pesona Papua destinasi wisata hijau dengan alamnya yang memukau
Pesona Indonesia

Pesona Papua Destinasi Wisata Hijau Dengan Alamnya yang Memukau

Coba ketik di mesin pencari Google sebuah kata kunci “destinasi impian”, maka pada halaman pertama yang muncul adalah Raja Ampat. Salah satu destinasi wisata yang menjadi impian lebih dari satu juta hasil pencarian itu berlokasi di Papua. Tidak bisa ku-pungkiri bahwa aku merupakan satu dari jutaan orang yang mencari informasi tentang destinasi wisata di Papua tersebut. Apakah teman-teman pembaca setia inimulti.com mempunyai impian yang sama denganku? Jika iya, itu artinya teman-teman harus membaca tulisan ini sampai habis. Jangan di skip ya kalau kata para vlogger hehe.. Pada tulisan kali ini aku ingin membagikan keindahan Papua. Inilah Papua destinasi wisata hijau dengan alamnya yang memukau.

raja ampat destinasi wisata hijau papua

Raja Ampat
Gambar oleh Ady Arif Fauzan dari Pixabay

Pesona Papua yang Memukau

Papua memiliki sederet pesona destinasi wisata yang memukau. Jadi gak heran, banyak wisatawan baik dari dalam dan luar negeri mengunjungi salah satu provinsi di Indonesia terbesar dan paling timur ini. Papua memiliki potensi wisata yang lengkap, mulai dari wisata alam, wisata bahari, hingga wisata budayanya yang unik. Baiklah, sebagai “makanan pembuka” kumulai dengan 3 Taman Nasional di Papua yang mengagumkan :

1. Taman Nasional Lorentz
Luasnya mencapai 2.505.600 ha ini merupakan kawasan konservasi terluas di Asia Tenggara. Karena pesonanya yang luar biasa, melalui United Nation Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada tanggal 12 Desember 1999 PBB secara resmi menetapkan Taman Nasional Lorentz sebagai situs alam warisan dunia. Taman ini memiliki kurang lebih 43 jenis ekosistem juga sebagai kawasan daerah tropis yang memiliki gletser yaitu di puncak Cartenz, serta danau Habema dengan padang rumput alpin dan rawa-rawa yang sungguh indah.

2. Taman Nasional Teluk Cenderawasih
Luasnya sekitar 1.453.500 ha membentang dari timur semenanjung Kwatisore hingga Pulau Rumberpon. Taman Nasional Teluk Cenderawasih terletak di dua kabupaten yaitu Kabupaten Teluk Wondama Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Nabire Provinsi Papua. Taman nasional ini memiliki sekitar 14 jenis flora yang dilindungi. Pohon kasuarina banyak tumbuh di Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Paket lengkap kan di taman nasional ini, ada pantai, pohon, pulau, ikan-ikan lucu, hingga terumbu karang.

3. Taman Nasional Wasur
Luasnya sekitar 413.810 ha, taman nasional ini menyimpan flora dan fauna yang beragam. Terdapat hutan rawa, hutan masoon, hingga padang rumput yang luas. Di dalam hutan tersebut terdapat berbagai jenis pohon terlindungi yang tumbuh lebar dan rindang.

Selain taman nasional, Papua juga kaya akan wisata budaya yang unik dan menakjubkan. Festival Lembah Baliem misalnya. Festival yang berlangsung selama tiga hari ini biasanya diselenggarakan pada bulan Agustus. Ada kisah menarik dibalik festival ini yang awalnya merupakan acara perang antarsuku Dani, Lani, dan Suku Yali sebagai lambang kesuburan dan kesejahteraan. Seperti apa kisahnya, nanti aku lanjutin di bawah.

