinteraksi, belajar dan berdiskusi. Meski tidak bertatap muka secara fisik, belajar online tetap membutuhkan kelas atau pertemuan tatap muka terjadwal yang teratur. Belajar online juga bisa diartikan alat atau sistem pendidikan berbasis komputer yang memungkinkan Anda belajar dimana saja dan kapan saja.

    Sumber pembelajaran online bisa dari bermacam-macam, seperti : E-book, video, forum diskusi, situs bimbingan belajar, dan lain-lain.

    Bagaimana cara belajar online yang menyenangkan supaya tidak bosan?. Berikut aku kasih tipsnya :

    1. Buat jadwal belajar
    Meskipun belajar online di rumah, kamu juga harus membuat jadwal belajar loh. Ini penting, supaya kamu bisa mengatur waktu kamu dengan baik.

    2. Lakukan kebiasaan yang sama seperti sekolah
    Misalnya, kamu bangun pagi terus mandi, ganti pakaian yang rapi lalu mulailah belajar. Apalagi jika kamu belajar online via video call dengan guru atau teman-teman sekelasmu. Kalau penampilan kita rapi tentu lebih menyenangkan, bukan.

    3. Buka situs belajar online yang menyenangkan
    Saat ini tersedia banyak pilihan situs sumber belajar online di internet. Kamu tinggal memilihnya sesuai kebutuhanmu.

    4. Istirahat
    Jika kamu lelah berhadapan dengan smartphone atau laptop saat belajar online, istirahatlah. Kamu bisa makan, ngemil, minum air hangat, main hape sebentar, ngobrol sama keluarga, lihat tanaman hijau, dan lain-lain.

    5. Bertanya itu penting
    Jika ada materi belajar online yang kurang dipahami, kamu bisa bertanya kepada orang tua, guru, kakak, atau kepada orang yang ahli di bidangnya.

    Buat kamu yang ingin belajar lewat situs belajar online. Di sini aku sudah merangkum 20 situs belajar online yang menyenangkan. Apa saja?

    Situs Belajar Online Pemerintah

    1. Rumah Belajar
    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau disingkat Kemendikbud meluncurkan salah satu situs bimbingan belajar bernama Rumah Belajar yang bisa teman-teman akses di belajar.kemdikbud.go.id . Situs belajar online Rumah Belajar berisi bahan untuk belajar bagi peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan (SMA/SMK) sebagai sumber media pembelajaran.

    situs belajar online kemendikbud

    Materi pelajaran di Rumah Belajar dikemas dengan menarik yang berisi aneka gambar, animasi, dan video. Pada akhir pembelajaran ada latihan soal-nya juga loh. Tujuannya untuk mengukur kemampuan anak terhadap materi yang sudah dipelajarinya.

    Sumber Belajar Online Lainnya

    2. Inibudi.org
    Masih ingat pelajaran Bahasa Indonesia yang legendaris? Ya, saat kita belajar mengeja “ini budi”. Situs bimbingan belajar online Ini Budi menggunakan metode video pembelajaran bagi siswa-siswa yang ingin menambah wawasan mengenai mata pelajaran di sekolah. Ini Budi menyediakan materi belajar online mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas. Semua pelajar bebas mengakses seluruh video yang ada di situs inibudi.org secara gratis.

    Mengapa Ini Budi memberikan layanan akses gratis? karena video serta tenaga pengajar merupakan volunteer atau relawan yang dengan suka rela menyumbangkan video pembelajaran ke dalam situs ini. Situs ini masih termasuk baru, saat ini masih membutuhkan banyak relawan. Berminat menjadi relawan di website Ini Budi? silahkan mendaftar ya.

    3. Ruang Guru
    Situs belajar online selanjutnya ada Ruang Guru yang bisa diakses di sekolahonline.ruangguru.com. Di situs ini, kamu bisa mengakses materi belajar secara gratis. Mulai dari materi untuk SD hingga SMA.

    4. MejaKita
    Situs sumber belajar www.mejakita.com berisi materi pelajaran, bahan materi ujian nasional, latihan soal ujian, catatan pelajaran, hingga diskusi mengenai pelajaran rumah (PR). Aktsa sang pendiri mengatakan, materi pembelajaran di situs ini dapat diakses secara gratis. Sistem latihan soal dapat dilakukan secara online dengan mengikuti petunjuk yang sudah diberikan dalam situs. Selama mengerjakan, ada batasan waktu yang tersedia. Setelah semua soal selesai dikerjakan, akan ada pembahasan hasil latihan dan perolehan nilai.

    Uniknya ada satu fitur yaitu berbagi catatan. Di dalam fitur ini tersedia kontribusi dari beberapa pelajar. Maksudnya adalah, para pelajar memberikan izin supaya catatan miliknya dapat diunggah dan dibagikan secara luas. Fitur ini dibuat agar pelajar lebih mudah memahami materi pembelajaran. Sebab, tidak semua siswa membuat catatan dengan cara yang rapi, menarik, dan mudah dipahami

    5. Zenius
    Sesuai dengan namanya, Zenius materi di situs belajar online bikin jenius yang satu ini mulai dari jenjang SD hingga SMA. Cukup buka situs www.zenius.net .

