riam budi bengkayang
Bengkayang

Potret Sejuknya Air Terjun Riam Budi Bengkayang

Masih tentang riam, ini cerita lanjutan perjalanan inimulti beberapa waktu yang lalu sekitar awal Maret 2020 ke salah satu riam di Bengkayang. Mendengar nama riam ini, kita pasti familiar dengan nama tokoh di buku pelajaran Bahasa Indonesia pada masa SD dulu. “Ini Ibu Budi”, “ini mainan Budi” begitu bunyinya. Tuh kan, auto throwback hehe :). Namanya Riam Budi Bengkayang, berlokasi di Dusun Riam Pelayo, Sungai Betung, Kabupaten Bengkayang. Letaknya tidak jauh dari pasar Bengkayang, sekitar 45 menit kalau naik motor. Sayangnya waktu aku dan Charis mengunjungi Riam Budi debit airnya tidak terlalu deras. Namun, hal ini tidak mengurangi kekaguman kami akan kesejukan dan keindahannya. Kami sempat mengabadikan beberapa potret sejuknya air terjun Riam Budi Bengkayang, ini dia :

Cara Pergi ke Riam Budi Bengkayang

Seperti biasanya, aku akan mengulas bagaimana cara pergi ke Riam Budi. Karena ingin melepas penat dalam perjalanan Singkawang-Bengkayang kami pun singgah ke riam. Dari arah Singkawang tepatnya setelah memasuki daerah Sungai Betung, di sebelah kiri ada sebuah Pura bernama Pura Penyanggar. Masuk ke jalan di samping Pura, lurus saja sampai ketemu parkiran riam. Setelah itu, parkirkan kendaraan teman-teman dengan rapi. Lalu jalan sedikit menuju air terjun. Sampe deh..

cara pergi ke riam budi

Parkir motor di Riam Budi

Tempat parkir mobil

Baca Juga : Riam Madi Bengkayang

Fasilitas yang Ada

Fasilitas yang ada di kawasan riam ada tempat parkir, toilet, kantin, gazebo atau tempat santai. Tapi sangat disayangkan, tidak ada tempat sampah. Adanya tumpukan sampah plastik pembungkus makanan maupun minuman bersama dedaunan kering. Sebagian lagi berserakan dimana-mana, sungguh tidak enak dipandang mata.

Toilet umum

wisata bengkayang

Gazebo

Kantin

Biaya Masuk Wisata Bengkayang Riam Budi

Biaya masuk ke Riam Budi untuk motor Rp 5000, untuk mobil Rp 10.000 sudah termasuk biaya parkir kendaraan.

Lokasi Riam Budi

Maps Riam Budi Bengkayang :

Akhir Cerita

sejuknya air terjun riam budi bengkayang

Sejuknya air terjun atau Riam Budi sungguh menenangkan, cocok sebagai tempat melepas penat setelah perjalanan jauh. Semoga saja nantinya jalan menuju riam diperbaiki dan fasilitas lainnya ditambah khususnya tempat sampah.

Baca juga : Mengenal Bengkayang

Salam muter-muter

This Post Has One Comment

  1. Pingback: Cerita Pendakian dan Keindahan Bukit Sepancong Bengkayang - Ini Multi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Banner