Destinasi Wisata Papua Favoritku

Papua adalah destinasi impianku, namun saat ini aku hanya bisa merenung sambil menabung. Meskipun begitu, kiranya ada kesempatan ke Papua suatu hari nanti aku sudah menyusun list destinasi wisata hijau Papua. Ini dia :

  • Memandang gugusan pulau di Raja Ampat
    • Sebelum menjelajahi belahan dunia lain aku bertekad harus ke Raja Ampat Papua dulu. Ingin rasanya kedua mata ini melihat gugusan pulau-pulau indah yang hanya bisa kunikmati online alias dari medsos. Raja Ampat merupakan sebuah kabupaten di provinsi Papua Barat. Tempat yang indah bagai lukisan, tak mampu aku mendeskripsikan keindahan lukisan elok maha Pencipta ini. Raja Ampat terdiri dari banyak pulau-pulau di sekitarnya. Empat pulau utama yang paling besar yaitu Pulau Waigeo, Pulau Batanta, Pulau Salawati, dan Pulau Misool. Deretan pulau-pulau yang menyerupai tebing sangat memukau dilihat dari ketinggian. Sebut saja Piaynemo, Teluk Kabui, dan Wayag. Raja Ampat adalah rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan dan ribuan biota laut lainnya.
  • Menyelami surga bawah laut di Taman Nasional Teluk Cenderawasih
    • Sebagai pecinta snorkling aku ingin sekali ke Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Lebih dari 500 spesies karang indah ada di sana. Berenang bersama ikan-ikan beraneka warna sungguh menyenangkan. Taman Nasional Teluk Cendrawasih terletak di 5 wilayah dan dua provinsi, yaitu Kabupaten Teluk Wondana dan Kabupaten Manokwari di Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Nabire, Kabupaten Yapen dan Kabupaten Waropen di Provinsi Papua. Taman nasional ini merupakan rumah bagi lebih dari 950 jenis ikan karang, hiu paus (Rhincodon typus), dan memiliki lebih dari 500 spesies karang.
  • Melihat langsung atraksi perang-perangan di Lembah Baliem
    • Sudah digelar dari tahun 1989, festival ini diadakan di sebuah lembah bernama Baliem yang terletak di Kabupaten Jayawijaya dengan Wamena sebagai pusat ibu kotanya. Itulah mengapa festival ini dinamakan festival Lembah Baliem, karena lokasinya ada di lembah Baliem. Ini cerita unik yang diadakan di festival. Meskipun judulnya atraksi perang-perangan tetap aman untuk ditonton kok. Pertunjukan ini memiliki arti penting bagi masyarakat Lembah Baliem. “yogotak hubuluk motog hanaro” yang artinya “harapan akan hari esok yang harus lebih baik dari hari ini”.

Festival Lembah Baliem merupakan sebuah acara pertunjukan seperti kebudayaan suku-suku yang tinggal di lembah Baliem. Di dalam festival Baliem akan ditampilkan berbagai kesenian dan kearifan lokal masyarakat tiga suku besar yang ada seperti Suku Dani, Suku Tali dan Suku Lani.

Papua Destinasi Wisata Hijau

Wilayah Papua sebagian besar adalah hutan. Dengan keindahan panorama alam yang memukau, karena itu sudah sepatutnya disebut Papua destinasi wisata hijau Indonesia. Total luas hutan di Tanah Papua dan Papua Barat mencapai 33.710.523,22 ha. Aku ulangi ya, tiga puluh tiga juta, tujuh ratus sepuluh ribu, lima ratus dua puluh tiga koma dua puluh dua hektare. Dimulai dari hutan bakau di pesisir hingga hutan hujan tropis di dataran tinggi dengan pemandangan menakjubkan yang menjadi habitat hidup spesies satwa yang unik. Melihat tanah seluas satu hektare saja rasanya sudah luas banget ya, apalagi 33 juta lebih.

Tak hanya itu saja, laut di Papua juga memiliki potensi yang sangat kaya. Menurut LIPI tahun 2007, biota laut seperti terumbu karang di Raja Ampat, Papua Barat, merupakan yang terbanyak di Indonesia. Jenisnya mencapai 450 jenis, belum lagi berbagai spesies ikannya. Sumber daya, kekayaan, serta kearifan lokal di Tanah Papua juga menyediakan penghidupan bagi masyarakat orang Papua asli yang telah hidup dari memanfaatkan dan menjaga alam sejak dulu. Nah, salah satu cara pemanfaatan sumber daya alam adalah melalui wisata alam atau ekowisata. Betapa indahnya, tanpa melakukan eksploitasi, ekowisata tetap dapat menjaga kelestarian sumber daya alam yang ada.