    Cara akses semua video di Zenius gratis :

    • Download Zenius App di Google Play dan App Store.
    • Buka Zenius App dan daftar/log in ke akun Zenius.
    • Klik banner yang ada di homepage.
    • Masukin no handphone kamu yang aktif, dan tunggu kode verifikasi dari Zenius.
    • Masukkan kode OTP yang kamu terima.

    Selamat belajar sepuasnya bareng Zenius!

    6. Kelas Pintar
    Kelas Pintar menggunakan Kurikulum 2013 Revisi Januari 2017 yang diselaraskan dengan konten multimedia yang dibangun oleh para ahli yang berpengalaman di bidang pendidikan dan pembelajaran. Bisa diakses di www.kelaspintar.id

    Kelas Pintar memberikan solusi belajar meliputi perangkat multimedia yang interaktif berdasarkan tiga pendekatan unik, yaitu “LEARN, PRACTICE dan TEST”. Kelas pintar menyediakan beragam materi ajar untuk para siswa. Terdapat juga fitur-fitur lainnya, seperti fitur assesment yang memungkinkan guru untuk berinteraksi dengan murid secara online. Ada juga fitur Tanya yang bisa digunakan siswa untuk bertanya kepada guru secara online mengenai materi ajar atau soal.

    7. Quipper School
    Sebuah situs belajar online tanpa biaya. Dengan platform ini, guru dapat mengirim dan mengelola materi pembelajaran, ujian, serta nilai siswa secara online. Sedangkan siswa dapat mengerjakan pekerjaan rumah, tugas, dan ujian juga secara online dengan mudah. Quicker School menggunakan teknologi manajemen kelas digital (Learning Management System atau LMS).

    8. Coursera
    Bagi kamu yang tertarik belajar di bidang komputer bisnis dan ingin mengasah kemampuan lebih di bidang tersebut. Aku sarankan kamu mengakses www.coursera.org . Coursera adalah platform pembelajaran online Amerika yang didirikan oleh profesor Stanford Andrew Ng dan Daphne Koller yang menawarkan kursus online besar, spesialisasi, dan gelar. Aplikasi ini menyediakan ribuan video streaming terbaik yang melalui tahap seleksi terlebih dahulu.

    9. Udemy
    Udemy merupakan situs belajar secara online yang berbasis di San Fransisco, Amerika Serikat. Sejak didirikan pada tahun 2010, Udemy telah menghubungkan masyarakat dimana saja dengan instruktur terbaik dari seluruh penjuru dunia untuk mengembangkan keahlian dan pengetahuan mereka dalam topik apapun yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

    Richard Qiu selaku Vice President Udemy, mengatakan “Di Udemy, kami percaya bahwa siapapun bisa membangun kehidupan yang mereka impikan melalui pembelajaran online. Melalui marketplace global dan solusi kami untuk perusahaan dan pemerintah, kami menghubungkan masyarakat dimanapun dengan keahlian yang mereka butuhkan untuk meraih kesuksesan dalam pekerjaan serta kehidupan.”

    10. Duolingo
    Kamu tertarik ingin belajar bahasa, silahkan belajar online di id.duolingo.com . terdapat berbagai macam bahasa di dunia yang bisa kamu pelajari.

    Situs Belajar Online Menyenangkan Untuk Anak

    Untuk anak-anak usia 0-4 tahun, sebaiknya tidak mengajak mereka berselancar internet. Cukup carikan dan cetak konten yang tepat untuk mereka. Selanjutnya, ajak mereka bermain bersama. Di bawah ini adalah situs belajar sambil bermain untuk anak-anak.

    Situs Belajar Online Penuh Edukasi yang Menyenangkan Untuk Anak
    No.Nama WebsiteLink
    11.Indonesia Montessorihttps://indonesiamontessori.com/
    12.PBS Kidshttps://pbskids.org/
    13.Sesame Streethttps://www.sesamestreet.org/
    14.Starfallhttps://www.starfall.com/h/
    15.Make Me Geniushttp://www.makemegenius.com/
    16.TIME for Kidshttps://www.timeforkids.com/
    17.Fun Brainhttp://www.funbrain.com/
    18.Nick Jr.http://www.nickjr.com/
    19.Disney Jr.http://disneyjunior.com/
    20.Exploratoriumhttp://www.exploratorium.edu/

    Itulah ke-20 situs belajar online menyenangkan yang bisa kamu buka di rumah. Tetap produktif di saat-saat sulit ini, teruslah belajar. Karena pengetahuan itu tak ada habisnya. Sebelum mengikuti belajar online di situs-situs di atas sebaiknya kamu menyesuaikan dengan kegiatan belajar dari sekolah ya. Masing-masing sekolah pasti ada peraturan terkait kegiatan belajar mengajar di rumah. Untuk anak usia sekolah dasar dan remaja, orang tua harus mulai memasang aplikasi parental control agar dapat mengawasi kegiatan anak saat berselancar internet.

    Buat kamu yang lulus sekolah, selamat ya. Semangat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Jika kamu berminat kuliah di UNTAN sekarang UNTAN membangun ekosistem digital menuju Cyber University loh. Kamu bisa baca-baca informasinya di blog aku.

    Selamat belajar 🙂
    #bloggersingkawang

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    Banner