Destinasi wisata alam atau ekowisata di Papua seperti : Taman Nasional, Taman Wisata Alam, Taman Buru, Taman Hutan Raya, Suaka Margasatwa, Cagar Alam dan hutan. Aku sudah merangkumnya di dalam tabel di bawah ini.

KAWASAN KONSERVASI PAPUA DAN PAPUA BARAT
NOPAPUAPAPUA BARAT
TWATNSMCATWASMCA
1NabireLorentzDanau BianBiak UtaraBeriatMubrani-KaironiPantai Sausafor
2Teluk YoutefaWasurMemberamo FojaBupulGunung MejaPulau VenuPegunungan Arfak
3Pulau SupioriTeluk CenderawasihPegunungan JayawijayaEnarotaliKlamonoSidei WibainPegunungan Fakfak
4Pulau DolokPegunungan CycloopsSorongPulau Sabuda dan Pulau TatarugaPegunungan Kumawa
5Pulau KomolonPegunungan WaylandPegunungan Tamrau Selatan
6Pulau PomboPulau SupioriPegunungan Tamrau Utara
7SavanTanjung WiayPegunungan Wondiboy
8Yapen TengahPulau Batanta Barat
9Pulau Kofiau
10Pulau Misool
11Pulau Salawati Utara
12Pulau Waigeo Timur
13Teluk Bintuni
14Torobi
15Wagura kote
16Pulau Waigeo Barat

Keterangan :
Taman Wisata Alam (TWA)
Taman Nasional (TN)
Suaka Marga Satwa (SM)
Cagar Alam (CA)

ekowisata di papua

Kampung Ekowisata Malagufuk, Distrik Makbon, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat (Yayasan EcoNusa/Moch. Fikri)

Program EcoNusa Foundation Untuk Papua

Melihat pesona Papua destinasi wisata hijau, sebuah organisasi nirlaba bernama EcoNusa Foundation hadir di tengah-tengah masyarakat Papua bahkan Orang Papua asli. EcoNusa Foundation memiliki banyak program untuk mengangkat pengelolaan sumber daya alam serta bekerja sama dengan kelompok masyakarat.

papua hijau

Peserta bersih pantai dan laut di Pantai Tanjung Bayang, Makassar, Sulawesi Selatan, mengumpulkan sampah pantai di dalam karung. (Yayasan EcoNusa/Yusran Ucang)

Kegiatan bersih pantai Pantai Tanjung Bayang merupakan kegiatan bersih pantai pertama yang diadakan koalisi organisasi lingkungan di 2020. Gerakan ini melibatkan 57 organisasi dan komunitas peduli lingkungan yang diikuti 1.300 anak muda. Kota Makassar menjadi pilihan karena Sulawesi Selatan merupakan provinsi yang memproduksi perikanan sebesar 3,9 juta ton pada 2016. Pantai Tanjung Bayang jaraknya dekat dengan pusat Kota Makassar dan menjadi salah satu pusat wisata.

Ini salah satu program EcoNusa Foundation yang bekerja sama dengan masyarakat. Tidak hanya di Papua saja, juga di beberepa daerah di Indonesia. Seperti : Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat, Provinsi Maluku Utara, Provinsi Maluku.

 

EcoNusa Foundation

EcoNusa Foundation atau Yayasan Ekosistim Nusantara Berkelanjutan merupakan organisasi nirlaba yang mempunyai tujuan mengangkat pengelolaan sumber daya alam yang berkeadilan dan berkelanjutan di Indonesia. Dengan cara memberi penguatan terhadap inisiatif-inisiatif lokal. Oleh karena itu, EcoNusa mendorong pembangunan dan pengembangan kapasitas kelompok masyarakat madani, bekerja sama dengan mereka untuk mengembangkan strategi untuk advokasi, kampanye, komunikasi dan pelibatan pemangku kepentingan. Berbasis di Jakarta, EcoNusa Foundation resmi berdiri sejak 21 Juli 2017.

Portofolio EcoNusa

Lokakarya “Pendekatan Kemitraan dalam Implemetasi Pembangunan Berkelanjutan” di Kaimana, Papua Barat pada 16 Maret 2020. Dalam acara tersebut EcoNusa menyampaikan Portofolio EcoNusa yang berisi lima pilar utama. (Yayasan EcoNusa/Moch. Fikri)

Sebagai penghubung komunikasi antara pemangku kepentingan di wilayah timur Indonesia (Tanah Papua dan Maluku). Yayasan EcoNusa memiliki tujuan untuk memaksimalkan praktik terbaik dalam hal perlindungan lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan berdasarkan prinsip keadilan melalui kegiatan nyata bersama masyarakat lokal. Yayasan EcoNusa juga mempromosikan nilai-nilai kedaulatan pengelolaan dan konservasi sumber daya alam kepada para pembuat kebijakan baik di tingkat daerah maupun nasional.

Visi dan Misi EcoNusa Foundation

econusa foundation

Program ECONUSA

wisata papua raja ampat

Kesimpulan

Sebagai penutup, aku mau kasih kesimpulan bahwa Papua merupakan provinsi yang memiliki wilayah terluas di Indonesia. Papua adalah surganya wisata alam dan bawah laut yang mengagumakan. Biasanya alasan wisatawan mengunjungi Papua untuk menikmati kekayaan bawah lautnya. Selain itu juga, untuk mengenal lebih dekat tradisi adat dan budaya di Papua yang unik. Mari sama-sama kita jaga Papua tetap hijau dan lestari sampai ke anak cucu kita nanti. Tentunya kita ingin Papua terus berkembang. Keinginan harus disertai dengan perjuangan. Yayasan EcoNusa hadir untuk Papua, untuk Indonesia lebih baik dengan segala perjuangan yang telah dilalui. Mari kita dukung agar Papua hijau, Papua memukau, dan Papua berdaya.

Referensi :
www.econusa.id
www.papuaweb.org
www.pariwisata.papua.go.id/#

This Post Has 10 Comments

  1. catatancharis.com Reply

    ngomongin wisata terbaik tentulah papua. sudah lama mau kesana dan besar keinginan mau ke Papua. yang paling menarik adalah di setiap wisata di papua merupakan destinasi wisata hijau. kalau ajakin penulis boleh kali ya ke sana?

  2. mengenalbengkayang.com Reply

    Papua memang layak deh dibilang wisata hijau, karna disana memang wilayah hutan dan masyarakat di sana memang masih banyak mengandalkan hutan untuk berlangsungnya kehidupan mereka. Papua destinasi wisata hijau mantap 🙂

    • Multi Siahaan Reply

      Apalagi untuk kita yang menyukai warna hijau ya, ke Papua memang udah paling cocok. Banyak destinasi wisata hijau di sana. Yuk, merenung sambil menabung

  3. JvnBram Reply

    Dari dulu sampai sekarang memang gk ada matinya sih destinasi wisatanya. Wisata bahari dan wisata cagar alamnya selalu memanjakan mata. Pokoknya kereeen lah, papua memang destinasi wisata hijau. Semoga deh nanti bisa kesana.

  4. Siti Mustiani Reply

    Cantik banget Papua dan selalu mempesona, terlebih keindahannya juga membantu kehidupan dunia tertutama hutannya, semoga kita semua selalu dapat menjaganya dengan baik

    • Multi Siahaan Reply

      Setuju Ti, supaya tidak hanya kita yang bisa menikmati keindahan alam Papua tapi juga anak dan cucu kita nanti. Apalagi Papua destinasi wisata hijau impian banyak orang

  5. kangamir.com Reply

    Gak kebayang deh kalau bisa berkunjung ke Papua. Pasti seru sekali karena bisa melihat langsung keindahan alam yang jarang di temui di bagian manapun di Indonesia. Terlebih di Raja Ampatnya dengan surga bawah lautnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Banner